Nokia 9 PureView Batal Update Android 11, Kenapa?

Telah lama ditunggu-tunggu, namun ternyata Nokia 9 PureView tidak akan menerima pembaruan Android 11. Pernyataan ini diungkapkan HMD Global, kemarin (02/12/2021).

Saat ini, HMD Global menghidupkan kembali smartphone merek Nokia dengan sistem operasi Android. 

Perusahaan telah sukses memberikan pembaruan software dengan tepat waktu pada setiap perangkatnya. Namun, kali ini perusahaan asal Finlandia ini mengalami kegagalan pembaruan yang dijanjikan untuk ponsel premium terakhir di tahun 2021.

Baru-baru ini, HMD Global mengungkapkan bahwa Nokia 9 PureView tidak akan menerima pembaruan Android 11. Tercatat perusahaan hanya berhasil memberikan satu kali pembaruan Android pada seri tersebut di akhir 2019 lalu, tak lama setelah waktu perilisannya.

Handset ini sebelumnya dijadwalkan untuk menerima pembaruan Android 11 pada kuartal kedua tahun 2021. Namun, kemudian ditunda hingga kuartal ketiga di tahun yang sama. Dan sampai saat ini, rencana tersebut tidak terwujud.

Seharusnya, perangkat mendapatkan dua pembaruan Android dan tiga tahun pembaruan keamanan. Namun, keadaan berkata lain.

Anehnya, HMD Global memutuskan untuk mengumumkan pembatalan pembaruannya tepat pada anniversary-nya yang ke-5. Dalam acara tersebut, perusahaan mengungkap penyebab utama pembatalannya dikarenakan ketidakcocokan antara kamera dengan software tersebut.

Mengapa bisa begitu? pasalnya, Nokia 9 PureView mengusung pengaturan penta camera yang dikembangkan oleh Light. Sejak Light memutuskan untuk keluar dari industri smartphone, HMD Global tidak mungkin mengoptimalkan kamera untuk versi Android yang lebih baru.

BACA JUGA: Tiap Satu Unit Nokia XR20 Terjual, Perusahaan Tanam 50 Pohon

Meski begitu, handset akan terus menerima pembaruan keamanan. Untuk pengalaman Android 11, kamu bisa mendapatkannya di Nokia XR20. Tak hanya itu, dengan membeli Nokia XR20, kamu juga bisa mendapatkan diskon 50%, lho.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber