Tips & Trik

Cara Screenshot Panjang Xiaomi Semua Tipe Tanpa Aplikasi Tambahan

Screenshot panjang atau long screenshot mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para pengguna hp Android khususnya merek Xiaomi. Sebab, cara screenshot panjang di hp Xiaomi sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Berbicara soal Xiaomi, ini merupakan salah satu brand smartphone asal China yang sangat populer di Indonesia. Ya, Xiaomi dikenal sebagai salah satu brand yang selalu menghadirkan smartphone murah namun memiliki spesifikasi berkualitas.

Selain itu, hp Xiaomi juga memiliki sejumlah fitur menarik yang beberapa diantaranya tidak dimiliki oleh hp keluaran brand lain. Salah satu fitur yang dimaksud adalah Screenshot Panjang.

Bagi kamu pengguna hp Xiaomi yang ingin mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot panjang, simak tutorial lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A70

Cara Screenshot HP Xiaomi Semua Tipe

Setidaknya, ada dua cara paling mudah yang bisa dipilih untuk mengambil screenshot panjang di hp Xiaomi, yakni dengan tombol fisik dan lewat Bar Notifikasi.

Screenshot dengan Tombol Fisik

Cara ini bisa dibilang work hampir di semua perangkat yang menjalankan sistem operasi Android.

1. Buka kunci layar hp Xiaomi kamu dan arahkan pada area yang akan di screenshot.

2. Jika sudah ditentukan kamu tinggal menekan Tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan.

Screenshot Xiaomi dengan tombol fisik. (IST)

Kendati terdengar cukup mudah, cara ini memerlukan dua tangan untuk melakukannya. Bahkan dalam beberapa kasus, jika kedua tombol tersebut tidak ditekan secara bersamaan yang ada malah akan mengecilkan volume nada dering atau justru mengunci layar.

Ketika screenshot berhasil, nantinya layar hp Xiaomi kamu akan berkedip dan hasil tangkapannya akan tersimpan di Galeri.

Bar Notifikasi

Xiaomi merupakan brand pelopor yang menyematkan fitur screenshot ke dalam bar notifikasi.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengusap layar dari atas ke bawah layaknya ketika kamu hendak menghidupkan WiFi ataupun Bluetooth.

Selanjutnya kamu tinggal pilih dan klik menu Screenshot atau Tangkapan Layar seperti yang ada pada gambar berikut.

Sscreenshot hp Xiaomi tanpa tombol fisik. (SS)

Nah, sesaat setelah menu tersebut kamu klik, layar akan berkedip dan langsung menyimpan hasil screenshotnya ke Galeri.

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Sementara itu, untuk mengambil screenshot panjang kamu bisa memilih salah satu metode screenshot diatas. Jika sudah, nantinya akan muncul preview hasil screenshot di pojok kanan atas layar. Silahkan kamu klik.

Kemudian klik menu Scroll atau Gulir. Secara otomatis sistem akan melakukan pengambilan screenshot panjang dengan sendirinya.

Cara mengambil screenshot panjang di hp Xiaomi. (IST)

BACA JUGA: Cara Screenshot Vivo Y12

Mudahkan? Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.