Tips & Trik

Cara Screenshot Samsung Semua Series, Mudah dan Praktis

Untuk Anda pengguna smartphone Samsung, di artikel kali ini, kami akan mengulas cara screenshot Samsung dari berbagai series yang bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui, screenshot (SS) sering dilakukan untuk mendokumentasikan informasi atau apapun yang tampil pada layar smartphone dan disimpan berupa gambar di galeri.

Seiring perkembangan teknologi, fitur screenshot kini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara yang paling umum dan sering dipakai adalah dengan menekan kombinasi tombol Power dan volume bawah secara bersamaan.

Kendati begitu, cara screenshot lainnya di HP Samsung menawarkan berbagai kemudahan dan pastinya bisa disesuaikan dengan keinginan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara screenshot di HP Samsung, pas sekali, karena kali ini Hallo GSM akan menyajikan cara SS HP Samsung di semua tipe. Langsung saja, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Screenshot Samsung Semua Series

Menggunakan Tombol

Tentukan halaman smartphone yang ingin di screenshot, kemudian langsung saja tekan tombol Power dan Volume bawah selama beberapa detik secara bersamaan.

Jika layar tampak berkedip, itu tandanya proses SS berhasil, dan hasilnya otomatis disimpan ke galeri perangkat.

Cara ini berlaku untuk semua tipe HP Samsung terbaru yang tidak memiliki tombol Home fisik di bagian depan, seperti Galaxy A Series, M Series, Note Series, S series, dan Z Series.

Akan tetapi, bagi pengguna HP Samsung yang dilengkapi dengan tombol Home fisik, Anda bisa melakukan screenshot dengan memanfaatkan tombol tersebut.

Caranya, tekan tombol Home dan volume bawah secara bersamaan dalam beberapa detik. Berhasilnya screenshot akan ditandai dengan layar yang berkedip disertai dengan bunyi rana kamera. Setelah itu, hasil SS akan tersimpan di galeri secara otomatis.

Menggunakan Palm Swipe atau Sapuan Tangan

Screenshot

di HP Samsung keluaran terbaru bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Palm Swipe Gesture. Cara ini terbilang lebih mudah dan juga praktis.

Tak perlu menekan tombol apapun, Anda hanya perlu menggeser tangan atau jari pada layar smartphone. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings > Advanced features.
  • Setelah itu, pilih opsi Motion and gestures.
  • Aktifkan fitur Palm swipe to capture dengan mengklik slider di samping menu tersebut.
  • Setelah itu, Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengambil screenshot hanya dengan sapuan tangan.

Menggunakan Perintah Suara

Screenshot di HP Samsung kali ini bisa menggunakan perintah suara, lho. Ya, hanya dengan mengucapkan ‘ambil screenshot’, sistem otomatis akan melakukan tangkapan layar yang sedang tampil.

Melakukan SS dengan cara ini, bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google Assistant.

Aplikasi ini biasanya sudah aktif secara bawaan. Untuk mengambil screenshot

dengan suara, tampilkan Google Assistant terlebih dahulu dengan menekan navigasi Home selama beberapa detik atau menekan tombol Power agak lama.

Setelah Google Assistant muncul, Anda tinggal mengucapkan ‘ambil screenshot’ dan halaman yang sedang tampil akan langsung di screenshot.

Cara Screenshot Samsung Menggunakan Bar Notifikasi

Cara lainnya adalah dengan menggunakan fitur Capture screen atau Cuplikan layar yang ada di bar notifikasi. Untuk menggunakannya, ikuti caranya berikut ini.

  • Buka halaman atau tampilan yang hendak di screenshot.
  • Tampilkan bar notifikasi dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah.
  • Setelah muncul berbagai fitur, pilih opsi Capture Screen atau Cuplikan Layar.
  • Kemudian, proses screenshot akan dimulai dan hasilnya akan tersimpan secara otomatis di galeri perangkat Anda.

Menggunakan Stylus S Pen

Cara screenshot di HP Samsung lainnya adalah menggunakan Stylus S Pen. Cara ini tentunya hanya berlaku untuk smartphone Samsung yang memiliki dukungan S Pen.

Tipe HP Samsung yang mendukung S Pen adalah Samsung Galaxy Note Series dan Galaxy Z Fold 4. Adapun, cara mengambil SS menggunakan S Pen ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka tampilan yang akan di screenshot.
  • Gunakan S Pen dan buka fitur Air Command.
  • Klik opsi Screen Write dan layar smartphone akan berkedip.
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman pengeditan untuk menyesuaikan hasil screenshot.
  • Anda juga bisa menambahkan objek gambar atau tulisan pada hasil screenshot.
  • Jika sudah, klik Simpan.

BACA JUGA: 5 Cara Screenshot di Komputer, Mudah Banget!

Nah, itulah cara screenshot Samsung di semua seri yang bisa dilakukan dengan mudah. Fitur mana yang sering Anda gunakan untuk mengambil screenshot? Selamat mencoba cara lainnya.