7 Aplikasi Pencari Sinyal Parabola Telkom 4 dan Palapa D

Kehadiran aplikasi pencari sinyal parabola menjadi angin segar bagi para teknisi TV parabola, lantaran aplikasi tersebut dapat dengan mudah melacak lokasi satelit parabola, khususnya satelit Palapa D dan Telkom 4.

Namun tak hanya untuk para teknisi, aplikasi pencari arah satelit parabola ini juga bisa digunakan oleh pengguna biasa asalkan memiliki smartphone dengan sistem operasi Android 4.0 ke atas.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi tracking satelit parabola yang bisa Anda coba.

Daftar Aplikasi Pencari Sinyal Parabola

DVBFinder

Aplikasi DVBFinder
Aplikasi DVBFinder. (SS/Google)

Aplikasi pertama yang bisa Anda andalkan untuk mencari satelit Palapa D dan Telkom 4 adalah DVBFinder. Aplikasi ini hanya berukuran 3.8 MB dan bisa diunduh secara cuma-cuma dari Google Play Store.

DVBFinder memiliki beberapa receiver built-in yang tentunya akan mempermudah kamu untuk mencari sinyal TV parabola.

Selain itu, DVBFinder juga memiliki fitur untuk menghubungkan receiver langsung ke smartphone sehingga Anda tidak perlu repot bolak-balik mengecek layar televisi untuk melihat kekuatan sinyal.

BACA JUGA: Cara Mencari Channel Indosiar dan SCTV di Parabola

Satellite Finder App – Aplikasi Pencari Sinyal Parabola

Aplikasi tracking parabola
Aplikasi tracking parabola. (SS/Google)

Aplikasi yang selanjutnya adalah Satellite Finder App yang juga akan membantu Anda melacak satelit dan menyeting parabola. Selain satelit Telkom dan Palapa D, aplikasi ini juga akan menampilkan semua satelit berdasarkan lokasi.

Kerennya lagi, Satellite Finder App ini akan memberikan Anda sudut azimut sehingga Anda bisa dengan mudah menentukan ketinggian payung antena dan mengatur kemiringan LNB.

Satellite Pointer

Aplikasi Satellite Pointer
Aplikasi Satellite Pointer. (SS/Google)

Satellite Pointer termasuk salah satu aplikasi tracking satelit parabola yang tak kalah bagus dari kedua aplikasi sebelumnya.

Ukuran aplikasinya lumayan besar, yakni 19 MB. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menginstalnya pastikan dulu smartphone yang akan digunakan memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Aplikasi Satellite Pointer ini dilengkapi dengan mode Augmented Reality sehingga Anda hanya cukup mengarahkan smartphone langit dan nantinya akan muncul daftar satelit yang mengorbit mengelilingi bumi.

SatFinder – Aplikasi Pencari Sinyal Parabola

SatFinder
SatFinder. (SS/Google)

Dilengkapi fitur yang sangat lengkap membuat aplikasi SatFinder layak masuk ke dalam daftar aplikasi pencari sinyal parabola terbaik ini.

Cara penggunaannya sangatlah sederhana, Anda hanya perlu mengaktifkan GPS, lalu buka aplikasi ini di dekat parabola dan arahkan ke langit.

Nantinya aplikasi ini akan memberikan Anda sudut azimut satelit yang tepat, elevasi dan LNB tilt berdasarkan GPS sehingga Anda dapat merubah posisi parabola atau mengatur kemiringan LNB untuk mendapatkan sinyal terbaik.

DishPointer

Aplikasi lacak sinyal parabola
Aplikasi lacak sinyal parabola. (SS/Google)

Lanjut ke urutan kelima ada aplikasi bernama DishPointer dengan ukuran 19 MB dan memiliki rating 4.4 di Google Play Store.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan versi berbayar. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir sebab mencari sinyal parabola dengan aplikasi DishPointer versi gratis saja sudah cukup.

Selain itu, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi DishPointer versi gratisan tak kalah lengkap dengan versi berbayar. Namun untuk versi gratisan hanya bisa digunakan pada smartphone yang sudah mendukung Augmented Reality.

Satellite Director

Satellite Director
Satellite Director. (SS/Google)

Aplikasi Satellite Director tak hanya dapat diandalkan untuk mencari sinyal TV parabola melainkan para pengguna TV dengan antena UHF pun bisa mencobanya.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui kekuatan sinyal dari masing-masing channel televisi mulai dari SCTV, Indosiar, Trans 7, GTV, MNC TV dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui kekuatan sinyal, aplikasi Satellite Director akan memberikan Anda rekomendasi sudut azimut serta arah parabola atau antena agar sinyal yang diterima jadi lebih optimal.

DMSatFinder

apk DMSatFinder
apk DMSatFinder. (SS/Google)

Aplikasi untuk mencari sinyal parabola terbaik yang terakhir adalah DMSatFinder buatan Lukasz Modlinski. Meski dikembangkan oleh developer luar negeri, tapi aplikasi ini tetap ampuh untuk mencari satelit parabola Indonesia.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menghidupkan data seluler dan GPS pada smartphone, kemudian arahkan smartphone ke langit di dekat parabola.

Setelah satelit ditemukan, aplikasi ini juga akan menampilkan informasi seputar elevasi, arah parabola, ketinggian hingga kemiringan LNB.

BACA JUGA: Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Itulah beberapa aplikasi pencari sinyal parabola terbaik yang mungkin bisa kamu coba.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber