Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis yang Benar dan Efektif

Meski memiliki tampilan yang sangat identik dengan WhatsApp biasa, cara menggunakan WhatsApp Bisnis punya sedikit perbedaan. Dengan WhatsApp Bisnis kamu bisa mencoba fitur Quick Replies yang berfungsi untuk membalas pesan WA yang masuk secara otomatis.

Aplikasi WhatsApp Bisnis sendiri memang dirancang secara khusus untuk kepentingan bisnis.

Salah satu keunggulan yang menjadi daya tarik aplikasi WA bisnis adalah pengguna bisa menampilkan informasi seputar profil bisnis yang sedang dijalankan, alamat toko, jam tutup, hingga situs web.

Bagi kamu yang masih pemula dan belum tau bagaimana cara menggunakan WhatsApp Bisnis yang benar dan juga efektif, berikut Hallo GSM akan memberikan kamu tipsnya.

BACA JUGA: Aplikasi Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor

Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

Instal dari Toko Aplikasi Resmi

WhatsApp Business
WhatsApp Business. (SS)

Aplikasi WhatsApp Business ini bisa didapatkan secara gratis dari Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau Apple App Store bagi pengguna yang memiliki smartphone dengan sistem operasi iOS.

Agar tidak salah mendownload, kamu bisa membedakan WA bisnis dan WA biasa dari logonya. Ya, jika WA biasa memiliki logo telepon, di WA bisnis logo telepon tersebut diganti menjadi huruf ‘B’ besar.

Cara Buat Akun WhatsApp WA Bisnis

Setelah aplikasinya berhasil, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat akun. Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih untuk membuat akun WA bisnis, yaitu menggunakan nomor hp yang sudah terdaftar di WhatsApp reguler atau mendaftar dengan nomor baru.

Apabila kamu memilih opsi menggunakan nomor hp yang terdaftar di WA reguler, maka kamu akan otomatis log out dari WhatsApp reguler dan akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi.

Jika kamu ingin menggunakannya hanya untuk keperluan bisnis, maka sangat disarankan untuk menggunakan nomor lain.

Caranya klik pada tombol Gunakan Nomor Lain, ketik nomor hp baru yang ingin didaftarkan dan masukan kode verifikasi.

Daftar akun WA Business
Daftar akun WA Business. (SS)

Buat Profil Bisnis

Selesai melakukan verifikasi, kamu akan dialihkan ke halaman Profil yang mana pada tahap ini kamu diminta untuk memasukan nama bisnis dan kategori bisnis.

Klik pada menu Profil Bisnis, kemudian lengkapi semua formulir yang tertera di layar seperti deskripsi, alamat bisnis, jam kerja, email, hingga situs web.

Buat profil WhatsApp Business
Buat profil WhatsApp Business. (SS)

Upload Produk Ingin Ditawarkan

Untuk memudahkan konsumen mengetahui bisnis kamu, maka memasukan katalog produk atau layanan yang kamu tawarkan. Caranya, klik icon titik tiga di pojok kanan atas > Fitur Bisnis > Katalog.

Selanjutnya, upload foto produk yang hendak kamu jual. Usahakan foto yang akan diambil adalah foto yang kamu ambil sendiri, hal ini bertujuan agar calon pembeli tidak meragukan kualitas dan keaslian produk yang kamu tawarkan.

Cara Menggunakan Fitur Balas Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi bahwa WA Business memiliki ‘Pesan di Luar Jam Kerja’ yang memungkinkan kamu untuk mengatur pesan balasan otomatis ketika sedang tidak menggunakan WA bisnis.

Untuk menggunakan fitur ini tinggal klik pada menu Pesan di Luar Jam Kerja lalu klik tombol geser yang berada di samping menu Kirim Pesan di Luar Jam Kerja.

WhatsApp telah menyediakan balasan pesan otomatis, namun jika kamu ingin membuat pesan balasan sendiri silahkan klik icon pensil yang berada di samping kanan menu Pesan di Luar Jam Kerja. Kemudian buat pesan balasan sesuai keinginan dan klik Oke jika sudah selesai.

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Salam untuk menyambut pelanggan baru dan yang terakhir ada fitur Balas Cepat yang memungkin kamu membalas pesan secara otomatis baik itu melalui pesan teks, foto, video ataupun GIF.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Social Spy WhatsApp

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan WhatsApp Bisnis yang baik dan juge efektif. Semoga informasinya dapat membantu dan membuat omset penjualan kamu jadi semakin meningkat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber