2 Cara Merekam Video Call WhatsApp Secara Otomatis

Cara merekam video call WhatsApp secara otomatis bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun berhubung WhatsApp tidak menyediakan fitur perekaman secara langsung di dalam aplikasinya, maka mau tidak mau kamu harus menggunakan yang namanya aplikasi perekam layar.

Nah, di beberapa smartphone keluaran terbaru biasanya sudah disediakan fitur perekam layar bawaan, dimana kamu bisa mengaktifkannya secara mudah dari bar notifikasi.

Jika kamu ingin tau cara merekam video call WA secara otomatis tanpa aplikasi, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Merekam Video Call WhatsApp Secara Otomatis

Tanpa Aplikasi

Ya, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kamu bisa merekam video call di WA tanpa aplikasi tambahan. Tapi sebelumnya pastikan dulu, smartphone yang kamu miliki sudah dibekali fitur perekam layar bawaan.

Tentu saja tidak semua smartphone memiliki fitur perekam layar, kecuali di iPhone atau hp Android dengan sistem operasi Android 10 ke atas.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah smartphone yang kita miliki sudah didukung oleh fitur perekaman layar atau tidak? Pertama, kamu bisa mengeceknya dari bar notifikasi, fitur perekaman layar biasa akan secara default terpasang di sana.

Fitur perekaman layar Android 10
Fitur perekaman layar Android 10. (SS)

Jika tidak ada kamu juga bisa mengeceknya dari menu Pengaturan lalu ketik ‘Screen Recorder‘ atau ‘Perekam Layar‘ pada kolom pencarian yang ada di menu Pengaturan. Apabila hasilnya tidak ditemukan, mungkin kamu kurang beruntung.

Untuk menggunakannya, kamu hanya tinggal mengaktifkan fitur perekam layar saat sedang melakukan video call, hasil rekamannya akan otomatis tersimpan di Galeri.

Lantas gimana buat yang tidak support alias belum dibekali fitur perekam layar bawaan. Jangan berkecil hati, sebab kamu masih bisa merekam video call WhatsApp dengan batuan aplikasi perekam layar yang bisa diunduh secara cuma-cuma dari Google Play Store.

Penasaran? Berikut adalah cara merekam video call WA menggunakan aplikasi perekam layar tambahan.

BACA JUGA: Cara Mengubah WhatsApp Android Menjadi iPhone

Menggunakan Aplikasi Rekam Layar Pihak Ketiga

Seperti diketahui, di Google Play Store sudah ada ratusan atau bahkan ribuan aplikasi rekam layar dengan keunggulannya masing-masing.

Untuk mempermudah, Hallo GSM merekomendasikan aplikasi perekam layar hp yang bernama Mobizen. Sebab selain aplikasinya yang ramah ruang penyimpanan, Mobizen juga memungkinkan kamu untuk dapat merekam layar dengan resolusi tinggi.

Bahkan kamu juga bisa memilih opsi untuk menyertakan suara (audio) berdasarkan konten yang muncul di layar tanpa bercampur dengan suara eksternal.

  • Pertama kamu hanya perlu menginstal aplikasi Mobizen di smartphone yang akan digunakan.
  • Jika sudah terpasang dengan sempurna, kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasinya.
  • Ikuti semua instruksi yang muncul di layar, hingga aplikasinya siap untuk digunakan.
  • Untuk memulai perekaman kamu bisa mengklik icon kamera berwarna orange yang muncul di layar, sementara untuk menghentikan perekaman klik icon warna merah.
  • Selesai, kamu bisa mengecek hasilnya di Galeri.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Nomor Luar Negeri Untuk WhatsApp

Jadi itulah cara merekam video call WhatsApp secara otomatis dengan atau tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber