Tips & Trik

Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan Mudah di HP dan PC

Cara mengecilkan ukuran PDF di HP dan laptop bisa kita lakukan dengan menggunakan atau tanpa bantuan aplikasi tambahan lainnya.

Namun dengan atau tanpa aplikasi, tentu caranya sama-sama mudah dan kamu bisa memilih salah satunya.

Memperkecil atau mengompres file PDF kerap dilakukan agar file tersebut bisa diunggah dengan mudah dan cepat.

Karena banyak server yang membatasi ukuran file PDF yang akan diunggah ke sistemnya, sehingga ukuran file PDF yang terlalu besar atau melebihi batas tidak akan bisa diunggah.

Kehadiran aplikasi atau situs kompres PDF pun mempermudah untuk mengecilkan ukuran file PDF. Cara kompres file PDF bisa dilakukan lewat HP atau PC.

Meski mudah, beberapa orang nyatanya belum mengetahui cara memperkecil ukuran file PDF. Jika kamu salah satunya, maka wajib banget membaca pembahasan HALLO GSM kali ini sampai tuntas.

Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan dan Tanpa Aplikasi

Berikut ini beberapa metode memperkecil ukuran file PDF yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, bisa dengan atau tanpa aplikasi dan bisa lewat PC atau HP.

Dengan menggunakan PDF Compresor

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk memperkecil ukuran file PDF di HP adalah menggunakan bantuan aplikasi kompres PDF, yaitu PDF Compresor.

Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu pengguna harus mendownload PDF Compresor melalui toko aplikasi Google Play Store.

Tenang saja, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan ukurannya juga sangat ringan, yaitu hanya sekitar 3,9 MB saja. Sehingga takkan membebani ruang penyimpanan di HP-mu.

Cara penggunannya sangat mudah, kamu hanya perlu import file yang diinginkan untuk diperkecil ukurannya lalu unggah ke dalam aplikasi ini.

Setelah itu, tunggu proses memperkecil ukuran PDF sampai selesai. Untuk mendapatkan ukuran PDF sesuai yang diinginkan, lakukan proses kompres secara berulang.

Setelah selesai, langsung unduh hasilnya agar bisa segera digunakan atau dikirim sesuai kebutuhan. Selain mudah, memperkecil ukuran file PDF dengan menggunakan PDF Compresor hasilnya tetap berkualitas sama.

Dengan menggunakan iLove PDF

Cara mengecilkan ukuran file PDF di HP berikutnya adalah memanfaatkan aplikasi bernama iLove PDF. Tentus saja, pertama kali kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat serba guna, bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF, convert PDF ke JPG, menggabungkan dan memisahkan PDF, dll.

Setelah selesai mendownload, langsung buka dan jalankan aplikasinya. Pilih file PDF yang akan diperkecil ukurannya.

Tersedia tiga pilihan kompresi yang dapat kamu pilih, yaitu Kompresi Ekstream, Kompresi yang Disarankan, dan Kompresi Rendah.

Klik Kompres untuk memulai proses pengecilan. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Semua prosesnya dilakukan secara online sehingga kamu memerlukan jaringan internet untuk menjalankan aplikasi ini.

BACA JUGA: Cara Pasang Iklan di TikTok Untuk Kembangkan Bisnis

Dengan situs Smallpdf.com – Cara Mengecilkan Ukuran PDF di laptop

Selain di Android, kamu bisa memperkecil ukuran PDF di laptop atau PC secara online tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya, tapi dengan memanfaatkan situs web Smallpdf.com.

Situs web ini sudah populer digunakan untuk memperkecil ukuran file PDF dengan proses yang cepat dan mudah.

Kunjungi situs Smallpdf.com, lalu pilih menu Compress PDF. Setelah itu, geser file PDF yang akan dikompres ke dalam kotak atau bisa klik Choose file untuk memilih.

Tunggulah beberapa saat sampai proses kompresi file PDF selesai. Klik Download untuk download hasilnya atau kamu bisa menyimpannya di akun Dropbox atau Google Drive.

Dengan situs SodaPDF.com

Cara mengecilkan ukuran file PDF online di laptop yang terakhir adalah dengan menggunakan situs web SodaPDF.com. Cara penggunaannya sama-sama mudah, tak jauh berbeda dari situs sebelumnya.

Hasil kompresinya cukup memuaskan sehingga dapat diandalkan oleh setiap penggunanya. Hal pertama yang harus dilakukan tentunya mengujungi situs SodaPDF.com melalui aplikasi browser di PC kamu.

Setelah itu, pilih file PDF yang akan dikecilkan dan proses pengecilan pun akan segera berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga selesai, klik Unduh untuk mendownload hasil PDF yang ukurannya sudah diperkecil.

BACA JUGA: Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Aplikasi

Itu dia teman-teman, cara mengecilkan ukuran PDF secara online lewat HP dengan aplikasi dan lewat PC tanpa aplikasi.