Tips & Trik

Cara Pasang Tempered Glass di HP Anti Gagal

Harus memasang Tempered Glass (TG) sendiri? Tenang saja, karena cara pasang Tempered Glass di HP bisa lebih mudah dengan mengikuti panduannya.

Tempered Glass atau anti gores kaca merupakan pelindung yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone untuk memberikan perlindungan ekstra umumnya di area layar.

Berbeda dengan anti gores plastik, TG menawarkan perlindungan yang lebih besar. Tak heran jika anti gores kaca banyak dipilih pengguna untuk melindungi layar smartphone yang rentan terhadap goresan dan retak.

Tempered Glass bisa didapatkan di konter HP, toko aksesoris smartphone dan juga dari e-commerce. Ketika membeli TG di toko aksesoris atau konter HP, biasanya akan dipasangkan langsung oleh pegawai atau pemilik toko.

Namun berbeda halnya jika kamu membeli TG dari toko online. Mau tidak mau, kamu yang harus memasangnya sendiri.

Tidak perlu ragu atau takut untuk memasang anti gores kaca sendiri. Pasalnya, cara memasangnya tidak sesulit seperti yang dibayangkan.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencontoh dari tutorial yang sudah ada.

Tanpa berlama-lama, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial memasang Tempered Glass di HP sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Pasang Tempered Glass

Simak tahapan yang perlu dilakukan untuk memasang TG dari awal hingga akhir di bawah ini.

Bersihkan Layar HP dengan Wet Wipe

Sebelum memasang TG, langkah pertama yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan adalah membersihkan permukaan layar terlebih dahulu.

Pastikan layar terbebas dari debu, dan kotoran yang menempel menggunakan wet wipe atau lap basah yang sudah tersedia pada TG.

Keringkan Layar dengan Dry Wipe

Setelah layar benar-benar bersih, langkah selanjutnya sebelum melakukan cara pasang Tempered Glass di HP adalah dengan mengeringkan layar menggunakan dry wipe atau lap kering yang juga tersedia di kemasan TG.

Pastikan layar kering tanpa ada cairan wet wipe yang tersisa. Jika layar tidak kering dengan sempurna, TG sangat berpotensi tidak terpasang dengan benar yang ditandai dengan adanya gelembung.

Jika TG dilengkapi dengan duster atau kain lap, gunakan untuk mengangkat debu yang masih tersisa setelah layar dibersihkan menggunakan wet wipe dan dry wipe.

Setelah layar bersih dan kering, kamu tinggal memasangkan Tempered Glass ke layar HP kamu dengan langkah berikut.

Buka Lapisan Pelindung TG

Lepaskan satu sisi lapisan pelindung Tempered Glass yang berupa film plastik. Buka dengan hati-hati dan pastikan bagian anti gores kaca tidak kamu pegang.

Selama proses pembukaan lapisan, pegang tepi TG agar tidak meninggalkan bekas sidik jari pada permukaannya.

Posisikan TG pada Layar

Setelah satu sisi lapisan pelindung dibuka, posisikan TG hingga sesuai dengan layar. Pastikan posisi atas dan bawah tidak terbalik.

Pastikan posisinya sejajar dengan komponen yang ada di layar HP, seperti speaker, kamera selfie, dan lain-lain.

Pasang Tempered Glass dengan Benar

Setelah posisinya sesuai, pasang TG pada layar dengan menekan dengan perlahan pada bagian tengah.

Setelah itu, biarkan permukaan perekat menempel dengan sendirinya. Pastikan tidak ada gelembung udara setelah anti gores terpasang.

Jika ada, dorong gelembung tersebut ke bagian tepi layar menggunakan kain microfiber atau kartu dengan perlahan.

Setelah satu sisi terpasang, buka lapisan pelindung lainnya dan tempelkan pada layar dengan langkah yang sama. Setelah anti gores kaca menempel dengan sempurna, lap permukaannya dengan kain kering dan bersih agar tidak ada sidik jari yang terisisa dari proses pemasangan.

BACA JUGA: Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis, Perhatikan Hal Ini!

Nah, itulah cara pasang Tempered Glass di HP yang perlu diketahui. Kini, kamu bisa memasang TG sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga membantu.