4 Cara Screenshot Samsung A10, Cepat dan Nggak Ribet

Hadir dengan sistem operasi Android 10 berlapis antarmuka One UI 2.0 membuat cara screenshot Samsung A10 tak begitu jauh berbeda dengan hp Samsung lainnya.

Diboyong ke pasar Indonesia pada bulan Februari 2019, Samsung Galaxy A10 langsung menarik perhatian konsumen Indonesia lantaran punya spesifikasi hardware dan software terbaik di kelasnya.

Secara desain, hp Samsung satu ini menganut konsep layar Infinity-V yang artinya memiliki poni atau notch berbentuk huruf ‘V’ berukuran 6.2 inci yang menghasilkan resolusi HD+ (720 x 1.520 piksel).

Layar tersebut dibuat dari panel berjenis IPS LCD serta memiliki bezel yang cukup tebal terutama di bagian dagunya.

Beralih ke sisi belakang, terdapat kamera tunggal beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.9 yang disusun vertikal bersama LED Flash. Sementara itu, kamera depannya mengadopsi sensor 5 MP f/2.0.

Nah, dibalik bodi yang terbuat dari bahan plastik ini Samsung telah menyematkan prosesor Exynos 7884 (14 nm) yang memiliki CPU Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53) dan GPU Mali-G71 MP2.

Chip tersebut dipasangkan dengan dua opsi RAM dan memori penyimpanan internal, yakni RAM 2/32 GB dan 4/64 GB. Kapasitas memori internalnya ini masih bisa diperluas hingga 256 GB lewat kartu microSD.

Itulah sekilas mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A10, lalu bagaimana cara untuk mengambil screenshot di hp ini? Simak pembahasannya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Screenshot Panjang Xiaomi Semua Tipe

Cara Screenshot Samsung A10

Lewat Tombol Fisik

Para pengguna Samsung Galaxy A10 bisa menggunakan kombinasi dua tombol fisik (Power + Volume Bawah) untuk melakukan screenshot.

Cara ini terbilang cukup populer terutama di kalangan pengguna hp Android. Bahkan selain di hp Samsung, cara ini juga bisa diterapkan di hp Android pabrikan vendor lain seperti Xiaomi, Realme, Oppo, Vivo, Asus dan lain sebagainya.

1. Kamu perlu mengarahkan layar pada area yang akan di screenshot.

2. Lalu tinggal tekan tombol Power dan Volume Bawah secara berbarengan. Karena jika tidak, kamu mungkin malah akan mengunci layar atau mengecilkan volume nada dering.

Screenshot Samsung A10 tanpa tombol
Screenshot Samsung A10 tanpa tombol. (IST)

3. Jika layar Samsung A10 kamu berkedip, itu artinya screenshot telah selesai dan hasilnya akan otomatis tersimpan di Galeri.

Menu Asisten

Menu Asisten merupakan sebuah fitur unik yang sengaja dirancang Samsung untuk memudahkan pengguna mengakses tombol perangkat keras dan semua bagian layar tanpa menyentuh atau menggesernya.

Dengan kata lain, Menu Asisten dapat dipergunakan untuk menampilkan aplikasi terakhir, membuka layar utama, kembali, mengatur volume, mengunci layar, mengambil screenshot dan menonaktifkan ponsel.

Agar bisa menggunakan fitur ini, kamu harus masuk ke menu Pengaturan terlebih dahulu, pilih menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan > lalu aktifkan tombol geser yang berada di samping Menu Asisten.

Cara mengaktifkan tombol Menu Asisten Samsung A10
Cara mengaktifkan tombol Menu Asisten Samsung A10. (SS)

Setelah aktif, kamu akan melihat bola melayang di sisi kanan layar layaknya assistive touch di perangkat Apple, klik bola tersebut dan pilih Gambar Layar.

Screenshot Samsung A10 lewat Menu Asisten
Screenshot Samsung A10 lewat Menu Asisten. (SS)

Game Launcher

Sesuai namanya fitur ini hanya bisa dipergunakan saat sedang membuka aplikasi game. Namun sebelum itu, kamu juga harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Buka menu Pengaturan, pilih Fitur Lanjutan kemudian aktifkan klik tombol geser yang berada di samping menu Game Launcher.

Cara mengaktifkan fitur Game Launcher Samsung A10
Cara mengaktifkan fitur Game Launcher Samsung A10. (SS)

Untuk menggunakannya, cukup mengklik icon Game Launcher dan pilih Screenshot seperti pada gambar berikut ini.

SS Samsung A10 dengan Game Launcher
SS Samsung A10 dengan Game Launcher. (SS)

Sama seperti yang pertama, hasilnya akan otomatis tersimpan di Galeri, kamu bisa mengecek ataupun langsung menghapusnya dari sana.

Cara Screenshot Panjang Samsung A10

Cara mengambil screenshot panjang di Samsung Galaxy A10 juga terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu menentukan area yang ingin di capture, lalu tekan tombol power + volume bawah atau bisa pula menggunakan Menu Asisten untuk mengambil screenshot.

Ketika screenshot berhasil, kamu akan melihat kotak hitam di bagian bawah layar. Pada tahap ini silahkan kamu pilih icon Scroll Capture yang memiliki logo tanda panah ke bawah seperti pada gambar berikut.

Screenshot panjang Samsung Galaxy A10
Screenshot panjang Samsung Galaxy A10. (SS)

Secara otomatis layar akan bergulir ke bawah untuk mengambil screenshot dan hasilnya bisa kamu cek di Galeri.

BACA JUGA: Cara Screenshot Vivo Y12

Itulah 4 cara termudah yang bisa kamu coba untuk mengambil screenshot di hp Samsung Galaxy A10.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber