Tips & Trik

Cara Screenshot Oppo A5s dengan 3 Jari atau Tombol Fisik

Cara screenshot Oppo A5s menjadi salah satu hal penting yang harus diketahui terutama oleh pengguna. Sama seperti smartphone Android pada umumnya, cara screenshot Oppo A5s bisa dilakukan dengan berbagai metode.

Berbicara tentang Oppo A5s, ini merupakan smartphone kelas entry level perusahaan yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sebab selain harganya yang relatif murah spesifikasi yang dimiliki pun sangatlah mumpuni.

Smartphone Oppo murah satu ini punya layar IPS LCD berukuran 6.2 inci yang menghasilkan resolusi HD+ (720 x 1.520 piksel) dan sudah diproteksi kaca pelindung Gorilla Glass 3.

Di bagian tengah atas layarnya terdapat poni water drop sekaligus menjadi rumah bagi kamera depannya yang beresolusi 8 MP. Sedangkan kamera belakangnya mengadopsi sistem dual camera dengan lensa utama 13 MP dan lensa depth sensor 2 MP.

Soal kinerja, perusahaan yang bermarkas di China itu mempercayakan jantung pacu Oppo A5s pada chipset MediaTek Helio P35 yang dikawinkan dengan opsi memori, yakni RAM 2/32 GB, 3/32 GB dan 4/64 GB.

Oppo A5s dibekali baterai berkapasitas 4.230 mAh yang dapat isi ulang lewat kabel USB 2.0. Sistem operasinya sudah mentok di Android 8.1 Orea dengan antarmuka ColorOS 5.2.

Handset ini juga dilengkapi dukungan Dual SIM (nano), jaringan 4G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, FM radio, jack audio 3.5 mm dan tak ketinggalan fitur screenshot.

BACA JUGA: Cara Screenshot Realme C2

Cara Screenshot Oppo A5s

Kombinasi Tombol

Ini merupakan cara yang sudah sangat terkenal, khususnya di kalangan pengguna hp Android. Kenapa? Sebab cara ini bisa dipakai di berbagai macam smartphone Android.

Pertama tinggal tentukan area yang hendak di screenshot.

Lalu tekan tombol power dan volume down (-) secara bersama. Dimana tombol powernya terletak di sisi kanan, sedangkan tombol untuk mengatur volumenya ada di sisi kiri.

Screenshot Oppo A5s dengan tombol fisik. (IST)

Ketika kedua tombol tersebut ditekan secara bersamaan, pengguna akan mendengar bunyi ‘cekrek’ bersamaan dengan kedipan layar. Jangan panik, sebab itu menandakan bahwa gambar screenshot telah selesai di ambil.

Cara Screenshot Oppo A5s dengan 3 Jari

Cara yang kedua juga mungkin sudah tidak terdengar asing lagi. Ya, fitur screenshot 3 jari memang akhir-akhir ini sudah bisa dijumpai di berbagai merek smartphone Android.

Pengguna hp Oppo A5s ternyata juga bisa menggunakan gesture 3 jari untuk melakukan screenshot. Tapi sebelumnya ada fitur khusus yang harus diaktifkan terlebih dahulu.

Pertama-tama masuk ke menu Setelan > Pilih Alat Serba Guna > Gesture & Gerakan > Terakhir klik tombol yang berada di samping menu Screenshot 3 Jari.

Cara screenshot Oppo A5s dengan 3 jari. (SS)

Setelah fitur tersebut berhasil diaktifkan, pengguna dapat langsung menentukan area yang ingin di screenshot.

Lalu kemudian tinggal usapkan tiga ujung jari bagian dalam ke layar dari atas ke bawah. Apabila layar berkedip dan terdengar suara ‘cekrek’ maka itu artinya screenshot telah berhasil dan hasilnya bisa di cek di aplikasi Galeri.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A51

Cara screenshot Oppo A5s dengan fitur bawaan memang hanya ada dua opsi, sebab beberapa fitur screenshot lain seperti Smart Sidebar atau Game Space belum bisa dijumpai di hp yang satu ini.