Tips & Trik

Cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus

Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman jika percakapan kamu di aplikasi chatting WhatsApp hilang pada saat berganti handphone, dan tak tahu bagaiamana cara mengembalikan pesan WhatsApp tersebut?

Kini kamu tak perlu khawatir lagi karena di WhatsApp juga menyediakan beberapa cara untuk mengembalikannya meskipun isi pesan tersebut telah dihapus, lho! Dan caranya pun tidaklah rumit, kamu hanya membutuhkan akses internet saja.

Penasaran bagaimana caranya? ini dia cara mudah memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus langsung pada aplikasi WhatsApp itu sendiri, antara lain:

Cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus

Cara mengembalikan pesan WhatsApp dengan Backup

Cara yang pertama ini yakni dengan menggunakan backup ya guys. Nah, secara default, WhatsApp akan menyimpan backup pada memori internal HP kamu namun untuk keamanan, WhatsApp juga terintegrasi dengan layanan cloud backup.

Harus kamu ketahui jika pada Android, WhatsApp hanya akan mendukung Google Drive dan di iPhone, WhatsApp hanya mendukung iCloud untuk backup, ya.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung aja yuk ke cara memulihkan pesan WhatsApp yang hilang menggunakan layanan Backup.

  • Pada saat kamu membuka layar utama WhatsApp, kamu harus tap ikon menu titik tiga di kanan atas dan pilih Settings.

  • Jika kamu telah mengklik Settings, kemudian kamu pilih Chats pada layar selanjutnya, tap pilih Chat backup.

  • Cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus selanjutnya yakni dengan masuk pada akun Google kamu pada kolom Google Account
    dan di kolom Back up to Google Drive, lalu tentukan periode backup sesuai keinginan kamu.

  • Jika sudah memilih periode backup, selanjutnya kamu dapat memilih untuk backup file video dan untuk melakukannya hanya pada saat kamu tengah terhubung ke jaringan Wi-fi.

  • Cara memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus selanjutnya yakni dengan tap pada tombol Back Up yang berwarna hijau untuk memulai proses backup.

  • Jika sudah, langkah selanjutnya yakni kamu harus menghapus aplikasi WhatsApp kamu terlebih dahulu dan install kembali dan setelah pengaturan awal, kamu akan diminta untuk mengembalikan chat kamu. Tap Restore.

 

  • Jika kamu telah memasuki layar utama WhatsApp, maka semua chat kamu akan kembali lagi, guys!

Cara mengembalikan pesan WhatsApp sebelum di Backup

Berbeda dengan layanan backup yang dibahas sebelumnya, fitur ini hanya dapat kamu gunakan untuk satu percakapan saja dan percakapan yang kamu simpan akan muncul dalam sebuah .txt.

Buat kamu yang ingin menyimpan beberapa percakapan yang menurut kamu spesial, maka kamu dapat melakukan cara mengembalikan pesan WhatsApp tanpa backup dengan menggunakan layanan Export Chat:

  • Sama seperti cara sebelumnya, di layar utama WhatsApp, tap ikon titik tiga yang terdapat di kanan atas dan tap pilihan Settings.

  • Di layar Settings, tap pilihan Chat dan di layar selanjutnya, tap pilihan Chat history.

  • Tap pilihan Export chat dan kamu akan dimintai untuk memilih percakapan mana yang akan kamu simpan.

  • Pengguna akan diminta agar memilih apakah akan menyimpan chat dengan media atau tidak dan untuk memilih layanan penyimpanan. Salah satunya kamu bisa memilih Save to Drive.

  • Dan cara memulihkan pesan WhatsApp yang terakhir yakni dengan mengecek pada folder Google Drive kamu dan kamu akan menemukan chat yang sudah kamu simpan dalam bentuk txt.

Itulah beberapa cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus tanpa harus menggunakan aplikasi apapun.

Semoga bermanfaat!