Tips & Trik

Cara Cek RAM HP, Praktis dan Dijamin Akurat

Cara cek RAM HP menjadi salah satu hal yang perlu diketahui pengguna ponsel. Dengan mengetahuinya, akan sangat membantu ketika ingin memastikan kesesuaian jumlah RAM pada HP dengan informasi yang tertera pada box penjualan.

Mengecek RAM juga bisa dilakukan untuk mengetahui berapa sisa kapasitas memori penyimpanan yang masih tersedia.

RAM yang merupakan kepanjangan dari Random Access Memory merupakan hardware yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara.

RAM menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi pada perangkat seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone. Perlu diketahui, kapasitas RAM sangat berpengaruh pada kinerja perangkat.

Semakin besar kapasitasnya, maka performa yang dimiliki suatu perangkat juga semakin cepat dan mulus. Fungsi RAM sangat berperan pada aktivitas perangkat seperti gaming hingga multitasking.

Sebaliknya, jika RAM suatu perangkat sudah sesak dalam artian penuh, maka kinerjanya akan semakin menurun, bahkan akan timbul permasalahan seperti lag, lemot, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui cara mengecek RAM HP agar penyimpanan lebih terkontrol.

Setiap perangkat dibekali dengan opsi RAM yang berbeda-beda. Oppo juga termasuk produsen smartphone yang seringkali menawarkan berbagai opsi penyimpanan RAM pada HP terbarunya.

Hal tersebut untuk menjangkau pasar yang sesuai dengan calon pembeli. Dengan begitu, calon pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget

yang dimiliki.

Semakin besar kapasitas RAM, biasanya smartphone Oppo akan dipatok dengan harga yang lebih tinggi, begitupun sebaliknya.

Untuk kamu pengguna HP Oppo yang ingin mengecek kapasitas RAM, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial cara cek RAM HP yang bisa dilakukan dengan mudah dan akurat.

Cara Cek RAM HP

Mengecek RAM HP bisa dilakukan dengan berbagai metode. Kamu bisa mengeceknya melalui pengaturan, cek di internet, atau menggunakan aplikasi khusus.

Kali ini, Hallo GSM akan memberikan panduan langkah mengecek RAM HP yang praktis anti ribet tanpa perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings pada HP Oppo kamu.
  • Scroll atau gulir layar hingga opsi paling bawah.
  • Pilih Tentang perangkat.
  • Nah, pada halaman berikutnya, informasi mengenai perangkat Oppo kamu termasuk RAM akan muncul.
  • Di sana juga kamu bisa melihat kapasitas penyimpanan lengkap dengan ruang yang terpakai dan juga ruang kosong yang tersedia.
  • Pada halaman yang sama, informasi mengenai processor, versi Android, status, dan lain-lain juga bisa dicek.

Jumlah RAM pada halaman ‘Tentang perangkat’ kebanyakan dilengkapi dengan ikon plus (+) yang kemudian diikuti dengan besaran RAM.

Hal tersebut menandakan bahwa smartphone dilengkapi dengan fitur RAM Expansion yang memungkinkan penggunanya untuk menambah kapasitas RAM.

Pada HP Oppo yang digunakan kali ini, perusahaan menawarkan RAM virtual 1 GB, 2 GB, dan 4 GB.

Perlu diketahui, bahwa fitur RAM Expansion memanfaatkan ruang kosong yang ada di penyimpanan internal. Oleh karena itu, ketika ingin menambah RAM, pastikan lebih dulu penyimpanan internal dalam kondisi luas.

BACA JUGA: Cara Menambah RAM HP Oppo agar Kinerja Semakin Ngebut

Dengan adanya informasi bawaan di setiap HP Oppo, maka kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk melakukan cara cek RAM HP.