Tips & Trik

5 Cara Screenshot di Komputer, Mudah Banget!

Meskipun terbilang mudah, namun masih ada pengguna komputer atau PC yang kebingungan dengan cara screenshot di komputer.

Seperti pada smartphone, komputer juga telah dibekali jalan pintas (shortcut) untuk mengambil screenshot.

Hal tersebut tentunya sangat memudahkan pengguna ketika menemukan hal menarik di internet namun tidak bisa diunduh. Sehingga untuk menyimpannya, fitur screenshot menjadi andalan.

Selain menggunakan tombol Print Screen (PrtSc), yang ketika ditekan seperti tidak terjadi apa-apa, mengambil screenshot di komputer juga bisa dilakukan dengan cara atau metode lain.

Cara lain yang akan kami bahas kali ini selain sangat praktis dan mudah untuk dipraktikkan, namun juga memiliki kelebihan masing-masing.

Adapun, 5 metode mengambil tangkapan layar komputer di bawah ini berlaku untuk Windows 11 maupun Windows 10.

Caranya juga praktis hanya menggunakan kombinasi tombol keyboard (papan ketik) tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Penasaran? Langsung saja, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Screenshot di Komputer

Tombol Print Screen (PrtSc)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot adalah dengan menekan tombol Print Screen (PrtSc) yang biasanya berada di sisi kanan atas keyboard.

Dengan menekan tombol ini, sistem otomatis melakukan screenshot pada seluruh tampilan layar.

Untuk melihat hasilnya, buka Microsoft Paint, kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl + V untuk menyalinnya (Paste) setelah mengklik lembar kertas pada aplikasi.

Setelah hasil muncul, gambar screenshot

bisa diedit sesuai kebutuhan, lalu simpan. Jenis file yang awalnya PNG sebagai default, bisa diubah menjadi JPG, BMP, GIF, atau yang lainnya di menu Save As.

Tombol Alt + Print Screen (PrtSc)

Cara kedua bisa digunakan untuk mengambil screenshot hanya pada tampilan jendela yang sedang aktif diakses. Caranya, tekan tombol Alt dan Print Screen (PrtSc) secara bersamaan.

Setelah itu, kamu bisa menyalin atau paste hasil screenshot di aplikasi Paint dengan langkah yang sama seperti menggunakan tombol Print Screen (PrtSc).

Cara Screenshot di Komputer dengan Tombol Fn + PrtSc

Sejatinya, kombinasi tombol ini sama saja dengan menekan tombol Print Screen (PrtSc). Adapun, penambahan tombol Fn diperlukan jika perangkat tidak bisa melakukan screenshot

hanya dengan tombol Print Screen (PrtSc).

Tombol Windows + Print Screen (PrtSc).

Ini merupakan cara screenshot di komputer yang paling efisien dan cepat. Pasalnya, kamu tidak perlu repot-repot menyalin (Paste) ke Microsoft Paint, lalu kemudian baru bisa menyimpannya.

Caranya, tekan tombol Windows dengan ikon jendela yang berada di sisi kiri bawah keyboard dan tombol Print Screen (PrtSc) secara bersamaan.

Setelah itu, hasil tangkapan layar secara otomatis tersimpan di folder screenshot.

Menariknya lagi, cara screenshot yang satu ini memiliki indikator ketika proses berhasil. Indikator tersebut berupa layar yang berkedip seperti proses tangkapan layar pada smartphone.

Tombol Windows + Shift + S

Terakhir, cara screenshot di komputer bisa dilakukan dengan menekan kombinasi tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Cara ini bisa mengambil screenshot hanya pada sebagian area sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menekan kombinasi tersebut, layar komputer akan berubah menjadi redup dan kursor berubah bentuk menjadi ikon plus (+).

Selanjutnya, klik dan drag (tarik) area yang akan di-screenshot.

Setelah itu, hasil tangkapan layar harus disalin (Paste) ke Microsoft Paint seperti pada cara pertama, kedua, dan ketiga.

BACA JUGA: Cara Screenshot Panjang di iPhone, Mudah Banget!

Nah, itulah 5 cara screenshot di komputer yang praktis dan mudah dipraktikkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.