Tips & Trik

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara di HP Android

Terganggu dengan notifikasi dari aplikasi perpesanan atau media sosial ketika sedang sibuk dan dikejar deadline seringkali menjengkelkan dan hal itu membuat banyak orang mencari cara menonaktifkan WhatsApp sementara.

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan instan yang sudah seperti kebutuhan sehari-hari bagi kebanyakan pengguna smartphone.

Aplikasi yang familiar disebut dengan WA ini menawarkan fitur sederhana namun efektif untuk melakukan komunikasi.

Namun, penggunaan yang terlalu berlebihan pastinya membuat salah satu pihak pengguna menjadi tidak nyaman. Dan akhirnya, memilih untuk menonaktifkannya sementara waktu.

Hal tersebut bisa memberikan ruang untuk lebih fokus pada aktivitas yang tengah menjadi prioritas, seperti pekerjaan, atau bahkan sedang meluangkan waktu untuk menenangkan diri.

WhatsApp tidak seperti halnya media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau yang lainnya yang ketika pengguna ingin berhenti menggunakannya tinggal logout saja.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa harus menghapus aplikasinya? Langsung saja, ini dia langkah-langkah untuk menonaktifkan WA sementara waktu bagi pengguna Android.

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara

Tiga cara di bawah ini bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan jaringan internet. Untuk menonaktifkan WA dengan cara di bawah ini, pengguna tidak perlu repot mengunduh aplikasi apapun.

Paksa Berhenti Melalui Pengaturan

Cara yang lebih praktis untuk menonaktifkan WA adalah dengan memberhentikan aplikasi pada Pengaturan. Pengguna tidak perlu repot-repot mencopot kemudian mengunduh kembali WhatsApp.

Menariknya lagi, cara ini bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan jaringan internet. Berikut ini caranya.

  • Buka Pengaturan atau Settings.
  • Pilih Aplikasi.
  • Cari dan klik WhatsApp pada menu Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Setelah itu, klik tombol Paksa Berhenti WhatsApp.
  • Selesai.

Batasi Penggunaan Data

Dengan membatasi penggunaan data pada WhatsApp, ketika penggunaan data mencapai batas, maka pengguna tidak akan menerima notifikasi ataupun panggilan.

  • Masuk ke Pengaturan yang ada pada perangkat.
  • Kemudian, klik Aplikasi > Manajemen Aplikasi.
  • Pilih Mobile data, lalu nonaktifkan Allow background data usage.

Nonaktifkan Notifikasi

Jika tidak ingin menonaktifkan aplikasinya, pengguna yang terganggu dengan banyaknya notifikasi atau panggilan bisa dengan menonaktifkan notifikasinya saja.

Cara menonaktifkan notifikasi dari aplikasi WhatsApp juga cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk menonaktifkannya.

  • Buka Pengaturan atau Settings.
  • Pilih Aplikasi.
  • Cari dan klik WhatsApp yang digunakan.
  • Kemudian, klik Kelola Notifikasi.
  • Lalu, sesuaikan pengaturan notifikasi sesuai dengan keinginan.
    Pengguna bisa menonaktifkan notifikasi grup, pesan dari perorangan, mengganti nada dering, ataupun yang lainnya.

Dengan begitu, pengguna tidak akan menerima notifikasi apapun dari aplikasi WhatsApp dan bisa menjalankan aktivitas dengan nyaman tanpa gangguan.

BACA JUGA: 3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus, Mudah!

Nah, itulah beberapa cara menonaktifkan WhatsApp sementara yang bisa dilakukan oleh pengguna HP Android. Semoga bisa membantu.