Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai Tahan Lama

Cara charge hp yang benar rasanya sangat penting untuk diketahui terutama oleh para pemilik hp dengan kapasitas baterai yang sangat besar.

Ya, hingga sejauh ini memang sudah banyak beredar hp Android yang menawarkan kapasitas baterai beragam mulai dari 4.000 mAh, 5.000 mAh, 6.000 mAh bahkan sudah ada pula yang 7.000 mAh, yakni hp Samsung M51.

Melakukan proses pengisian daya yang baik dan benar, selain bisa membuat baterai tidak cepat habis juga dapat memperpanjang usia baterai itu sendiri.

Nah, bagi Anda yang kebetulan baru membeli hp baru atau mungkin memiliki hp dengan kapasitas baterai besar, berikut adalah beberapa cara ngecas hp yang benar dan aman.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Mi

Cara Charge HP yang Benar

Gunakan Charger Original

Hal paling sederhana yang sering disepelekan oleh pengguna hp Android di Indonesia adalah keseringan ngecas hp menggunakan charger KW.

Padahal melakukan pengisian daya menggunakan charger abal-abal bisa membuat baterai jadi cepat ngedrop. Pasalnya setiap hp Android memiliki batas maksimum pengisian daya yang sudah disesuaikan dengan charger bawaaanya.

Maka dari itu, jika pada saat ini charger bawaan hp Anda rusak, sebisa mungkin Anda harus bisa mendapatkannya kembali.

Hindari Ngecas dengan Power Bank

Keberadaan power bank memang cukup membantu di saat kita kehabisan baterai di kondisi darurat. Tapi rupanya, melakukan pengisan baterai dari power bank ternyata tidaklah bagus.

Kenapa? Karena arus listrik yang dialirkan oleh power bank sering kali tidak stabil atau bahkan tidak sesuai dengan hp Anda.

Jadi alangkah baiknya jika Anda mengisi daya menggunakan charger biasa.

Segera Charge Sebelum Baterai Habis

Selanjutnya, Anda juga harus mengusahakan melakukan mencharging hp sebelum baterainya benar-benar habis.

Jadi mulai sekarang Anda harus membiasakan diri mengecas hp kesayangan saat kondisi baterainya minimal berada di 20% atau 30%.

Jangan Main Gim Sambil Ngecas

Memang menunggu proses pengisian baterai hingga terisi penuh itu sangatlah membosankan, akan tetapi menggunakan hp sambil di cas juga nggak baik loh.

Apalagi jika Anda sudah terlalu sering bermian game online sambil charger hp, hal itu akan memperpendek usia baterai dan jadi cepat bocor.

Sesekali Matikan HP Saat di Charge

Cara ngecas hp yang benar dan bahkan sering dianjurkan oleh para tech reviewer Indonesia adalah mematikan perangkat saat di charge.

Meskipun mengecas di kondisi hp menyala itu tidak salah, dengan melakukan charge sambil mematikan hp bisa membuat proses pengisian jadi lebih cepat.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A51

Itulah beberapa cara untuk mengisi daya hp yang benar dan aman. Semoga bermanfaat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber