Tips & Trik

3 Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Cara agar tidak terlihat online di WhatsApp sejauh ini memang masih jarang diketahui, terutama oleh para pengguna awam yang baru mengenal WhatsApp atau mereka yang kurang melek teknologi.

Perlu diketahui, jika kamu ingin tidak terlihat online di WhatsApp maka kamu wajib menjajal fitur Last Seen atau Terakhir Dilihat yang bisa dijumpai di menu Pengaturan.

Fitur tersebut bisa kamu otak-atik untuk menyembunyikan status online. Singkatnya, jika kamu sedang membuka WhatsApp maka fitur ini akan memunculkan informasi ‘online’ ke kontak lain.

Sebaliknya, pada saat kamu tidak membuka WA maka secara otomatis fitur Last Seen akan menunjukan informasi kapan terakhir kali kamu membuka WhatsApp.

Jika kamu tertarik, berikut adalah beberapa cara menyembunyikan status online WA. Silahkan disimak baik-baik.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Social Spy WhatsApp

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Nonaktifkan Fitur Last Seen

Ya, menonaktifkan fitur Last Seen membuat pengguna lain tidak dapat mengetahui kapan terakhir kali kamu membuka WhatsApp, sebab keterangan waktu di bawah nama kontak akan dihilangkan.

1. Update atau perbarui aplikasi WhatsApp yang ada di hp kamu terlebih dahulu.

2. Masuk ke aplikasi WhatsApp kemudian klik icon titik tiga dan pilih menu Setelan.

3. Selanjutnya pilih Akun > Privasi > Terakhir dilihat > Tidak Ada.

Cara menghilangkan status online WA. (SS)

Untuk mengelabui orang lain agar kamu benar-benar tidak terlihat online, maka kamu juga bisa menonaktifkan fitur Laporan Dibaca.

Cara menonaktifkan terakhir dilihat WhatsApp. (SS)

Dengan begitu, ketika kamu menerima chat dari orang lain akan muncul dua centang tapi tidak terlihat biru. Sehingga orang lain akan mengira bahwa chat yang dikirimnya belum kamu baca.

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp dengan Aplikasi

Cara agar tidak terlihat online di WhatsApp yang berikutnya ialah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama WhatsRemoved+.

Aplikasi untuk menyembunyikan status online WhatsApp. (SS/Google)

Aplikasi ini akan membantu kamu untuk benar-benar jadi tidak terlihat online. Tak cuma itu, aplikasi ini juga akan berguna untuk mengetahui pesan WA yang telah dihapus oleh si pengirimnya.

Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu menginstal aplikasi WhatsRemoved+. Nah, apabila ada chat masuk jangan kamu baca lewat aplikasi WhatsApp ori, melainkan kamu harus membacanya lewat aplikasi ini.

Jadi meskipun kamu sudah membaca pesan yang diterima, si pengirim tidak akan mengetahui bahwa pesan yang dikirimnya sudah kamu baca. Pasalnya kamu tidak akan terlihat online dan tidak akan muncul centang 2 berwarna biru.

Aktifkan Mode Pesawat

Cara membaca WA tanpa terlihat online. (SS)

Apabila kamu ogah ribet menginstal aplikasi, cara menyembunyikan status online di WA yang selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat.

Caranya kerjanya, jika ada pesan yang masuk dari pacar, teman ataupun orang lain yang masuk aktifkan dulu mode pesawat di hp kamu. Setelah mode pesawat aktif, kamu bisa membaca pesan yang masuk dan langsung membalasnya tanpa terlihat online.

Setelah selesai mengetik balasan pesan, klik tombol Kirim. Close atau tutup aplikasi WhatsApp dan nonaktifkan mode pesawat. Pesan balasan akan otomatis terkirim saat hp yang kamu gunakan sudah kembali terhubung dengan jaringan internet.

BACA JUGA: Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

Itulah tiga cara menghilangkan status online di WhatsApp yang paling mudah untuk dicoba.