Tips & Trik

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel, Mudah dan Dijamin Berhasil

Cara menonaktifkan NSP Telkomsel bisa dilakukan dengan mudah melalui dua metode. Anda bisa melakukannya hanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Jadi, simak hingga tuntas untuk mengetahui cara yang lebih mudah dan efektif.

Sebagai informasi, NSP atau Nada Sambung Pribadi merupakan salah satu fitur dari Telkomsel yang memungkinkan penggunanya untuk mempersonalisasi nada sambung ketika melakukan panggilan.

Dalam layanan ini, pelanggan Telkomsel dapat mengganti nada tunggu menjadi lebih menarik dan tidak membosankan ketika ditelpon oleh orang lain.

Sehingga, ketika pengguna lain menghubungi nomor Telkomsel yang sudah berlangganan NSP, nada tunggu yang tadinya berbunyi “tut.. tut.. tut” akan berganti menjadi suara atau lagu.

NSP Telkomsel bisa diaktifkan melalui sistem berlangganan dengan biaya yang diambil dari potongan pulsa. Biayanya berbeda-beda tergantung dari masa aktifnya.

Pengguna Telkomsel baik prabayar maupun pascabayar bisa mengaktifkan layanan NSP melalui SMS ke nomor 1212.

Meskipun NSP sangat menarik, akan tetapi banyak pengguna Telkomsel yang merasa pulsanya seringkali berkurang secara tiba-tiba. Hal tersebut disebabkan karena pengguna berlangganan NSP dan secara otomatis diperbarui.

Ya, masa aktif NSP akan diperbarui secara otomatis apabila pengguna memiliki pulsa yang cukup. Jadi, selama pengguna memiliki pulsa, maka langganan NSP akan diperpanjang dan pulsa tersebut akan terpotong.

Nah, jika Anda juga termasuk pengguna Telkomsel yang berlangganan NSP dan ingin menghentikannya, berikut Hallo GSM sajikan cara menonaktifkan NSP Telkomsel sebagaimana dilansir dari situs resmi nsp.telkomsel.com dan sumber lainnya.

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel dengan Mudah

Melalui UMB dengan Menghubungi *121*9#

  • Buka aplikasi Panggilan atau Telepon yang ada di smartphone Anda.
  • Kemudian, ketik kode *121*9#.
  • Lalu, tekan ikon telepon untuk menghubunginya.
  • Selanjutnya, pilih menu nomor 4 yakni Berhenti Langganan NSP.
  • Pilih NSP yang hendak dinonaktifkan.
  • Setelah itu, ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan permintaan berhenti berlangganan NSP.

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Melalui SMS

  • Buka aplikasi SMS atau Pesan pada smartphone Anda.
  • Buat pesan baru dengan mengklik ikon plus (+).
  • Ketik pesan dengan format OFF (spasi) ALIAS LAGU.
  • Setelah itu, kirim ke nomor tujuan yakni 1212.
  • Selanjutnya, Anda perlu menunggu konfirmasi atau SMS balasan dari operator Telkomsel.

Langkah tersebut dilakukan untuk menonaktifkan NSP tertentu. Jika Anda berlangganan lebih dari satu NSP dan ingin menonaktifkan semuanya, Anda bisa mengirim SMS dengan ketik OFF dan kirim ke 1212.

Selain dengan menggunakan dua cara tadi, Anda juga bisa menonaktifkan NSP dengan cara tidak mengisi ulang pulsa dalam periode masa tenggang berlangganan.

Jika Anda tidak memiliki pulsa yang cukup untuk memperpanjang langganan NSP, maka otomatis NSP akan masuk ke masa tenggang selama 60 hari.

Dan jika hingga masa tenggang pulsa masih tidak cukup, maka NSP otomatis akan dinonaktifkan.

BACA JUGA: Tak Perlu Ganti Kartu, Begini Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Demikian informasi mengenai cara menonaktifkan NSP Telkomsel. Anda bisa memilih tiga metode yang telah dijelaskan tadi yang dianggap mudah. Semoga bermanfaat.