Tips & Trik

Cara Reset WiFi Indihome Tipe ZTE, TP Link dan Huawei

Cara reset WiFi Indihome dan Fiberhome dengan tipe router ZTE, TP Link ataupun Huawei sebetulnya cukup mudah untuk dilakukan, jadi kita tidak perlu repot-repot menghubungi teknisi.

Sebagai salah satu layanan Internet Service Provider (ISP) dengan jaringan yang cukup luas, bukanlah hal aneh jika WiFi Indihome menjadi primadona masyarakat Indonesia.

Kendati begitu ada beberapa permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh para pengguna WiFi Indihome, seperti lupa password akun dan jaringan internetnya seringkali mendadak jadi lemot.

Nah, solusi paling ampuh untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan cara mereset router Indihome itu sendiri. Router WiFi Indihome ada tiga tipe, yaitu ZTE, TP Link dan juga Huawei.

BACA JUGA: Aplikasi Penguat Sinyal 4G

Cara Reset WiFi Indihome

Tipe ZTE

Cara reset modem WiFi Indihome tipe ZTE ini sangat mudah, namun sebelum melakukan reset alangkah baiknya jika kamu menyiapkan laptop ataupun smartphone untuk menyetting nantinya.

1. Hidupkan modem terlebih dahulu, kemudian cari lubang kecil di bagian belakang modem yang bertuliskan reset, seperti yang ada pada gambar berikut ini.

Cara reset password Indihome. (IST/NET)

2. Nah, dalam lubang kecil tersebut terdapat sebuah tombol yang harus kamu tekan. Berhubung lubangnya sangat kecil, disini kamu membutuhkan jarum pentul atau sim ejector.

3. Colokan jarum pentul atau sim ejector ke dalam lubang tersebut tekan selama 3-5 detik sampai lampu router mati.

4. Selanjutnya, tinggal hidupkan kembali modem. Agar smartphone atau laptop kamu bisa kembali terhubung ke jaringan WiFi masukkan password yang ada dibelakang modem.

Cara ganti password WiFi Indihome modem ZTE. (IST/NET)

5. Untuk mengatur nama WiFi dan mengganti passwordnya, buka aplikasi browser di laptop atau di smartphone kamu lalu ketik IP address 192.168.1.1 di kolom pencarian.

6. Setelah itu, ketikan kata ‘user’ pada kolom username dan password. Jika sudah berhasil masuk, kamu bisa mengganti nama WiFi berikut passwordnya sesuka hati.

Selesai, kamu telah berhasil mereset WiFi Indihome tipe router ZTE.

Cara Reset WiFi Indihome Modem TP Link dan Huawei

TP Link dan Huawei saat menjadi modem yang paling banyak digunakan oleh pengguna Indihome. Cara reset modem WiFi TP Link dan juga Huawei bisa dibilang sangat mirip dengan ZTE.

Seperti biasanya, pastikan dulu modem sudah dalam keadaan menyala dan cari lubang reset di bagian belakang modem. Jika sudah ditemukan colok lubang tersebut dengan jarum pentul dan tekan selama 5-10 detik atau sampai lampu indikator mati.

Kemudian tinggal hidupkan kembali modem, lalu masuk ke jaringan WiFi menggunakan password yang tertera di bagian bawah modem.

Setelah berhasil terhubung, buka aplikasi browser kemudian ketik IP Adress 192.168.100.1 untuk modem Huawei dan 192.186.1.254 untuk modem TP Link.

Berikutnya ketik kata ‘admin’ pada kolom username dan juga password atau jika salah kamu bisa menggantinya dengan ‘user’. Apabila sudah berhasil masuk ke halaman dashboard tinggal ganti nama berikut passwordnya.

BACA JUGA: Aplikasi Bobol Password WiFi

Gimana mudahkan? Sekian pembahasan mengenai cara reset WiFi Indihome tipe ZTE, TP Link dan Huawei, semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.