Tips & Trik

3 Cara Screenshot Samsung M20, Mudah dan Cepat!

Serupa dengan hp Samsung seri A ataupun seri M lainnya, cara screenshot Samsung M20 sangatlah sederhana dan tidak memerlukan banyak waktu.

HP Samsung kelahiran Februari 2019 ini hadir dengan baterai tahan lama, prosesor berkinerja prima, layar Infinity-V dan dilengkapi Dual Camera belakang.

Samsung Galaxy M20 diperkuat chipset Exynos 7904 (14 nm) yang berpasangan dengan RAM 3GB atau 4GB serta memori penyimpanan internal 32GB dan 64GB. Kedua kapasitas penyimpanannya tersebut masih bisa diperluas hingga 256GB dengan kartu microSD.

Di sektor kamera, hp ini memiliki dukungan dual camera belakang dengan sensor utama 13MP (f/1.9) serta lensa ultrawide 5MP (f/2.2). Sementara kamera depannya mengadopsi sensor 8MP (f/2.0).

Keunggulan lain yang ditawarkan Samsung M20 adalah dukungan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang telah ditunjang oleh fitur pengisian daya cepat 15W.

Fitur lain yang dimiliki oleh smartphone yang kini telah menerima update OS Android 10 ini adalah fingerprint, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0 serta fitur screenshot yang tak kalah penting.

Berbicara soal screenshot, ada tiga metode yang bisa dipakai pengguna ketika ingin mengambil gambar layar di Galaxy M20. Mau atau apa saja? Simak pembahasannya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A30

Cara Screenshot Samsung M20

Tombol Fisik

Ya, tak bisa dipungkiri kombinasi dua tombol fisik merupakan cara terampuh untuk mengambil screenshot di semua hp Android, termasuk Samsung Galaxy M20.

Caranya, pengguna cukup membuka area layar yang hendak di ss, lalu tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.

Screenshot Samsung M20 dengan tombol fisik. (IST)

Ketika kedua tombol tersebut ditekan secara bersamaan, secara otomatis layar akan berkedip dan muncul buni rana kamera yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil dilakukan.

Fitur Palm Swipe to Capture

Berbeda dengan Xiaomi ataupun brand lain yang menyematkan fitur screenshot 3 jari, Samsung M20 punya fitur unik tersendiri yang bisa digunakan untuk menangkap screenshot, yakni Palm Swipe to Capture.

Untuk bisa menggunakan cara ini, buka dulu menu Setelan > Fitur Lanjutan > Gerakan dan Gestur > Kemudian aktifkan tombol yang berada di samping Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil. Seperti pada gambar berikut.

Screenshot Samsung M20 dengan telapak tangan. (SS)

Apabila fitur sudah aktif, pengguna bisa langsung mencobanya, yakni dengan mengusap layar menggunakan bagian samping telapak tangan dari sisi kanan ke sisi kiri layar.

Palm Swipe to Capture Samsung Galaxy M20. (SS)

Menu Asisten

Selain kedua cara di atas, masih ada cara lain yang sangat disayangkan jika tidak diketahui. Adapun cara lain yang dimaksud adalah lewat Menu Assiten.

Sebelumnya, buka dulu menu Pengaturan > Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan > lalu aktifkan tombol yang ada di samping Menu Asisten.

SS Samsung M20 dari Menu Asisten. (SS)

Setelah aktif, akan terlihat menu (bola) melayang di layar yang bisa dibilang mirip dengan assistive touch di perangkat Apple. Tinggal klik icon menu tersebut lalu pilih menu Gambar Layar. Secara otomatis hasilnya akan langsung tersimpan di Galeri.

Carascreenshot Galaxy M20 menggunakan Menu Asisten. (SS)

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A51

Nah, itulah ketiga cara mudah yang bisa dipakai untuk melakukan screenshot di hp Samsung M20.