Tanpa disadari, ternyata ini penyebab handphone menjadi lemot

Handphone memang menjadi alat komunikasi yang digunakan oleh semua orang. Hal ini beralasan karena banyaknya keuntungan yang dirasakan bagi para penggunanya. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, banyak pengguna yang mengeluhkan ponselnya yang lemot. Lantas, apa sih yang menjadi penyebab handphone lemot?

Dengan penggunaannya yang mudah ini, handphone menjadikan semua orang kerap melalukan berbagai hal dengan benda yang satu ini. Mulai dari banyaknya aktivitas yang dikerjakan dengan handphone, dan masih banyak lagi. Sehingga tanpa disadari hal itulah yang menyebabkan handphone lemot atau menjadi lambat.

Tentu kamu pun tak menginginkan hal tersebut terjadi pada handphone kamu, bukan? Oleh sebab itu, yuk ketahui beberapa penyebab handphone menjadi lemot berikut ini yang mungkin tak kamu sadari:

Penyebab handphone menjadi lemot

Memori internal yang penuh

Pemakaian handphone yang semakin lama, kerap menjadikan memori internal handphone menjadi semakin penuh karena banyaknya data yang tersimpan di dalamnya. Nah, jika hal ini terjadi dengan handphone kamu, maka tak heran jika sistem handphone kamu menjadi semakin lemot.

Memori internal handphone akan penuh karena banyaknya aplikasi, foto, video, dan lain sebagainya. Apalagi jika ditambah dengan file cache aplikasi yang ternyata tak terdeteksi, sehingga hal tersebut akan menjadikan handphone kamu semakin lemot.

Namun tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan factory reset agar kondisi handphone kamu menjadi tak lemot lagi. Selain itu, kamu juga perlu membiasakan untuk menyimpan file-gile seperti foto, video, musik, dan lain sebagainya ke memori eksternal seperti microSD, atau media lainnya.

Mempunyai banyak aplikasi yang aktif maupun tidak aktif

Bagi pengguna handphone mungkin rasanya kurang lengkap jika tak mempunyai banyak aplikasi di dalamnya. Alasannya pun mungkin beragam, ada yang memang karena dibutuhkan atau bahkan hanya penasaran saja. Akan tetapi, tanpa kamu sadari hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab handphone lemot, lho!

Jika kamu mempunyai kebiasaan dalam mengumpulkan aplikasi, alangkah baiknya kini kamu harus menghapusnya beberapa aplikasi yang memang jarang kamu gunakan sama sekali.

Aplikasi yang dibiarkan menumpuk itu senantiasa akan berjalan di latar belakang. Padahal handphone kamu mempunyai sumber daya seperti RAM, CPU, dan lainnya yang terbatas.

Kamu pun harus menyisihkan waktu agar bisa mengontrol aplikasi-aplikasi mana saja yang akan memakan banyak memori dan baterai. Lakukan pembersihan untuk menghindari handphone menjadi lemot yang diakibatkan banyaknya aplikasi yang aktif di dalamnya.

Kualitas baterai handphone

Tak hanya memori penuh saja, usia baterai handphone kamu pun dapat memengaruhi kecepatan sistem operasi. Baterai handphone menjadi kerap sekali bocor atau cepat habis setelah pemakaian lebih dari satu tahun.

Oleh karena itu, kondisi baterai yang semakin menurun inilah yang akan memengaruhi juga pada proses operasi program handphone dan komponen memori secara keseluruhan. Oleh karena itu, kamu harus merawat baterai handphone kamu sebelum mengalami kerusakan dan bocor.

Caranya pun sangatlah mudah, yakni dengan tak memainkan atau menggunakan handphone pada saat tengah pengisian daya. Selain itu, jangan membiarkan handphone dalam keadaan baterai kosong lalu mengisi daya.

Pembaharuan OS dan aplikasi

Salah satu penyebab handphone lemot lainnya yaitu karena seringnya melakukan pembaharuan sistem operasi atau OS dan aplikasi. Ya, kedua hal itu memerlukan ruang memori setiap proses pembaharuannya.

Padahal pada handphone mempunyai kapasitas memori yang dibatasi untuk menampung pembaharuan ini. Sehingga hal itulah yang menyebabkan handphone kamu menjadi lemot.

Hal ini kerap terjadi pada handphone yang hanya mempunyai ukuran memori dan RAM yang rendah. Maka untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan pembaharuan OS dan aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja, ya.

Software tertinggal

Pengembang secara rutin menggulirkan pembaruan untuk aplikasi-apkikasi yang mereka kembangkan. Jika kamu masih menggunakan software dengan versi yang lama, maka hal tersebut tentu akan menjadi salah satu penyebab handphone lemot dan macet.

BACA JUGA: Cara internet gratis di Android yang harus kamu coba!

Tak hanya aplikasi saja, tapi juga sistem operasinya. Maka untuk mengatasinya, rutinlah dalam mengecek update aplikasi dan sistem operasi terbaru agar smartphone kamu tak menjadi leemot.

Nah, itu dia yang menjadi penyebab handphone menjadi lemot dan cara mengatasinya. Maka dari itu jangan pernah mengabaikan hal-hal yang disebutkan di atas jika kamu tak ingin handphone kamu menjadi lemot. Semoga bermanfaat!

Recent Articles

Cara mengganti password Facebook di Android

Keamanan Facebook merupakan suatu yang sangat penting. Karena situs media ini merupakan situs yang paling banyak disasar oleh para peretas yang ingin mencuri login...

Cara menghilangkan virus di HP Android tanpa aplikasi

Ada banyak cara menghilangkan virus di HP Android yang bisa kamu lakukan baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Terlebih sekrang ini smartphone telah menjadi...

Cara mempercepat koneksi jaringan WiFi yang super lemot

Berjelajah di internet memang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun hal tersebut akan menjadi menyebalkan jika koneksi wifi ternyata lambat. Masalah seperti ini memang sering...

Sederet aplikasi like untuk Instagram yang wajib ada di smartphone!

Seperti yang diketahui jika instagram kini menjadi salah satu aplikasi media sosial yang cukup populer dikalangan anak muda dan orang dewasa. Melalui aplikasi tersebut,...

7 Aplikasi anti lemot untuk smartphone terbaik!

Tak hanya kapasitas RAM yang pas-pasan, salah satu penyebab smartphone menjadi lemot biasanya disebabkan karena penumpukan file-file yang tak terpakai, misalnya cache. Secara tak...

Related Stories

Stay on op - Ge the daily news in your inbox

Enable referrer and click cookie to search for prowebber