Tips & Trik

2 Cara Menonton YouTube di TV Tanpa Kabel

Cara menonton YouTube di TV tak serumit dengan apa yang kamu pikirkan, apalagi di zaman serba canggih seperti sekarang ini sudah ada begitu banyak alat yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan tersebut.

Gimana apakah kamu merasa tertarik? Jika iya, berikut adalah beberapa cara paling mudah yang dapat kamu coba untuk bisa nonton atau streaming YouTube di TV.

Cara Menonton YouTube di TV

Sebelum melakukan eksekusi pastikan dulu TV yang ada di rumah kamu memiliki port HDMI atau USB. Kenapa? Sebab trik yang akan dibahas kali ini membutuhkan perangkat tambahan agar TV bisa terhubung ke jaringan internet.

Gunakan Miracast

Jadi cara nonton YouTube di TV yang pertama adalah dengan memanfaatkan teknologi Miracast. Bagi yang belum tahu, Miracast adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan screen mirroring. Dengan teknologi ini kamu dapat menampilkan layar hp ke televisi tanpa kabel.

Namun untuk menggunakannya kamu memerlukan sebuah alat tambahan seperti MiraScreen atau Dongle Anycast yang harus dicolokkan ke port HDMI yang ada di televisi.

Harga Anycast HDMI Dongle. (SS)

Harga Dongle Anycast sendiri cukup terjangkau mulai dari Rp 60-100 ribuan. Belinya dimana? Kamu bisa mengunjungi toko elektronik terdekat atau membelinya secara online dari e-commerce favorit. Selain Anycast kamu juga harus menginstal sebuah aplikasi bernama Miracast – Wifi Display

di smartphone.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Cara Menggunakan Anycast dari HP ke TV

Caranya penggunaanya cukup simpel, kamu hanya tinggal mencolokan Anycast ke port HDMI yang biasanya terletak di bagian samping di belakang televisi. Periksa dengan teliti apakah Anycast sudah terpasang dengan benar atau belum.

Kemudian pencet tombol kecil yang ada di Anycast, setelah itu masuk ke menu Pengaturan atau Settings di hp kamu, lalu carilah menu WiFi dan masukan Nama SSID beserta kata sandinya sesuai dengan yang muncul pada layar televisi.

Selanjutnya, masuk ke aplikasi Miracast – Wifi Display yang sudah kamu instal tadi. Agar prosesnya berjalan dengan lancar pastikan hp yang kamu gunakan terkoneksi dengan jaringan internet.

Aplikasi screen mirroring. (SS)

Proses penyambungan ini biasanya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, hanya dalam hitungan menit bisanya televisi akan menampilkan layar mirror sesuai dengan apa yang muncul di hp.

Selesai, dengan begitu kamu bisa nonton YouTube, Netflix ataupun bermain game online di layar yang lebih besar.

Melalui Android TV Box

Cara nonton YouTube di TV tanpa kabel yang selanjutnya adalah menggunakan Android TV Box. Perangkat ini memungkinkan kamu untuk menyulap TV jadul menjadi layaknya sebuah smart TV.

Ya, ada beberapa Android TV Box keluaran brand-brand ternama yang bisa berfungsi dengan normal bahkan di TV yang tidak memiliki port HDMI. Nantinya, alat ini dapat menampilkan berbagai macam aplikasi seperti YouTube, Netflix, Play Store dan Chromecast.

Harga Android TV Box. (SS)

Pantauan Hallo GSM dari berbagai toko online, saat ini ada Android TV Box murah yang dijual dengan harga Rp 250 ribuan saja dan itu sudah support untuk nonton YouTube di resolusi 1080p.

BACA JUGA: Cara Menambahkan Subtitle di YouTube

So, itulah 2 cara menonton YouTube di TV tanpa kabel yang bisa kamu pilih. Apabila TV yang kamu miliki sudah menyedikan port HDMI bisa menggunakan Anycast Dongle, sebaliknya jika belum ada port HDMI silahkan beli Android TV Box.