Tips & Trik

Cara Reset HP Advan Lupa Pola Tanpa Harus Pergi ke Konter

Sama seperti merek lain, cara reset hp Advan lupa pola juga bisa kita lakukan sendiri di rumah tanpa memerlukan bantuan perangkat PC atau laptop. Namun apabila kamu merasa takut gagal dan malah terjadi hal-hal yang tidak inginkan, maka alangkah baiknya kamu membawanya ke tukang service atau ke konter hp terdekat.

Masalah lupa pola, PIN ataupun password layar bukanlah hal yang menakutkan. Namun tetap ada resiko yang harus diterima, yaitu kehilangan semua data termasuk aplikasi, file, foto dan video yang ada didalamnya.

Namun selagi kamu menyimpannya di kartu SD maka hal tersebut dipastikan tidak akan jadi masalah. Sebab file yang tersimpan di kartu SD tidak akan ikut terhapus.

Advan sendiri merupakan brand smartphone lokal Indonesia yang telah melahirkan berbagai produk berkualitas dengan harga murah khusus smartphone dan tablet.

Bagi pemilik hp Advan yang kebetulan sedang mengalami masalah lupa pola, PIN atau password layar berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

BACA JUGA: Cara Reset HP Oppo A71 Lupa Pola

Cara Reset HP Advan Lupa Pola

Melalui Aplikasi Google Find My Device

Aplikasi Android Manager. (SS/Google)

Selain berguna untuk melacak lokasi hp yang hilang, aplikasi Google Find My Device juga dapat membantu kamu untuk menghapus pola layar. Jadi dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir kehilangan data.

1. Untuk menggunakannya kamu bisa meminjam hp teman atau keluarga kamu. Caranya cukup instal aplikasi Google Find My Device di hp tersebut.

2. Setelah berhasil terpasang langsung saja kamu buka aplikasinya dan login menggunakan akun Google yang terhubung dengan hp Advan kamu. Jadi akun Google yang digunakan harus sama tidak boleh berbeda.

3. Nantinya akan muncul tampilan dan merek hp Advan kamu lengkap dengan nomor model, lokasi serta waktu aktif terakhir.

4. Agar bisa menghilangkan pola, klik menu Secure Device atau Lock. Setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman pembuatan pola baru. Silahkan kamu buat pola yang mudah diingat dan jika sudah selesai klik tombol Lock.

5. Selesai, kini kamu bisa menggunakan pola yang baru dibuat tadi untuk membuka kunci layar hp Advan.

Cara Hard Reset HP Advan Lupa Pola

Namun jika kamu tidak ingat akun Google yang digunakan untuk login di hp Advan yang terkunci jangan buru-buru panik, sebab masih ada cara lain untuk mengatasinya, yaitu melalui Hard Reset.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa selain bisa menghapus pola cara ini juga akan membersihkan semua file yang ada di hp Advan kamu sampai benar-benar bersih.

  • Pertama, pastikan dulu hp Advan kamu yang terkunci memiliki baterai minimal 30-40%. Jika kurang, silahkan kamu charge terlebih dahulu.
  • Nonaktifkan atau matikan hp Advan kamu, kemudian tekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan dan tahan selama 5-10 detik sampai muncul logo robot Android.
  • Nantinya kamu akan masuk ke Mode Recovery, disini touchscreen atau layar sentuh hp Advan kamu tidak akan berfungsi sama sekali. Tapi jangan panak, kamu bisa menggunakan tombol pengatur volume sebagai navigasi dan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Silahkan kamu arahkan kursor pada menu Wipe Data/Factory Reset dan konfirmasi dengan cara menekan tombol power, kemudian pilih Yes, Delete All User Data.
  • Tunggu proses reset selesai, lalu pilih menu Reboot System Now. Pada tahap ini hp Advan kamu akan melakukan restart dengan sendirinya.

Tunggu hingga muncul logo Advan dan masuk ke halaman utama sistem. Lihat hasilnya, pola sudah terhapus bukan?

BACA JUGA: Cara Reset HP Oppo Lupa Password

Itulah dua cara reset hp Advan lupa pola yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga berhasil.