Tips & Trik

2 Cara Reset Speaker Bluetooth yang Tidak Bisa Connect ke HP

Kesel gara-gara speaker bluetooth yang baru beberapa hari dibeli tidak bisa connect ke hp? Tahan dulu jangan langsung di banting, mending simak dulu deh pembahasan cara reset speaker bluetooth yang akan Hallo GSM kupas kali ini, siapa tau speaker bluetooth kamu bisa kembali normal.

Simpel dan mudah dibawa kemana-mana menjadi salah satu alasan kenapa orang Indonesia lebih menyukai speaker bluetooth ketimbang versi kabel. Namun sama seperti barang elektronik lainnya, speaker bluetooth juga sering kali mengalami sedikit masalah.

Adapun beberapa permasalahan paling umum yang sering dikeluhkan oleh penggunanya adalah tidak bisa connect ke hp, kartu memori tidak terbaca dan sudah di charge.

Solusi terampuh untuk mengatasi beberapa permasalahan diatas adalah dengan cara meresetnya. Buat kamu yang masih pemula, berikut adalah beberapa cara reset speaker bluetooth yang aman dan sudah terbukti ampuh.

BACA JUGA: Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara Reset Speaker Bluetooth

Cara mereset speaker bluetooth bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan setiap speaker memiliki komponen dan tombol yang berbeda-beda.

Namun secara garis besar, cara untuk mereset speaker bluetooth JBL, Harman Kardon, Xiaomi, Polytron atau merek lainnya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat tombol Power dan port kecil yang tersembunyi di bagian bawah speaker.

Reset Speaker Bluetooth Lewat Port Tersembunyi

Speaker Bluetooth JBL Go 2. (IST)

Ya, cara pertama yang kamu pilih untuk mereset speaker bluetooth yang error tidak bisa connect ke hp adalah melalui tombol atau port tersembunyi yang biasanya terletak di bagian bawah speaker.

1. Langkah pertama, apabila speaker bluetooth kamu dalam keadaan menyala, silahkan matikan terlebih dahulu.

2. Selanjutnya, cari lubang kecil di bagian samping atau bawah speaker. Untuk speaker JBL, Harman Kardon dan Xiaomi biasanya port ini berada di dekat lubang charger.

3. Dalam lubang atau port tersebut biasanya tersembunyi tombol kecil yang harus ditekan, silahkan kamu gunakan peniti, jarum pentul, atau SIM ejector.

4. Tekan tombol kecil tersebut dengan benar dan tahan selama 5-7 detik sampai speaker menyala dengan sendirinya.

Dengan begitu speaker telah berhasil di reset. Kamu hanya tinggal melakukan sedikit penyetingan kembali dan setelah itu speaker siap digunakan.

Menggunakan Tombol Power

Speaker Bluetooth Harman Kardon Onyx Studio 5. (IST)

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mereset speaker bluetooth adalah melalui tombol power. Jadi jika kamu kesulitan mencari port kecil seperti yang dijabarkan di cara pertama, ini adalah alternatifnya.

1. Matikan atau nonaktifkan speaker bluetooth kamu yang error.

2. Kemudian tekan tombol Power selama 5-10 detik. Setelah itu lepaskan tombol dan diamkan selama beberapa saat.

3. Setelah itu barulah coba hidupkan kembali speaker. Jika speaker berhasil dihidupkan artinya proses reset berhasil.

BACA JUGA: Cara Reset Printer Epson L120

Itulah dua cara reset speaker bluetooth yang error tidak bisa connect ke hp. Semoga bermanfaat.