Tips & Trik

Cara Reset Akun Google Akibat Lupa Email Atau Password

Cara reset akun Google sebetulnya cukup sederhana asal dilakukan sesuai produser yang berlaku. Kamu dapat mereset akun Google lewat perangkat smartphone, laptop atau PC.

Ada beberapa penyebab mengapa kita harus mereset akun Google, salah satunya adalah karena lupa email ataupun password.

Akun Google sendiri memiliki peran yang sangat penting terutama bagi pengguna hp Android. Sebab, tanpa adanya akun Google pengguna Android tidak akan bisa berbuat apa-apa.

Ya, tanpa akun Google hp Android dipastikan hanya sekedar bisa digunakan untuk mengirim dan menerima SMS atau melakukan panggilan telepon saja.

Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi penting seperti Google Play Store, Gmail dan Google Drive hanya bisa diakses jika sudah login dengan akun Google.

Selain itu, akun Google juga biasanya banyak ditautkan ke berbagai akun sosial media mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Nah, jika pada saat ini kamu sedang mengalami masalah lupa email ataupun password akun Google, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa memulihkannya kembali.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Gmail

Cara Reset Akun Google

Lupa Email Akun Google

  • Jika kamu benar-benar lupa dengan email akun Google, silahkan buka aplikasi browser yang ada di perangkat kamu dan masuk ke laman https://accounts.google.com/ServiceLogin/.
  • Setelah itu, klik tombol Lupa Email seperti pada gambar berikut ini.
Lupa email akun Google. (SS)
  • Masukkan nomor hp yang kamu pergunakan untuk mendaftar akun Google sebelumnya. Tapi, pastikan nomor hp tersebut masih aktif agar prosesnya jadi lebih gampang.
Cek email Google. (SS)
  • Masukkan nama depan dan nama belakang kamu. Ingat nama yang dimasukkan harus sesuai seperti saat pertama kali melakukan pendaftaran.
Cara cek email sendiri. (SS)
  • Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. klik tombol Kirim lalu masukkan kode tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
Cara mencari akun Gmail yang lupa. (SS)
  • Secara otomatis email akun Google kamu akan langsung dimunculkan di layar. Tinggal klik akun Google kamu dan masukkan kata sandinya. Selesai kini kamu sudah berhasil login kembali.

Lupa Password Akun Google

Tapi apa jadinya, jika password atau kata sandinya pun tidak ingat sama sekali. Tenang, karena masih ada cara untuk mengatasinya.

  • Pertama buka aplikasi browser di hp kamu, lalu buka situs https://accounts.google.com/ServiceLogin/.
  • Ketikkan alamat email akun Google kamu dan klik tombol Berikutnya lalu klik Lupa Sandi.
  • Nah, jika kamu sudah pernah mencantumkan email pemulihan, maka kamu dapat menggunakannya untuk mendapatkan kode verifikasi. Klik tombol Kirim.
  • Setelah itu tinggal masukkan kode verifikasi yang kirim ke email pemulihan tersebut.

Lalu bagaimana jika alamat email pemulihannya lupa? Masih ada jalan lain, yaitu dengan mengklik tombol Coba Cara Lain.

Adapun cara lain yang dimaksud adalah melakukan verifikasi melalui nomor hp yang sudah kamu daftarkan bisa melalui SMS atau panggilan telepon, tinggal kamu pilih sesuai keinginan.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP

Namun cara reset password akun Google ini akan berjalan dengan lancar jika kamu sudah pernah mencantumkan email pemulihan atau menambahkan nomor hp.