Cara Mengunci WhatsApp Pakai Sidik Jari Tanpa Aplikasi di Android

Banyak pengguna yang penasaran dengan cara mengunci WhatsApp (WA) dengan sidik jari atau fingerprint tapi tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Apakah kamu salah satunya?

Perlu kamu tahu, bahwa WhatsApp memiliki fitur yang sangat berlimpah, salah satunya adalah fitur kunci sidik jari. Dengan fitur ini, pengguna diharuskan melakukan pemindaian sidik jari untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Kehadiran fitur fingerprint ini sebagai langkah privasi tambahan, sehingga orang lain tidak mudah membuka aplikasi WhatsApp-mu yang mungkin berisi banyak percakapan yang bersifat pribadi.

Jadi, kamu bisa mengunci aplikasi WhatsApp tanpa perlu menginstall aplikasi kunci aplikasi lainnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk pengguna yang memiliki ponsel dengan kapasitas kecil.

Cara mengaktifkan fitur kunci sidik jari di WhatsApp ini sangatlah mudah, semua pengguna dijamin bisa melakukannya dengan lancar tanpa ada hambatan.

Kebetulan pada kesempatan kali ini HALLO GSM telah menyiapkan tutorial cara mengunci WA dengan fitur kunci sidik jari yang dihadirkan aplikasi tersebut.

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari di Android

Langsung saja, berikut ini cara mengunci WA dengan fingerprint tanpa aplikasi tambahan. Simak baik-baik satu persatu langkahnya jangan sampai ada yang terlewat!

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi WhatsApp yang terinstall di HP kamu.
  • Setelah itu, klik simbol titik tiga vertikal di pojok kanan atas layar > pilih opsi Setelan > Akun.

Cara Membuka Setelan WhatsApp

  • Lalu pilih menu Privasi. Di menu Privasi ada banyak opsi menu untuk mengatur siapa yang bisa melihat informasi pribadi kamu, mulai dari last seen, foto profil, info, status, laporan dibaca, dan lainnya.
  • Silakan gulir layar ke bawah dan klik opsi Kunci sidik jari untuk mengaktifkan fitur sidik jari di WhatsApp.

Mengaktifkan Kunci Sidik Jari

  • Aktifkan toggle Buka kunci dengan sidik jari dan silakan verifikasi sidik jari kamu. Setelah ini, fitur sidik jari pun sudah aktif.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp

  • Selanjutnya, silakan atur waktu kapan WhatsApp aka mengunci akunmu. Terdapat 3 opsi yang dipilih, ada Segera, 1 menit, dan 30 menit.

Sidik Jari WhatsApp

Sebagai catatan, walaupun fitur sidik jari telah aktif, pengguna tetap bisa menjawab panggilan telepon ata video ketika aplikasi dalam keadaan terkunci.

Lalu, fitur kunci sidik jari WhatsApp ini hanya tersedia pada ponsel Android yang dilengkapi sensor sidik jari yang menjalankan Android 6.0+ yang mendukung API sidik jari Google.

Jika merasa kurang nyaman setelah coba mengunci aplikasi WhatsApp dengan fitur sidik jari, kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut kapan saja ketika ingin.

Caranya tentu hampir sama dengan cara mengaktifkannya, kamu cukup melakukan langkah-langkah yang sama seperti tutorial di atas lalu nonaktifkan toggle Matikan buka kunci dengan sidik jari. Selesai!

BACA JUGA: Cara Mengubah WhatsApp Android Menjadi iPhone dengan Mudah

Demikianlah cara mengunci WhatsApp biasa dengan sidik jari tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga sekaligus cara menonaktifkannya. Semoga bermanfaat!

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber