Tips & Trik

Kredit HP Tanpa Kartu Kredit? Mudah, Begini Caranya

Kredit hp tanpa kartu kredit emang bisa? Ya, jelas bisa dong malahan bisa tanpa DP lho! Untuk mengetahui tata caranya, kamu harus menyimak artikel ini hingga tuntas.

Nah, agar kamu dapat melakukan cicilan hp tanpa kartu kredit ada beberapa persayaratan yang harus dipersiapkan, mulai dari sebuah smartphone baik itu Android ataupun iOS, KTP (Kartu Tanda Penduduk), nomor hp aktif, dan alamat email yang juga harus dalam keadaan aktif.

Itulah beberapa syarat utama yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu agar dapat membeli hp impian dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit.

Apabila semua persiapan sudah kumplit, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya.

BACA JUGA: Aplikasi Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Mudah Digunakan

Kredit HP Tanpa Kartu Kredit

Di jaman serba online seperti sekarang ini kamu pastinya udah tak asing lagi dong dengan marketplace yang bernama Shopee? Lah, emang apa hubungannya kredit hp tanpa kartu kredit dengan Shopee?

Eitss, jangan salah. Martketplace yang memiliki ciri khas warna orange ini bisa kamu pergunakan untuk membeli hp dengan metode cicilan mulai dari jangka waktu pembayaran 30 hari hingga 6 bulan.

Namun sebelum itu, kamu harus mengaktifkan atau mendaftar SPayLater (ShopeePayLater) di aplikasi Shopee terlebih dahulu.

Apa itu SPayLater? SPayLater adalah layanan pinjaman yang disediakan PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance di aplikasi Shopee berupa cicilan 1x, 2x, 3x, 6x dan 12x.

Agar bisa menikmati fitur SPayLater ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi seperti sebagai berikut:

  • Akun Shopee harus terverifikasi email dan nomor hp
  • Akun Shopee sudah berusia minimal lebih dari 3 bulan
  • Akun Shopee sering digunakan untuk bertransaksi

Cara Mengaktifkan SPayLater

1. Update aplikasi Shopee yang ada di hp kamu ke versi terbaru. Jika sudah, klik menu Saya, lalu pilih SPayLater

dan klik tombol Aktifkan Sekarang seperti pada gambar berikut.
Cara aktifkan SPayLater. (IST/Shopee)

2. Selanjutnya, pihak Shopee akan mengirimkan enam digit kode OTP (One Time Password) ke nomor hp yang telah kamu daftarkan. Masukkan kode yang kamu terima melalui SMS ke dalam kolom yang sudah disediakan.

Verifikasi nomor hp SPayLater. (IST/Shopee)

3. Kemudian unggah foto KTP kamu. Pastikan kamu menggunakan kamera belakang untuk mengunggah foto KTP dan ingat posisikan KTP pada frame atau bingkai yang tersedia di layar.

Upload foto KTP. (IST/Shopee)

4. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan nama lengkap (sesuai KTP) dan NIK. Lalu kemudian klik tombol Konfirmasi.

5. Berikutnya kamu juga Anda diminta untuk mengisi formulir informasi tambahan berupa kontak darurat, namu ibu kandung, tingkat pendidikan, nama perusahaan dan lain-lain.

Cara menambahkan kontak darurat pengajuan SPayLater. (IST/Shopee)

6. Selesai mengisi formulir informasi tambahan, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah. Sama seperti saat mengunggah foto KTP, pas kan wajah kamu ke dalam frame yang ditunjukkan dalam aplikasi.

Verifikasi wajah SPayaLater. (IST/Shopee)

7. Apabila sudah berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan SPayLater sedang diproses. Nantinya, jika semua data yang kamu masuk valid maka secara otomatis akan muncul notifikasi seperti berikut.

Cara agar SPayLater disetujui. (IST/Shopee)

Cara Kredit HP di Shopee Tanpa Kartu Kredit

Nah, setelah kamu berhasil mendapatkan limit SPayLater tinggal cari hp yang kamu idam-idamkan di kolom pencarian. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya jika kamu membeli hp dari toko resmi alias official store.

Klik tombol Beli Sekarang jika produk sudah ditemukan. Tapi ingat, agar bisa dicicil usahakan harga hp yang akan kamu beli tidak melebihi limit SPayLater.

Cicil hp online tanpa kartu kredit. (SS)

Kemudian, sebelum mengklik tombol Checkout, kamu bisa memasukan voucher gratis ongkir dan juga voucher cashback.

Cara kredit hp di Shopee. (SS)

Pada halaman checkout, klik menu Pilih Metode Pembayaran lalu pilih SPayLater dan tinggal pilih berapa lama hp tersebut akan kamu cicil.

Cara belanja pake ShopeePayLater. (SS)

Terakhir tinggal klik tombol Konfirmasi lalu Buat Pesanan. Selesai, kini kamu tinggal menunggu hpnya dikirim.

Untuk pembayaran cicilannya, kamu dapat memilih tanggal jatuh tempo sendiri. Ada dua pilihan tanggal jatuh tempo yang tersedia, yakni pada tanggal 5 dan 11 setiap bulannya.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Shopee

Mudah bukan? Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.