Tips & Trik

Cara Screenshot Oppo A3s Yang Paling Mudah Dilakukan

Cara screenshot Oppo A3s bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah lewat kombinasi tombol fisik (Power + Volume Bawah) atau bisa pula dengan menggunakan gesture 3 jari.

Oppo A3s sendiri termasuk kategori smartphone entry level yang pertama kali hadir di Indonesia pada bulan Maret 2019.

Perangkat ini menawarkan spesifikasi dan fitur keren mirip dengan ponsel premium Oppo F9. Untuk desain, gawai ini memiliki bodi berwarna merah yang membuatnya tampak elegan.

Lalu di depan, terpampang layar berdiagonal 6.2 inci yang dihiasi poni lebar sebagai wadah untuk menampung kamera selfie 8 MP, speaker receiver, LED notification dan sensor proximity.

Untuk jeroan, Oppo A3s diperkuat prosesor Snapdragon 450 bersama CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506. Ada tiga opsi memori yang tersedia, yakni 2/16 GB, 3/32 GB dan 4/64 GB.

Daya tarik lain yang ditawarkan hp ini adalah dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi utama 13 MP, sedangkan satu kamera lainnya didedikasikan sebagai lensa depth sensor 2 MP.

Oppo A3s turut dibekali slot Dual SIM (nano), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, FM radio, jack audio 3.5 mm dan fitur screenshot seperti yang akan kita bahas di artikel ini.

BACA JUGA: Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Cara Screenshot Oppo A3s

Menggunakan Tombol Fisik

Seperti yang sudah disinggung di awal, pengguna hp Oppo A3s bisa mengandalkan kombinasi tombol fisik ketika ingin mengambil screenshot.

  • Pastikan hp Oppo A3s kamu dalam keadaan menyala.
  • Tentukan area yang ingin kamu screenshot lalu tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.
Screenshot Oppo A3s dengan tombol fisik. (IST)
  • Selesai, hasil screenshotnya akan langsung tersimpan, kamu bisa mengeceknya dari aplikasi Galeri ataupun lewat panel notifikasi.

Tapi perlu diingat, cara ini memerlukan kedua tangan serta kedua tombol (Power + Volume Bawah) harus ditekan secara bersamaan. Karena jika tidak, kamu bisa-bisa malah mengunci layar atau mengecilkan volume nada dering.

Cara Screenshot Oppo A3s dengan 3 Jari

Kemudian yang kedua adalah menggunakan gesture 3 jari. Tapi sebelum itu, masuk dulu ke menu Setting lalu pilih Gesture and Motion dan klik Quick Gesture.

Berikutnya, aktifkan Gesture Screenshot lalu pilih mengambil tangkapan layar dengan cepat (Gesture 3 Jari), lalu klik Simpan.

Lantas bagaimana cara penggunaannya? Kamu tinggal mengusap layar Oppo A3s dari atas ke bawah menggunakan 3 jari kamu.

Jika berhasil, layar akan berkedip dan muncul bunyi rana kamera. Hasilnya bisa kamu lihat di aplikasi Galeri.

Menggunakan Aplikasi

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah menggunakan aplikasi Screenshot tambahan yang bisa cari di Google Play Store.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Screenshot jika memang memerlukannya karena beberapa alasan, seperti tombol tidak berfungsi atau kesulitan mencari letak fitur Gesture Screenshot.

Adapun aplikasi yang paling cocok digunakan di hp Oppo A3s adalah Screenshot Capture dan juga Screenshot touch.

Aplikasi screenshot untuk hp Oppo A3s. (SS/Google)

BACA JUGA: Cara Screenshot Vivo Y12

Itulah tiga cara paling mudah yang bisa kamu pilih untuk mengambil screenshot di hp Oppo A3s.