Tips & Trik

Cara Screenshot Realme C11, Praktis dan Mudah

Cara screenshot Realme C11 dapat dilakukan menggunakan dua fitur berbeda yang telah tersedia di dalamnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghambur-hamburkan kapasitas memori internal untuk mendownload aplikasi screenshot pihak ketiga dari Google Play Store.

Memang menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga juga tidak ada salahnya, akan tetapi mubazir rasanya jika fitur screen capture bawaan yang telah disisipkan Realme ke dalam ponsel miliknya menjadi terabaikan.

Di Indonesia sendiri Realme C11 tersedia dalam dua varian, yaitu Realme C11 pabrikan tahun 2020 dan Realme C11 2021. Meski kedua ponsel tersebut punya nama yang identik, spesifikasi yang ditawarkan oleh keduanya memiliki sedikit perbedaan.

Pertama adalah prosesornya, Realme C11 memakai chipset Helio G35, sedangkan Realme C11 2021 dipersenjatai chipset Unisoc SC9863A.

Kemudian perbedaan yang seterusnya ada pada sektor kamera, Realme C11 dilengkapi kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor utama 13 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Sementara itu, Realme C11 2021 hanya memiliki kamera belakang tunggal beresolusi 8 MP.

Tapi Realme C11 2021 punya layar HD+ berukuran 6.52 inci yang sedikit lebih besar dibanding pendahulunya yang mengadopsi layar HD+ 6.5 inci.

Meski punya sedikit perbedaan, cara untuk screenshot di kedua ponsel Realme tersebut tetap sama.

Cara Screenshot Realme C11

Kombinasi Tombol

Cara pertama yang bisa Anda andalkan untuk mengambil ss di Realme C11 atau Realme C11 2021 adalah melalui kombinasi tombol power + volume bawah.

Screenshot Realme 11 2021. (IST)

Jadi Anda cukup menekan kedua tombol yang disebutkan di atas secara bersamaan lalu tahan selama kurang lebih 1-2 detik. Anda dapat melepaskannya apabila layar ponsel sudah berkedip yang biasanya selalu diiringi dengan bunyi shutter

kamera.

Apabila berhasil Anda dapat melihat hasilnya dengan cara mengklik notifikasi ataupun langsung menuju aplikasi Galeri.

Cara Screenshot 3 Jari Realme C11

Sejatinya, baik Realme C11 maupun Realme C11 2021 dikategorikan sebagai smartphone kelas entry level. Ya, meskipun masuk kelas entry kedua ponsel ini hadir dengan membawa fitur screenshot 3 jari.

Pertanyaan yang sering dikeluhkan oleh pengguna adalah kenapa screenshot 3 jari Realme tidak berfungsi? Jawabannya sangat sederhana sekali, mungkin fiturnya belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya sendiri Anda bisa mulai dari Pengaturan > Bantuan Praktis > Gerakan. Setelah perhatikan tombol yang berada di samping kanan menu Screenshot 3 Jari, apabila berwarna abu-abu itu tandanya belum aktif, sebaliknya jika berwarna hijau maka itu sudah aktif.

Letak fitur Screenshot 3 Jari HP Realme. (IST)

Anda bisa mencobanya langsung di saat itu juga dengan cara menempelkan 3 jari Anda ke layar lalu usapkan ke arah bawah. Selesai, segera cek hasilnya di Galeri.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung Galaxy A12

Demikianlah pembahasan soal cara screenshot Realme C11 dan Realme C11 (2021), semoga bermanfaat.