Aplikasi

7 Aplikasi Pengukur Ruangan Otomatis untuk Permudah Pekerjaan

Aplikasi pengukur ruangan bisa diandalkan ketika perlu mengukur ruangan tanpa menggunakan alat ukur manual. Teknologi yang ada pada aplikasi-aplikasi tersebut memudahkan pengukuran suatu ruangan hingga objek lainnya.

Ketika hendak mengukur sesuatu atau mengukur ruangan, tentunya perlu menggunakan alat ukur agar pengukuran akurat. Contohnya saja, meteran.

Akan tetapi, tak jarang ketika perlu mengukur sesuatu, namun meteran tertinggal atau tidak bisa ditemukan keberadaannya.

Jangan khawatir, karena saat ini sudah ada aplikasi pengukur yang bisa diandalkan ketika mengalami keadaan tersebut.

Dikarenakan dalam bentuk aplikasi, maka alat pengukur menjadi lebih praktis dan tidak memakan tempat.

Sudah banyak aplikasi pengukur di toko aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur. Dengan fitur serta kelebihannya, aplikasi pengukur bisa digunakan untuk mengukur ruangan, denah lantai, pintu, jendela, kitchen set, dan lain sebagainya.

Dari pada penasaran, langsung saja berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu coba untuk mengukur suatu ruangan, atau objek tertentu.

Aplikasi Pengukur Ruangan

AR Measure : 3D Camera Scale

AR Measure 3D Camera Scale. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba adalah AR Measure : 3D Camera Scale. Seperti namanya, ini merupakan aplikasi yang mengubah kamera smartphone pengguna menjadi alat pengukur.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini dilengkapi dengan kekuatan Augmented Reality (AR) yang membuat pengukuran efektif.

Banyak fitur ditawarkan aplikasi ini. Penggunaannya cukup dengan membuka aplikasi, kemudian arahkan kamera pada objek yang akan diukur. Nantinya, aplikasi akan menampilkan ukuran objek dalam beberapa satuan.

Jarak Meter – Aplikasi Pengukur Ruangan

Jarak Meter. (IST)

Berikutnya, ada aplikasi Jarak Meter yang dikembangkan oleh Kemal Duran. Ini merupakan aplikasi alat ukur sederhana yang bisa mengukur beberapa pengukuran panjang dan tinggi.

Aplikasi Jarak Meter memungkinkan pengguna untuk mengukur perkiraan jarak dan ketinggian suatu objek dengan menggunakan kamera HP.

Aplikasi ini juga dirancang untuk bisa mengukur jarak antara pengguna ke suatu objek. Selain mengukur langsung dengan kamera melalui aplikasi ini, kamu juga bisa mengukur suatu objek di foto yang ada di HP kamu.

Measure Tools – AR Ruler

Measure Tools AR Ruler. (IST)

Measure Tools – AR Ruler juga bisa jadi pilihan. Terutama bagi kamu yang ingin mengetahui ukuran suatu objek dengan cepat.

Aplikasi yang satu ini mampu mengukur 2,5 kali lebih cepat. Hanya membutuhkan dua ketukan, aplikasi ini bisa mengukur objek dari titik A ke titik B.

Menariknya, aplikasi Measure Tools – AR Ruler mampu menampilkan ukuran objek yang sedang diukur meskipun ada benda lain yang menghalangi.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur, termasuk fitur ukur otomatis yang mampu mengukur luas suatu permukaan secara langsung.

Kamu juga bisa menyimpan hasil pengukuran suatu objek dengan memfoto tepat di layar pengukuran. Sehingga, tidak perlu repot mencatat hasil pengukuran. Pengukuran juga bisa langsung dibagikan ke kolega atau klien.

Tidak perlu bingung bagaimana pengoperasiannya, karena ada tips & trik berupa video di dalam aplikasi.

Meteran digital Video Measure

Meteran digital Video Measure. (IST)

Mengukur secara horizontal maupun vertikal bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Aplikasi Meteran Digital Video Measure bisa menghitung permukaan area mana pun secara otomatis.

Ukur tinggi dan lebar objek dengan unit pengukuran inci, kaki, yard, atau meter sesuai keinginan. Mengukur menggunakan aplikasi ini bisa berlangsung dengan praktis dan efektif meskipun ada furnitur atau benda lain yang menghalangi.

Ini merupakan aplikasi Android gratis yang kompatibel dengan perangkat Android versi 7 dan yang lebih tinggi.

AR Plan 3D, Alat Pengukuran

AR Plan 3D, Alat Pengukuran. (IST)

Selain empat aplikasi tadi, aplikasi bernama AR Plan 3D, Alat Pengukuran juga bisa diandalkan. Aplikasi ini terbilang populer, bisa dilihat dari jumlah download di Play Store mencapai lebih dari 10 juta kali.

Aplikasi ini juga telah mendapat rating bintang 4,8 dari para penggunanya di Google Play Store.

Seperti beberapa aplikasi sebelumnya, AR Plan 3D dilengkapi teknologi AR yang mampu mengukur objek dengan akurat.

ImageMeter – photo measure

ImageMeter. (IST)

Masih ada lagi, kali ini aplikasi bernama ImageMeter – photo measure. Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk mengukur suatu objek yang ada pada foto.

Dengan begitu, kamu bisa mengukur apapun dengan mudah, kapan saja dan dimana saja dari foto yang ada pada perangkat kamu.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur tempat atau objek yang sulit dijangkau. Karena, kamu bisa memfoto objek terlebih dahulu, kemudian mengukurnya di aplikasi ini.

ImageMeter menyuguhkan fitur melimpah. Banyak fitur yang ditawarkannya dan tersedia juga fitur khusus versi bisnis.

MeasureOn

MeasureOn. (IST)

Rekomendasi terakhir, ada aplikasi MeasureOn. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat pengukuran instan dengan pengintai laser dan perangkat melalui Bluetooth.

Aplikasi yang dirilis pada tahun 2021 ini dirancang untuk membantu pekerjaan pelukis, teknisi listrik, tukang kayu, tukang batu, tukang ledeng, arsitek, serta manajer konstruksi.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Lampu Disco Terbaik untuk HP Android dan iOS

Itu dia beberapa aplikasi pengukur ruangan yang bisa kamu coba untuk mengukur ruangan dengan lebih cepat dan praktis. Sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasinya, pastikan untuk selalu mengecek ulasan dari pengguna lain. Selamat mencoba!