Tips & Trik

Mudah! Begini Cara Mengunci Grup WA agar Hanya Admin yang Bisa Kirim Pesan

Di dalam grup yang berisi banyak anggota, sangat disarankan untuk menggunakan cara mengunci grup WA agar grup tetap kondusif.

Saat ini, bisa dipastikan hampir semua pengguna smartphone mengetahui aplikasi yang namanya WhatsApp.

Aplikasi ini bahkan dianggap wajib ada di setiap smartphone. Aplikasi pesan instan ini selain memiliki tampilan sederhana yang mudah digunakan, namun juga memiliki fitur-fitur menarik yang cukup lengkap.

Pada dasarnya, WhatsApp memang diperuntukkan bagi keberlangsungan komunikasi antar penggunanya.

Melalui WhatsApp, pengguna bisa mengirim pesan dengan cepat dan mudah, serta melakukan panggilan suara ataupun video dengan praktis.

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Diantara banyaknya fitur yang tersedia, WhatsApp grup merupakan salah satu fitur WhatsApp yang banyak digunakan.

Biasanya, grup WA dibuat untuk menampung peserta seminar, lomba, agen sebuah produk, online shop, grup sekolah, alumni, dan lain sebagainya.

Dengan adanya grup, penyampaian informasi atau proses musyawarah antara pengguna WhatsApp bisa jauh lebih efektif dan efisien.

Untuk grup yang khusus menyampaikan informasi, biasanya penguncian grup akan diberlakukan oleh pembuat atau admin dari grup tersebut.

Adanya keleluasaan bagi admin grup untuk mengunci grup sangat berguna untuk membuat kondisi grup tetap kondusif.

Secara, banyaknya anggota grup dengan pikiran dan argumen peserta grup yang tentunya berbeda-beda, pastinya membuat banyak pesan masuk yang membuat grup menjadi riuh.

Tak jarang, informasi penting yang seharusnya difokuskan tidak tersampaikan dengan baik.

Dengan mengunci grup, bisa dipastikan suasana grup akan selalu kondusif. Pasalnya, semua anggota tidak memiliki akses untuk mengirim pesan.

Hanya kontak yang menjadi admin yang bisa mengirim pesan di grup tersebut. Anggota hanya bisa menyimak setiap pesan yang dikirimkan oleh admin grup.

Untuk kamu yang memiliki grup WhatsApp dan ingin mengunci grup tersebut, pastikan simak artikel ini hingga selesai, ya!

Cara Mengunci Grup WA

Untuk mengunci grup, dimana kamu berstatus sebagai admin di dalamnya, kamu bisa mengunci grup tersebut dengan mengubah setelan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengunci grup WA tentunya dengan membuka aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.
  • Pada halaman Chat, klik nama grup yang ingin kamu kunci.
  • Setelah ruang chat grup tersebut tampil, klik nama grup tersebut untuk membuka profil grup.
  • Di halaman profil grup yang menampilkan informasi seputar grup tersebut, scroll atau gulir layar, kemudian klik menu Setelan grup.
  • Pada halaman selanjutnya, ubah setelan grup dengan mengklik menu Mengirim pesan.
  • Nantinya, akan muncul pop-up yang berisi dua pilihan. Untuk membuat grup terkunci dan hanya admin yang bisa mengirim pesan, pilih opsi Hanya admin.
  • Setelah itu, klik OKE untuk menyimpan perubahan pengaturan.
  • Selesai. Kini, grup yang kamu ubah pengaturannya telah berhasil dikunci. Hanya kontak yang berstatus admin saja yang bisa mengirim pesan di grup tersebut.

Mengingat grup yang kamu pilih hanya admin saja yang bisa mengirim pesan, jika ada peserta yang ingin mengajukan pertanyaan atau apapun itu tetap bisa berkirim pesan ke admin melalui chat pribadi.

BACA JUGA: Begini Cara Blokir Grup WA Agar Tidak Ditambahkan Lagi Jadi Anggota, 100% Works

Nah, itu dia cara mengunci grup WA agar hanya admin yang bisa mengirim pesan di grup tersebut. Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.