Tips & Trik

Cara Screenshot HP Redmi 10 dengan Berbagai Metode Menarik, Mi Fans Wajib Tahu!

Cara screenshot HP Redmi 10 bisa dibilang agak sedikit berbeda dengan seri sebelumnya. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini kamu akan mengetahuinya.

Seperti yang kita tahu, Redmi merupakan sub-brand dari merk smartphone yang cukup populer di Indonesia, yakni Xiaomi.

Redmi 10 pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada pertengahan September 2021 dan menjadi pelopor HP entry level berkamera 50MP.

Handset ini hadir dengan berbagai peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya. Peningkatan yang mencolok dari suksesor Redmi 9 ini adalah dukungan chipset MediaTek Helio G88 yang diklaim memiliki performa lebih baik dibandingkan Helio G80 pada Redmi 9.

Xiaomi Redmi 10 pertama kali diluncurkan dengan OS terbaru, yakni MIUI 12.5 yang berbasis Android 11. Lantas, bagaimana cara mengambil screenshot atau tangkapan layar pada Redmi 10? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Screenshot HP Redmi 10

Screenshot menjadi fitur yang tidak pernah absen pada setiap perangkat. Seperti yang kita tahu, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil atau memotret tampilan layar.

Dengan melakukan screenshot, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mencatat suatu resep, quotes, meminta foto dari status orang lain, dan lain sebagainya.

Pasalnya, dengan melakukan screenshot, segala informasi yang tampil pada layar dan perlu diabadikan, bisa langsung tersimpan di galeri perangkat dalam bentuk gambar dan bisa diakses kapan saja dengan mudah.

Berikut ini tutorial screenshot di HP Redmi 10 dengan berbagai metode. Pastikan simak artikel ini hingga tuntas agar mengetahui cara screenshot yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Screenshot dengan Kombinasi Tombol Fisik

Cara pertama ini sudah umum digunakan di berbagai smartphone. Termasuk HP Xiaomi dengan brand turunannya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memposisikan tampilan layar pada halaman atau objek yang akan di screenshot.

Jika tampilan layar sudah siap, silahkan tekan tombol Power dan Volume Bawah bersamaan selama beberapa detik.

Jika screenshot berhasil, biasanya ditandai dengan layar yang berkedip dan disertai dengan bunyi rana kamera.

Setelah itu, hasil tangkapan layar atau screenshot otomatis tersimpan di galeri HP.

Cara Screenshot HP Redmi 10 Melalui Bar Notifikasi

Selain kombinasi tombol fisik, kamu juga bisa melakukan screenshot dari bar notifikasi yang mudah diakses tanpa perlu repot-repot menekan dua tombol fisik.

Cara ini juga bisa menjadi solusi jika salah satu tombol fisik yang bisa digunakan untuk screenshot mengalami kerusakan.

Caranya, tentukan area mana yang hendak kamu screenshot. Setelah layar siap, akses bar notifikasi dengan mengusap layar dari bagian kanan atas ke bawah untuk menampilkan bar notifikasi yang berisi berbagai mode dan fitur.

Untuk mengambil tangkapan layar, klik fitur Screenshot dengan ikon gunting seperti pada gambar berikut.

Setelah itu, layar akan kembali menampilkan area yang ingin di screenshot dan screenshot akan dimulai. Setelah selesai, hasil tangkapan layar otomatis akan tersimpan di galeri.

Screenshot Tiga Jari di HP Redmi 10

Cara ketiga ini bisa dibilang paling praktis. Pasalnya, hanya dengan mengusapkan tiga jari tangan pada layar HP dari atas ke bawah, layar yang sedang tampil otomatis akan di screenshot.

Untuk melakukan screenshot dengan cara super praktis ini, kamu hanya perlu menyiapkan halaman atau apapun yang ingin kamu screenshot, kemudian usap layar HP dengan tiga jari dari atas layar mengarah ke bawah layar.

Setelah itu, layar tersebut otomatis di screenshot.

Fitur ini biasanya sudah aktif secara bawaan pada HP Xiaomi dengan versi OS terbaru. Akan tetapi, jika screenshot dengan tiga jari tidak berfungsi pada HP kamu, kamu bisa mengecek fitur screenshot tiga jari pada menu Setelan dan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan fitur screenshot tiga jari pada HP Redmi 10, kamu bisa membuka menu Setelan > Setelan Tambahan > Pintasan gerakan > Ambil Screenshot > aktifkan menu Geser ke bawah dengan 3 jari.

Setelah itu, kamu bisa melakukan screenshot dengan 3 jari seperti cara tadi.

Screenshot dengan Sidik Jari

Kamu juga bisa screenshot dengan sidik jari, lho. Ya, Xiaomi Redmi 10 memungkinkan penggunanya untuk melakukan tangkapan layar dengan cara menempelkan sidik jari pada tombol fingerprint sebanyak dua kali dengan cepat.

Adapun, tombol fingerprint Redmi 10 terletak pada sisi kanan perangkat, tepatnya di bawah tombol volume.

Dengan menempelkan sidik jari pada sensor fingerprint, seketika layar akan di screenshot. Untuk melakukan cara ini, kamu perlu mengatur setelan terlebih dahulu.

Caranya, buka menu Setelan > Setelan Tambahan > Pintasan Gerakan. Perhatikan bagian Kustomisasi Gerakan. Pada bagian tersebut, terdapat menu Ketuk 2x sensor sidik jari yang disetel untuk menghidupkan senter.

Untuk screenshot dengan sidik jari, kamu perlu mengubah setelah tersebut dengan mengklik Hidupkan senter. Setelah itu, pilih opsi Ambil screenshot.

Cara kerjanya, siapkan tampilan layar yang akan di screenshot. Tempelkan sidik jari pada sensor fingerprint sebanyak dua kali dengan cepat.

Setelah itu, layar otomatis akan di screenshot.

Screenshot HP Redmi 10 Melalui Menu Aksesibilitas

Terakhir, kamu bisa menggunakan menu Aksesibilitas untuk mengambil screenshot. Dengan menu ini, kamu bisa melakukan tangkapan layar dengan mengklik menu yang akan tampil.

Sebelumnya, kamu perlu mengaktifkan menu aksesibilitas terlebih dahulu. Caranya, buka Setelan > Setelan Tambahan > Aksesibilitas > Menu Aksesibilitas. Kemudian, aktifkan menu Pintasan Menu Aksesibilitas.

Setelah itu, tombol navigasi akan bertambah. Menu Aksesibilitas ditandai dengan ikon orang. Untuk mengambil screenshot, kamu bisa mengklik tombol tersebut, kemudian klik menu Screenshot.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi Biar Mirip iPhone

Nah, itu dia beberapa cara screenshot HP Redmi 10 yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Dari lima metode yang telah dibahas di atas, metode mana yang sering kamu gunakan? Mi Fans susah seharusnya mencoba metode-metode lain untuk menambah pengalaman baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.