Tips & Trik

Cara Screenshot Vivo Y12 dengan Tombol Fisik dan 3 Jari

Vivo Y12 resmi diboyong ke Indonesia pada bulan Juli 2019 lalu, ponsel ini hadir dengan sejumlah fitur menarik, termasuk fitur screenshot seperti yang akan kita bahas kali ini. Lantas bagaimana cara screenshot di hp Vivo Y12?

HP Vivo satu ini diotaki oleh prosesor MediaTek Helio P22 yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB atau 64 GB.

Kemudian dari segi desain, Vivo Y12 memiliki bodi berdimensi 159.4 x 76.8 x 8.9 mm dan bobot seberat 190.5 gram.

Bagian depannya menampilkan layar IPS LCD berukuran 6.35 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1.544 piksel) dan memiliki poni bergaya tetesan air yang menampung kamera selfie 8 MP.

Sedangkan sisi belakangnya, disematkan pengaturan triple camera dengan konfigurasi kamera utama 13 MP, ultrawide 8 MP dan depth sensor 2 MP.

Nah buat kamu yang kebetulan baru membeli hp ini dan belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan screenshot, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengambil screenshot di hp Vivo Y12.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A70

Cara Screenshot Vivo Y12

Dengan Tombol Fisik

Ya, cara pertama yang bisa kamu pakai adalah dengan menekan dua tombol fisik secara bersamaan. Adapun dua tombol yang dimaksud adalah Tombol Power dan Volume Bawah.

Penggunaannya terbilang sangat sederhana, kamu cukup mengarahkan layar pada area yang ingin kamu screenshot, lalu tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan.

Screenshot Vivo Y12 dengan tombol. (IST)

Apabila berhasil, layar hp Vivo Y12 kamu akan berkedip dan kamu juga akan mendengar bunyi rana kamera.

Dengan Control Center

Mirip dengan hp Xiaomi, Vivo Y12 juga memiliki fitur screenshot yang tersembunyi.

Untuk menggunakan cara ini, usap layar dari atas ke bawah lalu pilih dan klik pada menu Tangkapan Layar Super.

Screenshot Vivo Y12 tanpa tombol. (SS)

Menariknya, ada beberapa opsi screenshot unik yang bisa kamu pilih,yakni persegi panjang, tangkapan layar lucu, rekaman layar, dan tangkapan layar panjang.

Cara Screenshot 3 Jari Vivo Y12

Sedangkan jika kamu ingin mengambil screenshot dengan tiga jari, silahkan buka dulu menu Setelan > Tangkapan Layar > Ambil Tangkapan Layar dengan Cepat > Lalu aktifkan tombol yang berada di samping menu Penangkapan Layar dengan Gesek Tiga Jari.

Screenshot 3 jari di hp Vivo Y12. (SS)

Jika sudah aktif, kamu bisa membuka area layar yang ingin kamu capture dan usap layar menggunakan ujung tiga jari kamu dari atas ke bawah.

Hasil tangkapannya secara otomatis akan tersimpan di Galeri, kamu bisa mengecek ataupun langsung menghapusnya dari sana.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung M20

Gampang kan? itulah tiga cara termudah yang bisa kamu coba untuk mengambil screenshot di Vivo Y12. Semoga informasinya bermanfaat dan juga membantu.