Tips & Trik

Cara Rekam Layar Laptop Paling Mudah dan Cepat

Kamu yang hobi bermain game online, tentu ingin mengabadikan keseruan bermain game dengan cara rekam layar laptop, HP, atau komputer sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Ya, merekam layar bukan hanya bisa dilakukan di HP saja. Di laptop atau komputer juga bisa. Tujuan merekam layar adalah untuk merekam sejumlah aktivitas yang dilakukan saat penggunaan.

Selain untuk merekam saat bermain game, pengguna juga biasanya ingin merekam layar ketika mengikuti seminar online agar tidak ketinggalan materi, melakukan tutorial, ataupun yang lainnya.

Merekam layar bisa dilakukan melalui beberapa metode. Bisa dengan aplikasi atau bahkan tanpa aplikasi. Semua metode bisa disesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan.

Biasanya, laptop sudah dilengkapi dengan fitur perekam layar bawaan yang bisa langsung digunakan, sama halnya dengan smartphone.

Dengan ini, pengguna bisa dengan mudah melakukan perekaman layar laptop tanpa perlu repot mengunduh dan menginstal aplikasi perekam layar terlebih dahulu.

Fitur perekam layar bawaan tersedia pada laptop dan komputer dengan Windows 7, 10, dan 11. Sementara versi Windows yang lebih lawas tidak mendukungnya. Sehingga, untuk merekam layar, penggunanya memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nah, pada artikel kali ini, Hallo GSM akan mengulas cara rekam layar laptop yang bisa dilakukan oleh pengguna Windows 7 hingga 11 tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Langsung saja, simak tutorial lengkapnya di bawah ini, ya, guys!

Cara Rekam Layar Laptop

Untuk melakukan perekaman layar pada laptop ataupun komputer, pastikan fitur Xbox Game Bar pada Pengaturan aktif. Untuk memastikannya, masuk ke menu Settings > Gaming.

Setelah itu, cek apakah tombol slider dalam keadaan aktif atau tidak. Jika tidak, klik tombol slider

tersebut hingga aktif.

Setelah fitur bawaan tersebut aktif, waktunya untuk merekam layar. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa kamu ikuti.

  • Siapkan tampilan yang ingin kamu rekam.
  • Tekan tombol Windows + G secara bersamaan.
  • Nantinya, akan muncul pop-up.
  • Klik ikon bulat untuk memulai perekaman.
  • Lakukan aktivitas seperti tujuan awal untuk merekamnya.
  • Jika perekaman sudah cukup, klik ikon berbentuk kotak.
  • Selesai. Hasil perekaman layar akan tersimpan secara otomatis di folder Video > Captures.

Jika kamu ingin melakukan rekan layar laptop dengan cara yang jauh lebih mudah, kamu bisa menekan kombinasi tombol Windows + Alt + R.

Otomatis, fitur perekaman layar akan muncul dan langsung merekam. Untuk menghentikannya, klik Stop Record. Setelah itu, hasil perekaman akan tersimpan secara otomatis dan kamu bisa membagikannya ke media sosial.

BACA JUGA: Cara Cek Versi Windows yang Digunakan di Laptop atau Komputer

Itulah cara rekam layar laptop yang paling mudah dan praktis tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Tunggu apa lagi? sekarang giliran kamu mempraktikkannya. Selamat mencoba!