Aplikasi

8 Aplikasi Scan PDF Gratis untuk HP Android dan iPhone

Aplikasi scan PDF wajib ada di HP kamu, terutama jika kamu selalu membutuhkan dokumen dalam bentuk PDF (Portable Document Format).

Seperti diketahui, untuk membuat file PDF dari dokumen yang sudah dicetak, perlu dilakukan proses scan atau pemindaian.

Saat ini, tidak perlu lagi mesin scanner untuk melakukan itu semua. Kini sudah banyak aplikasi scanner yang bisa digunakan untuk memindai dokumen dan menjadikannya PDF hanya melalui smartphone.

Dokumen dengan file PDF membuatnya mudah untuk di share atau dibagikan. Selain itu, file PDF juga menjadi format yang banyak digunakan dan bisa dibuka di perangkat manapun.

Scan dokumen ke PDF bisa dilakukan dengan mudah. Dengan aplikasi pemindai PDF, kamu hanya perlu mengarahkan kamera HP pada dokumen yang akan dipindai. Nantinya, akan muncul hasil pindaian dalam format PDF.

Daftar Aplikasi Scan PDF

Dari banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store, berikut ini beberapa diantaranya.

PDF Scanner – Pemindai Dokumen

PDF Scanner. (IST)

Pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi PDF Scanner. Aplikasi ini populer, terlihat dengan jumlah download yang mencapai lebih dari 10 juta kali di Play Store. Aplikasi PDF Scanner juga mendapat rating 4,9 dari para penggunanya.

Tak heran, karena melalui aplikasi ini pengguna bisa memindai atau scan dokumen apa saja dan otomatis dikonversi ke dalam PDF.

Kamu bisa memindai kartu ID, buku, foto, sertifikat, dan lainnya dengan hasil berkualitas HD dan mengkonversi ke format PDF maupun JPEG.

Menariknya lagi, aplikasi ini otomatis menghilangkan latar belakang dokumen yang berantakan. Sehingga, hasil scan PDF menjadi lebih rapi.

Pemindai ke PDF – Aplikasi Scan PDF

Pemindai ke PDF. (IST)

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama Pemindai ke PDF. Aplikasi yang dikembangkan oleh Tap AI ini telah didownload lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Aplikasi Pemindai ke PDF – TapScanner memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen apapun dan konversi ke PDF melalui HP dengan cepat dan gratis.

Kamu tidak perlu berlama-lama memotong gambar dokumen yang discan, karena hasil scan bisa dipotong secara otomatis, sehingga scan menjadi hemat waktu.

Bagi kamu yang perlu membubuhkan tanda tangan pada dokumen yang telah discan, aplikasi ini bisa diandalkan. Kamu bisa menambahkan tanda tangan secara langsung pada aplikasi.

Melalui aplikasi ini, kompres ukuran PDF serta kunci PDF juga bisa dilakukan.

CamScanner – QR, PDF, Barcode

CamScanner. (IST)

Aplikasi CamScanner juga bisa diandalkan untuk scan suatu dokumen atau apapun itu ke dalam bentuk PDF.

Dokumen yang telah di scan bisa ditandatangani langsung melalui aplikasi. Menariknya, CamScanner memungkinkan pengguna untuk mengkonversi file PDF yang telah di scan ke Word.

Dengan begitu, ketika ada tulisan yang keliru pada dokumen tersebut, bisa segera diatasi dengan mengubahnya sesuai kebutuhan.

Hasil scan PDF bisa dikunci dengan fitur yang ada pada aplikasi ini. Sehingga, keaslian data yang ada pada dokumen PDF terjaga keamanannya.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store ini bukan hanya untuk pengguna Android, namun juga kompatibel pada perangkat iPhone.

Pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi CamScanner di App Store.

Adobe Scan: Scanner PDF, OCR

Adobe Scan. (IST)

Adobe Scan juga bisa digunakan di perangkat Android maupun iPhone. Aplikasi ini mampu memindai dokumen apapun dengan cepat, karena terdapat fitur deteksi batas otomatis, pertajam konten, dan mengenali teks.

Tidak perlu khawatir dokumen fisik yang discan terdapat noda atau tulisan tangan yang tidak diinginkan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghapus dan mengedit hasil scan dengan menghapus noda, tanda, atau lipatan.

Kamu bisa memindai banyak dokumen kemudian menyimpannya dengan sekali ketuk.

PDF Scanner – iScanner

PDF Scanner iScanner. (IST)

Selanjutnya, ada aplikasi PDF Scanner yang dikembangkan oleh BP Mobile LLC. Ini merupakan aplikasi scanner serbaguna.

Aplikasi ini mampu mengubah perangkat kamu menjadi beberapa alat portable yang dirancang khusus untuk scan PDF. Tentunya membuat pengguna semakin produktif.

Dengan PDF Scanner, kamu bisa memindai dan konversi langsung ke PDF, edit dokumen, mengenali teks, dan membuat tanda tangan elektronik.

Bukan hanya sebatas itu, menariknya, aplikasi ini mampu membantu penggunanya untuk menjalankan bisnis, belajar, atau mengerjakan PR dengan mudah.

Aplikasi ini mampu membantu pengguna dalam menghitung jumlah suatu benda atau objek, hingga menjawab soal matematika hanya dengan kamera pada aplikasi PDF Scanner.

Pemindai PDF Plus – Scanner

Pemindai PDF Plus. (IST)

Selain lima aplikasi tadi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama Pemindai PDF Plus. Aplikasi yang satu ini mampu mengerjakan berbagai hal seperti scan foto, mengubah dokumen menjadi salinan digital, atau yang lainnya dalam sekali klik.

Kemudian, pengguna bisa mengkonversikan dokumen yang telah discan ke dalam format PDF.

Dokumen atau foto yang buram atau sudah tidak jelas bukanlah masalah. Dengan aplikasi yang memiliki fitur edit ini, kamu bisa mengubah kecerahan foto atau mentransformasikan menjadi gambar hitam putih yang kontras.

Pemindai PDF Plus – Scanner kompatibel dengan perangkat Android versi 6.0 dan yang lebih tinggi.

Smallpdf: PDF Scanner & Editor

Smallpdf. (IST)

Bagi kamu yang sering atau pernah mengkonversi dokumen ke format lain pastinya tidak asing lagi dengan Smallpdf.

Ada aplikasi bernama Smallpdf: PDF Scanner & Editor yang bisa memindai foto atau dokumen menjadi PDF.

Bukan hanya itu, melalui aplikasi ini juga kamu bisa menggabungkan beberapa file menjadi satu PDF dan mengatur ulang halaman hingga sesuai urutan.

Kamu juga bisa kompres ukuran PDF hingga 75% agar lebih kecil dari ukuran awal. Tanda tangan digital juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

Simple Scan – PDF Scanner App

Simple Scan. (IST)

Terakhir, kamu bisa coba aplikasi Simple Scan. Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Easy inc.

Dokumen apapun seperti foto, kwitansi, laporan, dan lainnya bisa dipindai kemudian dikonversi ke format PDF.

Kamu bisa mengatur ukuran halaman hasil yang berformat PDF sesuai kebutuhan. Bisa dengan ukuran Letter, Legal, A4, atau yang lainnya.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Desain Kemasan Produk di HP yang Mudah Digunakan

Nah, itulah beberapa aplikasi scan PDF yang diantaranya bisa digunakan baik oleh pengguna Android maupun iPhone. Semoga pembahasannya bermanfaat.