Tips & Trik

Cara Scan di HP Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah Anti Ribet!

Perlu scan dokumen namun deadline sudah mepet? Tenang saja, karena saat ini ada cara scan di HP yang pastinya mudah dan praktis.

Kamu tidak perlu pergi ke penyedia jasa scan atau mengunduh aplikasi pihak ketiga yang pastinya memakan banyak waktu.

Sekarang ini, perangkat smartphone kebanyakan telah dilengkapi dengan fitur scan bawaan yang bisa diandalkan untuk memindai dokumen dengan mudah.

Dengan adanya fitur scan bawaan, menjadikan proses scan lebih efektif dan efisien karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Apalagi, saat ini smartphone menjadi salah satu perangkat yang selalu dibawa kemana-mana oleh setiap orang. Pengguna bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga budget jika melakukan scan menggunakan HP.

Scan atau memindai biasanya diperlukan untuk membuat arsip digital dari dokumen fisik atau bisa juga untuk keperluan lainnya.

Untuk memindai dokumen, biasanya menggunakan mesin scanner yang ukurannya cukup besar dan tidak semua orang memilikinya. Seiring dengan perkembangan teknologi, smartphone juga mampu diandalkan untuk melakukan scanning.

Pengguna bisa melakukan scan ijazah, KTP, foto, atau dokumen lainnya hanya dengan menggunakan smartphone. Bisa dengan bantuan aplikasi, atau tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan scan suatu dokumen dengan mudah dan cepat, silahkan simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Scan di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Dikarenakan pembahasan kali ini adalah scan di HP tanpa aplikasi tambahan, maka proses scanning bisa dilakukan dengan menggunakan Google Drive.

Ya, selain untuk menyimpan file, ternyata aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memindai atau scan dokumen.

Langsung saja, simak langkah-langkah scan di HP menggunakan Google Drive berikut.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Drive yang sudah ada di smartphone Android kamu.
  • Pada halaman utama, klik tombol Add dengan ikon plus (+).
  • Diantara menu yang muncul, pilih Pindai atau Scan.
  • Setelah itu, beri izin aplikasi untuk mengakses kamera.
  • Nantinya, kamu akan diarahkan pada aplikasi kamera untuk memindai dokumen.
  • Arahkan kamera pada dokumen yang ingin di scan seperti ketika mengambil foto.
  • Kemudian, tekan tombol shutter berlambang lingkaran untuk menyelesaikan pemindaian.
  • Jika foto dokumen sudah sesuai, klik ikon centang.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu bisa melakukan editing pada dokumen yang telah di scan. Kamu bisa menyesuaikan dokumen dengan ikon pangkas, merubah rotasi, atau memberikan warna pada dokumen.
  • Jika sudah sesuai, klik Simpan.
  • Setelah itu, beri nama dokumen pada kolom Judul Dokumen, kemudian pilih akun Google dan sesuaikan Folder tempat penyimpanan.
  • Klik Simpan.
  • Selesai. Dokumen kamu telah berhasil di scan dan tersimpan di Google Drive.

Untuk diketahui, dokumen yang telah di scan tersimpan dengan format PDF. Kamu bisa mengunduhnya dari Google Drive menggunakan smartphone atau laptop ketika diperlukan.

Melakukan scan dokumen melalui smartphone sebaiknya digunakan ketika dalam keadaan urgent atau darurat yang membutuhkan waktu cepat.

Jika ingin mendapatkan hasil pemindaian terbaik, sebaiknya gunakan scanner dengan resolusi tinggi.

BACA JUGA: Cara Membuat Barcode di HP Android yang Paling Praktis

Itulah cara scan di HP yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.