Tips & Trik

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Terbaru ke TV Parabola

Penasaran dengan bagaimana cara menambah satelit Telkom 4? Tenang saja, ternyata cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Kamu hanya harus melakukan beberapa langkah singkat yang pastinya sangat praktis untuk dipraktikkan sendiri.

Sehingga kamu pun tidak perlu lagi memanggil teknisi atau tukang servis parabola untuk melakukan hal tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, banyak stasiun TV yang saat ini yang tidak muncul. Hal tersebut karena satelit Palapa D sudah tak beroperasi.

Padahal di satelit tersebut banyak status TV lokal yang biasa kita tonton. Nah, hal tersebut pun membuat stasiun TV pindah ke satelit yang lain, yakni satelit Telkom 4.

Oleh sebab itulah kamu harus menambahkan satelit Telkom 4 ke TV parabola yang ada di rumahmu. Untuk lebih jelasnya, simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Menambah Satelit Telkom 4 ke TV Parabola dengan Mudah

Ikuti satu persatu langkah yang telah kami siapkan berikut ini untuk menambahkan satelit Telkom 4.

Tentukan posisi parabolanya

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna yakni mengganti posisi parabola tepat satelit Telkom 4.

Satelit ini mempunyai banyak channel yang bisa diperoleh pengguna. Tentukan posisi dengan ukuran 113 derajat untuk memberikan tambahan pada frekuensi transponder-nya.

Dalam penambahan ini, kami bisa memilih Menu > Instalasi > Daftar List.

Setelah memilih menu Daftar List, kamu pun akan memperoleh daftar channel-nya. Jika kamu pengguna satelit Telkom 1, ubah angkanya menjadi 4.

Cara mengubahnya, klik tombol merah di remote, lalu ganti nama satelit dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Mengatur satelit

Cara menambah satelit Telkom 4 ke TV parabola yang berikutnya adalah mengatur satelitnya.

Tambahkan transponder frekuensinya dengan menekan Go To dan masuk pada pilihan Transponder. Setelah itu, kamu pun bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan receiver terkait.

Setelah selesai mengatur satelit, cara menambah satelit Telkom 4 berikutnya adalah menambah frekuensi untuk transpondernya.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola Terbaru

Caranya, klik tombol merah pada remot lalu atur jumlah frekuensi sesuai dengan yang dibutuhkan. Dilanjut dengan memasukkan nominal frekuensi dan kriteria lain di dalam kolom yang ada.

Kamu akan diminta untuk memasukkan polaritas H atau V, 6000 untuk simbol rate serta untuk frekuensinya kamu harus memasukkan 3890. Jangan lupa menyimpan perubahan ini.

Ubahlah posisi parabolanya

Ketika sinyal masih nol walaupun transponder sudah diatur dengan baik, maka kamu harus mengubah posisi parabola.

Jika awalnya arah satelit masih Palapa D, maka ubahlah menuju Telkom 4. Jika menggunakan alat positioner, tekan remote ke arah barat.

Setelah melakukan cara tadi dan sinyalnya sudah menaik, dilanjut ke proses scanning. Klik tombol biru lalu proses scanning atau pemindaian akan dimulai.

Atur pilihan scanning yang diperlukan dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai, channel-channel yang muncul sudah bisa kalian tonton.

BACA JUGA: Cara Setting Satelit Telkom 4 Terbaru

Itulah cara menambah satelit Telkom 4 dengan mudah dan cepat yang telah selesai kita bahas kali ini. Semoga bermanfaat.