Tips & Trik

Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp dengan Nomor yang Sama

Meski bisa dilakukan dengan sangat mudah, tak sedikit pengguna smartphone di Indonesia yang masih belum mengetahui cara membuat akun bisnis WhatsApp baik itu dengan nomor baru atau nomor yang sama.

Tampilan dari aplikasinya sendiri tak jauh berbeda dengan WhatsApp Messenger. Hanya saja ada beberapa fitur khusus yang akan memudahkan para pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan para pelanggannya.

Aplikasi WhatsApp Business sendiri sebetulnya sudah ada sejak tahun 2017, namun baru populer belakangan ini. Bagi yang kamu belum tau, berikut adalah cara membuat akun WA bisnis dengan nomor baru atau nomor yang berbeda.

Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp

Daftar Akun WA Bisnis dengan Nomor Baru

1. Langkah pertama, kamu harus menginstal aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu. Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis dari Google Play Store maupun Apple App Store.

2. Tunggu hingga aplikasi berhasil terpasang. Jika sudah, kamu bisa langsung masuk dan membuka aplikasinya.

3. Pada halaman depan aplikasi WhatsApp Business langsung saja kamu klik tombol Setuju dan Lanjutkan.

Cara daftar akun WA bisnis. (SS)

4. Setelah itu masukkan nomor hp baru yang akan kamu daftarkan kemudian klik Lanjut. Berikutnya pihak WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS ke nomor nomor hp tersebut.

Cara daftar akun WA bisnis dengan nomor baru. (SS)

5. Silahkan kamu ketik kode verifikasi tersebut ke dalam kolom yang tersedia dengan benar.

6. Terakhir kamu akan diarahkan ke halaman Buat Profil Bisnis, masukkan nama bisnis sesuai keinginan serta jangan lupa pilih kategori bisnis.

Buat profil bisnis WhatsApp Business. (SS)

7. Selesai, kini akun WA bisnis sudah berhasil dibuat.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun WhatsApp dengan Nomor Luar Negeri

Cara Buat Akun Bisnis WhatsApp dengan Nomor Lama

Sebelumnya, ada hal penting yang harus diperhatikan apabila kamu ingin membuat akun WhatsApp Bisnis dengan nomor sama atau yang sudah terdaftar di aplikasi WhatsApp biasa.

Hal penting yang dimaksud adalah kamu harus mencadangkan riwayat chat, karena jika tidak semua riwayat chat kamu akan hilang.

Untuk mencadangkannya, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar, lalu pilih Setelan. Selanjutnya pilih Chat > Cadangkan Chat > Cadangkan Sekarang.

Setelah pencadangan selesai, barulah kamu bisa mendaftarkan nomor WA lamu kamu di WhatsApp Business.

1. Instal aplikasi WhatsApp Business dan langsung saja buka aplikasinya sudah terpasang > Klik tombol Setuju dan Lanjutkan.

2. Nantinya akan muncul dua opsi pendaftaran, yaitu dengan nomor lama atau nomor lain. Nah, untuk mendaftar WA bisnis dengan nomor lama klik tombol berwarna hijau, seperti pada gambar berikut.

Cara Mengubah WA biasa ke WA bisnis. (SS)

3. Selanjutnya, aplikasi WhatsApp Business akan mentransfer semua chat dari aplikasi WhatsApp Messenger yang kamu gunakan sebelumnya. Silahkan tunggu hingga proses transfer chat selesai.

Cara Mengubah akun WA menjadi akun bisnis. (SS)

4. Jika sudah, kamu akan dibawa ke halaman pembuatan profil bisnis, tinggal masukkan nama bisnis dan pilih kategori bisnis.

BACA JUGA: Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis yang Benar dan Efektif

Itulah tutorial cara membuat akun WhatApp bisnis menggunakan nomor yang sama juga nomor baru. Semoga bermanfaat.