Tips & Trik

Cara Reset Mesin Cuci Samsung Semua Tipe

Cara reset mesin cuci Samsung sebetulnya sudah tercantum di manual book atau buku panduan yang sudah disiapkan dalam kotak penjualan dengan tujuan untuk mempermudah pengguna jika sewaktu-waktu mesin cuci yang dibelinya mengalami masalah.

Adapun beberapa permasalahan yang kerap dialami oleh pengguna mesin cuci Samsung tipe digital adalah tombol Start macet yang diawali dengan bunyi dua kali, water level error dan masih banyak lagi.

Jika Anda asal pencet, tentu saja hal tersebut akan menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Namun terburu-buru membawanya ke tukang service juga bukanlah solusi yang tepat, sebab bisa saja Anda harus mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit.

BACA JUGA: Cara Reset iPhone 6 Lupa Password iCloud

Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Langkah awal untuk mengatasi mesin cuci yang macet atau error sebelum dikirim ke tukang service adalah dengan mencoba memperbaikinya sendiri rumah. Tapi ingat Anda tidak boleh asal pencet apalagi asal bongkar tanpa mengikuti instruksi yang ada di manual book.

Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari buku panduan alias manual book mesin cuci Anda yang sedang error. Pada manual book silahkan Anda cari tau letak dari tombol Rinse, Spin dan Power agar tidak terjadi keraguan nantinya.

Apabila semuanya sudah siap, langsung saja hidupkan mesin cuci dengan cara menghubungkannya ke aliran listrik.

Selanjutnya, Anda harus menekan tombol Rinse + Spin + Power secara bersamaan untuk mereset program mesin cuci. Apabila proses reset berhasil semua lampu indikator yang ada di mesin cuci akan menyala serentak.

Cara reset mesin cuci Samsung tipe digital. (IST)

Kemudian matikan mesin cuci, lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, Anda hanya perlu menyalakan kembali. Dengan menekan tombol Rinse + Spin + Power semua program mesin cuci Samsung Anda akan direset dan kini siap untuk digunakan kembali.

Selain mengetahui cara reset mesin cuci Samsung, Anda pun harus mengetahui beberapa kode error yang sering dialami oleh pengguna mesin cuci Samsung khususnya tipe digital.

Adapun kode yang petama adalah error DC. Kode ini biasanya muncul saat mesin pengering tertahan atau terganjal sesuatu. Biasanya hal ini disebabkan karena pengguna memasukkan cucian melebihi kapasitas yang dianjurkan sehingga mesin pengering menjadi tidak seimbang.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup buka penutup mesin dan atur ulang distribusi pakaian ke dalam tabung. Setelah tersusun tinggal tekan tombol Start.

Lalu kode yang kedua adalah error DC yang masih berkutat pada pintu dan jika kode ini muncul maka secara otomatis mesin cuci akan berhenti berputar. Jangan panik, karena error DL biasanya terjadi karena Anda kurang rapat menutup pintu pengering.

Jika kode tersebut muncul maka mau tidak mau Anda harus mereset programnya. Pastikan semua pintu mesin sudah tertutup rapat. Kemudian tekan tombol Power untuk mematikan mesin cuci.

Selanjutnya tunggu selama 3-5 menit kemudian hidupkan kembali mesin. Selesai program telah selesai di reset dan mesin cuci siap digunakan kembali.

BACA JUGA: Cara Reset Printer Epson L120

Demikianlah uraian mengenai cara reset mesin cuci Samsung. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.