Tips & Trik

Cara Reset HP Oppo A71 Lupa Pola Tanpa PC

Mirip seperti Xiaomi, cara reset hp Oppo A71 bisa dilakukan dengan hard reset maupun factory reset. Meski namanya berbeda fungsinya tetaplah sama, yaitu untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Oppo A71 sendiri bisa dibilang sebagai hp Android jadul, dimana pada era keemasannya smartphone satu ini sukses memantik minat konsumen Indonesia.

Bahkan hingga tahun ini pengguna Oppo A71 di Indonesia masih cukup banyak. Ya, secara spesifikasi Oppo A71 masih cukup unggul dengan ponsel lain sekelasnya.

Smartphone ini menggunakan prosesor Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 ditambah RAM 3 GB yang membuatnya masih bisa berjalan mulus untuk digunakan bermain game Free Fire.

Nah, di Indonesia sendiri hp Oppo satu ini tersedia dalam dua varian memori, yakni RAM 2 GB + memori internal 16 GB dan RAM 3 GB + memori internal 16 GB.

Sisi depannya menampilkan panel IPS LCD berukuran 5.2 inci dengan resolusi 720 x 1.280 piksel dan aspek rasio 16:9. Di sektor kamera, Oppo A71 punya dua kamera yang masing-masing terdiri dari kamera belakang 13 MP f/2.2 dan kamera selfie 5 MP f/2.4.

Bicara soal reset mereset, ada sejumlah alasan mengapa penggunanya harus mereset hp Oppo A71 mereka. Salah satunya adalah karena lupa pola atau mungkin ingin menjualnya kepada orang lain sehingga harus menghapus semua data-data yang ada di dalamnya.

Perlu diketahui juga, mereset smartphone kembali ke pengaturan pabrik juga bisa meningkat kembali kinerja ponsel. Jadi, bagi kamu pengguna hp Oppo A71 yang sudah kesal lantaran hp kamu selalu ngelag saat digunakan bermain game, reset menjadi salah satu solusi terbaik.

Cara mereset Oppo A71 pun bisa kamu kerjakan sendiri di rumah tanpa harus repot-repot mendatangi konter sehingga kamu tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

BACA JUGA: Cara Reset HP Xiaomi

Cara Reset HP Oppo A71 ke Pengaturan Awal

Factory Reset

Sebelum melakukan reset, pastikan dulu baterai hp Oppo A71 kamu minimal berada di atas 30% untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuka menu Setelan > Setelan Tambahan > Kemudian pilih menu Buat Cadangan dan Reset seperti pada gambar berikut ini.

Factory Reset Oppo A71. (IST)

Langkah selanjutnya, silahkan kamu klik menu ‘Hapus Semua Data Aplikasi dan Aplikasi yang Dapat Dibongkar‘, jika kamu tidak mau kehilangan foto dan juga file musik > OK

.

Cara mereset hp Oppo. (IST)

Namun jika kamu ingin menghapus semua data yang ada hingga benar-benar kosong, silahkan pilih menu ‘Hapus Semua Konten dan Pengaturan‘ lalu klik OK.

Secara otomatis, hp Oppo A71 kamu akan mereset ulang. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 5-10 menit.

Hard Reset

Sama seperti cara pertama, sebelum melakukan reset dengan cara ini pastikan juga hp Oppo A71 kamu memiliki baterai tersisa minimal 30%.

Nah, hard reset sendiri biasanya banyak dipakai oleh pengguna yang terpaksa harus mereset smartphone mereka lantaran lupa pola.

  • Pertama-tama, silahkan nonaktifkan hp kamu terlebih dahulu dengan cara menekan tombol power yang berada di sisi kanan perangkat.
  • Jika sudah, tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan. Tahan hingga layar menampilkan logo Oppo.
Hard Reset Oppo A71 2018. (IST)
  • Secara otomatis kamu akan memasuki Mode Recovery. Agar lebih mudah, silahkan kamu pilih English.
  • Berikutnya, pilih menu Wipe Data and Cache lalu tekan Yes untuk mengkonfirmasi.
Hard Reset HP Oppo A71. (IST)
  • Tunggu sampai proses wiping selesai. Terakhir tinggal Reboot hp Oppo A71 kamu dan secara otomatis sistem akan melakukan booting.

BACA JUGA: Cara Reset HP Vivo Lupa Pola

Proses booting tersebut biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit, silahkan kamu tunggu dan jangan apa-apakan smartphone hingga proses booting benar-benar selesai.