Tips & Trik

Cara Mengubah Tombol Navigasi Oppo, Bisa Seperti iPhone!

Apakah bisa tombol navigasi diubah? Jawabannya, bisa. Ya, kamu bisa melakukannya dengan cara mengubah tombol Navigasi. Langkahnya juga mudah dan praktis, lho.

Mengubah tombol navigasi yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back, bisa dilakukan dengan mudah bahkan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Seperti yang kita tahu, kini hampir seluruh smartphone di pasaran memiliki layar dengan full layar sentuh tanpa ada tombol fisik di bagian depan.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, muncul berbagai inovasi, termasuk tombol fisik yang diubah menjadi tombol navigasi pada layar.

Hampir semua merk smartphone saat ini memiliki tiga tombol navigasi di bagian bawah layar, termasuk merk Oppo.

Ketiga tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti namanya, tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya, tombol Home untuk kembali ke Home screen, dan tombol Recent Apps untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya.

Untuk diketahui, tombol navigasi terdiri dari dua model. Ada model tombol, seperti versi default dan ada model gestur.

Mengubah tombol navigasi bisa dengan mengubah posisi layoutnya, atau bisa juga dengan mengubah dari yang tadinya navigasi tombol, menjadi gestur yang mirip dengan iPhone.

Kebanyakan, pengguna HP Android mengubah model tombol navigasinya menjadi gestur agar mirip dengan tampilan HP iPhone.

Selain itu, alasan lainnya juga karena model gestur dalam penggunaannya lebih praktis dan mudah meskipun perlu penyesuaian setelah menggantinya agar terbiasa.

Untuk kamu pengguna HP Oppo yang ingin mengubah tombol navigasi menjadi lebih menarik dan berbeda dari tampilan sebelumnya, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial lengkapnya. Simak terus hingga tuntas, ya!

Cara Mengubah Tombol Navigasi

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan sistem operasi Android 12.

Jika kamu pengguna HP dengan merk lain atau versi Android yang berbeda mungkin perlu sedikit penyesuaian dalam mempraktikkannya.

  • Untuk mengubah tombol navigasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Pengaturan atau Settings pada HP kamu.
  • Scroll layar hingga menu terakhir dan pilih menu Pengaturan sistem.
  • Kemudian, klik menu Navigasi sistem.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengubah posisi atau layout tombol navigasi dengan mengaktifkan opsi kedua. Dengan begitu, tombol Recent Apps dan Back akan bertukar posisi.
  • Untuk mengubah modelnya, pada halaman yang sama kamu bisa mengaktifkan model Gestur.
  • Nantinya, tombol navigasi otomatis akan menghilang dan berubah menjadi gestur seperti iPhone.
  • Jika tutorial menggunakan gestur tidak muncul, klik menu Tutorial gestur yang ada di halaman yang sama.
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik setiap tutorialnya untuk mencoba. Setelah paham, kamu bisa mulai mengoperasikan HP dengan model gestur.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Mematikan HP Oppo Semua Tipe, Bisa Tanpa Tombol

Itu dia cara mengubah tombol navigasi HP yang bisa membuat tampilan HP berbasis Android mirip seperti iPhone. Menarik, bukan? Selamat mencoba.