Tips & Trik

Cara Reset HP Samsung J2 Prime yang Paling Mudah

Lagi nyari tutorial cara reset HP Samsung J2 Prime? Nggak perlu buang-buang kuota internet untuk nonton tutorialnya di YouTube, sebab cara untuk mengembalikan Samsung Galaxy J2 Prime ke pengaturan pabrik sangatlah gampang.

Sekedar informasi, Galaxy J2 Prime merupakan salah satu smartphone Android ciptaan Samsung yang masih memiliki banyak peminat. Ya, tak sedikit masyarakat di Indonesia yang masih setia menggunakan hp Samsung J2 Prime ini.

Berbicara soal spek, Galaxy J2 Prime memiliki layar IPS LCD berdiagonal 5.0 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel, aspek rasio 16:9 dan kerapatan 220 ppi.

Di bagian atasnya terdapat kamera selfie 5 MP, logo Samsung dan speaker, sedangkan pada bezel bawahnya tersemat tombol navigasi fisik yang meliputi tombol back, home dan recent apps.

Sementara panel belakangnya dihiasi kamera tunggal 8 MP beserta satu lampu LED flash yang berguna sebagai senter dan lampu penerang saat pengguna merekam video atau mengambil foto di tempat gelap.

Lalu dari segi performa, smartphone Android satu ini diperkuat chip Mediatek MT6737T (28 nm) yang dipadukan dengan RAM 1.5 GB dan memori internal 16 GB.

Ya, kapasitas RAM dan memori internalnya memang sangat kecil, maka dari itu jangan heran jika ponsel ini sudah tidak kuat lagi untuk diajak bermain game.

Selain itu ada permasalahan lain yang sering dikeluhkan oleh penggunanya, yaitu tidak bisa menginstal aplikasi dengan alasan memori penuh, padahal semua foto dan video sudah dipindahkan ke kartu microSD.

Solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan seperti yang disebut di atas adalah meresetnya alias mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Belum tau caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Reset iPhone 6 Lupa Password iCloud

Cara Reset HP Samsung J2 Prime

Tak hanya untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan yang selalu penuh, cara reset hp Samsung J2 Prime ini juga wajib diketahui karena bisa diandalkan untuk mengatasi lupa pola, PIN atau kata sandi kunci layar.

Sebelum melakukan reset, pastikan semua foto dan videonya sudah kamu pindahkan ke kartu memori, sebab jika masih tersimpan di memori internal kamu tidak akan pernah bisa menemukannya lagi.

Hard Reset

1. Nonaktifkan hp Samsung J2 Prime kamu terlebih dahulu. Apabila sudah dalam keadaan mati, tekan tombol Power, Home dan Volume Atas (+) secara bersamaan, kamu harus menahannya sampai muncul logo robot Android berwarna hijau.

2. Nantinya, kamu akan masuk ke Mode Recovery yang mana layar sentuh tidak akan berfungsi sama sekali, tapi kamu tidak perlu panik. Pada tahap ini kamu bisa menggunakan tombol pengaturan volume sebagai navigasi.

3. Langkah penting yang harus kamu lakukan agar proses reset ini berjalan sempurna ialah mengarahkan kursor pada menu wipe data/factory reset dengan menggunakan tombol volume bawah, setelah itu tekan tombol power untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

4. Kemudian pilih Yes untuk mengkonfirmasi perintah factory reset. Setelah itu, sistem akan langsung menghapus semua data yang ada di dalam hp Samsung Galaxy J2 Prime dan mengembalikannya ke setelan pabrik.

5. Jika sudah selesai, arahkan kursor pada menu reboot system now untuk melakukan booting. Selama proses booting berlangsung kamu tidak boleh menekan tombol apapun, diamkan saja hingga prosesnya selesai.

Biasanya proses booting ini akan memakan waktu 5-7 menit. Setelah selesai, ponsel akan melakukan restart otomatis.

Reset Samsung J2 Prime Dari Menu Pengaturan

Namun jika kamu kesulitan masuk ke Mode Recovery atau ada salah satu tombol (Power, Home, Volume) yang rusak alias tidak bisa digunakan kamu bisa mencoba cara yang kedua.

Pastikan hp Galaxy J2 Prime kamu dalam keadaan nyala atau hidup. Kemudian masuk ke menu Pengaturan dan carilah menu Manajemen Umum.

Reset Galaxy J2 Prime. (SS)

Selanjutnya pilih menu Reset > Reset Data Pabrik > Reset. Selesai, kini kamu hanya tinggal menunggu hingga ponsel kembali menyala dengan sendirinya.

Cara reset Samsung J2 Prime dari Pengaturan. (SS)

BACA JUGA: Cara Reset HP Advan Lupa Pola

Bagaimana cukup mudah bukan? Sekian pembahasan mengenai cara reset hp Samsung J2 Prime ini, semoga informasinya dapat membantu.