Tips & Trik

Cara Reset Mesin Cuci Polytron Zeromatic Belleza

Banyak sekali pengguna yang tidak mengetahui bagaimana cara reset mesin cuci Polytron Zeromatic sehingga mereka lebih memilih memanggil tukang servis ketimbang memperbaikinya sendiri di rumah.

Polytron Zeromatic Belleza sendiri merupakan jenis mesin cuci keluaran terbaru Polytron yang memiliki tiga varian, yaitu 8 kg, 9 kg dan 10 kg.

Sama halnya dengan barang elektronik lainnya, mesin cuci yang satu ini juga sering mengalami error saat sedang digunakan. Permasalahan paling umumnya yang sering terjadi dan banyak dikeluhkan oleh para penggunanya adalah mesin tidak menyala meski sudah menekan tombol power.

Selain itu, fitur alarm yang ada di mesin cuci Polytron Zeromatic Belleza juga sering kali tidak berfungsi meski proses pencucian telah selesai serta munculnya kode aneh seperti flnl.

Beberapa masalah di atas sebetulnya bisa diperbaiki sendiri tanpa perlu mengotak-ngatik mesin apalagi membongkarnya. Berikut ini adalah tutorial cara mereset mesin cuci Polytron Zeromatic Belleza yang error keluar tulisan flnl.

Cara Reset Mesin Cuci Polytron Zeromatic

Mesin Cuci Polytron Zeromatic. (IST)

Apabila di mesin cuci Polytron Zeromatic tiba-tiba muncul kode error fnln, flnl atau fb1t yang membuat mesin cuci mendadak tidak berfungsi, maka Anda hanya menekan sebuah tombol tertentu untuk mengatasinya.

Kode error tersebut sebetulnya merupakan sebuah isyarat yang menandakan bahwa mesin cuci Anda memerlukan reset sederhana.

1. Cabut kabel power mesin cuci dari stop kontak lalu colokan kembali. Setelah terpasang diamkan selama 2-3 menit.

2. Selanjutnya, tekan tombol Start dan On secara bersamaan. Jangan dilepaskan sampai muncul kode atau tulisan di layar mesin cuci.

3. Perhatikan beberapa tombol yang ada di mesin cuci. Di tahap ini silahkan Anda tekan tombol paling kiri. Kemudian lihat apakah mesin cuci merespon atau tidak saat tombol tersebut ditekan.

4. Kemudian diamkan selama 1-2 menit, setelah itu barulah lanjut ke cara reset mesin cuci Polytron yang selanjutnya, yaitu menekan tombol kedua dari sisi kiri.

5. Lakukan proses yang sama hingga tombol ketujuh. Setelah selesai tunggu beberapa saat kemudian matikan mesin cuci.

6. Cabut kabel power dari stop kontak untuk mendinginkan mesin dan tunggu kurang lebih selama 10 menit.

7. Apabila mesin sudah dingin barulah Anda bisa mencolokkannya kembali ke stop kontak. Tekan tombol On dan lihatlah apakah mesin cuci sudah kembali normal atau masih error.

BACA JUGA: Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara reset mesin cuci Polytron Zeromatic yang dijabarkan diatas membutuhkan kesabaran, Anda mungkin harus mencoba cara ini berkali-kali agar mesin cuci bisa kembali normal.