Tips & Trik

Mudah, Begini Cara Mengunci Galeri HP Untuk Menjaga Privasi

Merasa risih karena galeri hp sering dibuka oleh orang lain? Jangan khawatir, karena ada cara mengunci galeri agar tidak bisa diakses sembarangan, lho.

Ya, kamu bisa meningkatkan keamanan pada HP kamu dengan mengunci aplikasi-aplikasi yang dirasa butuh privasi.

Apapun yang dimiliki, selalu saja ada hal yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Dari berbagai aplikasi yang ada di smartphone, aplikasi galeri menjadi salah satu yang paling sensitif.

Seperti yang kita tahu, galeri adalah aplikasi bawaan HP Android yang berfungsi untuk menampilkan foto dan video yang tersimpan di dalam memori.

Berbagai jenis foto dan video bisa diakses kapan saja dan dimana saja dengan mudah hanya dengan mengklik galeri.

Diantara banyaknya foto dan video yang ada di dalam galeri, tak sedikit terdapat screenshot data penting, foto pribadi, dan lain-lain, yang pastinya butuh privasi.

Untuk menjaga data-data atau apapun itu yang tidak ingin dilihat oleh orang lain, kamu bisa meningkatkan keamanan dengan mengunci galeri.

Caranya bisa dibilang sangat mudah dan kamu bisa melakukannya tanpa ribet memasang aplikasi tambahan. Nah, agar lebih mudah, berikut ini Hallo GSM

sajikan tutorial mengunci galeri HP menggunakan HP Oppo dengan OS Android 12.

Simak hingga tuntas agar kamu bisa mengunci galeri dengan mudah.

Cara Mengunci Galeri HP

Masuk ke Menu Pengaturan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengunci galeri tanpa aplikasi adalah dengan mengakses Pengaturan atau Settings.

Klik Privasi

Cara mengunci galeri selanjutnya dengan mengklik opsi Privasi yang ada di deretan opsi lain pada pengaturan.

Pilih Kunci Aplikasi

Untuk mengunci aplikasi, klik tombol Kunci aplikasi. Nantinya, daftar aplikasi yang ada di HP kamu akan ditampilkan.

Aktifkan Kunci Aplikasi dan Klik Aplikasi Galeri atau Foto

Klik ikon slider yang ada di samping menu Kunci aplikasi. Cari dan klik aplikasi Foto hingga berwarna hijau pertanda aktif. Pilih sistem keamanan apa yang ingin digunakan, kemudian, klik Gunakan. Selesai.

Galeri di HP kamu berhasil dikunci. Sekarang, hanya kamu yang bisa mengakses galeri. Kamu harus selalu menggunakan sistem keamanan yang sudah diatur tadi ketika ingin membuka galeri.

Namun, pastikan kode keamanan yang kamu gunakan terjaga kerahasiaannya agar tidak ada orang lain yang tidak bertanggung jawab yang bisa mengaksesnya.

Bukan hanya aplikasi galeri yang bisa dikunci, aplikasi lainnya seperti WhatsApp atau Telegram pun bisa. Kamu hanya perlu melakukan langkah tadi dengan mengaktifkan kunci untuk aplikasi yang dimaksud.

BACA JUGA: Cara Restart HP Oppo dengan Cepat dan Aman

Dengan adanya fitur bawaan bernama Kunci aplikasi ini, cara mengunci galeri ataupun aplikasi lainnya jadi lebih mudah dan praktis tanpa harus mengunduh aplikasi lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.