Cara menghilangkan virus di HP Android tanpa aplikasi

Ada banyak cara menghilangkan virus di HP Android yang bisa kamu lakukan baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Terlebih sekrang ini smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat modern.

Pada dasarnya memang menggunakan Antivirus bisa saja menjadi solusi untukmu jika ingin menghapus virus. Namun bagaimana jika ternyata virusnya telah disematkan pada aplikasi Antivirus tersebut? Tentu akan membuat kamu merasa pusing, dong!

Saat HP Android kamu terkena virus tentu hal tersebut akan sangat membuatmu merasa kesal karena memberikan efek yang akan mengganggu pada kinerja smartphone. Namun jika kamu tahu bagaimana mengatasinya, maka semua hal tersebut tak perlu kamu cemaskan lagi.

Nah, sebelum membahas cara menghilangkan virus di Hp, alangkah baiknya kamu mengetahui tanda-tanda smartphone kamu terkena virus, misalnya muncul iklan pop-up yang tak jelas, smartphone mengirim dan menerima pesan aneh, baterai menjadi boros, smartphone lemot, dan kuota yang cepat habis.

Virus juga akan menyerang Handphone pada saat kamu mengakses link atau situs yang ternyara merupakan virus. Dan tak hanya itu, virus juga bisa saja berasal dari perangkat lain yang pernah terhubung dengan smartphone kamu.

Maka dari itu, yuk ketahui cara menghilangkan virus di HP Android tanpa aplikasi yang dapat kamu coba jika sewaktu-waktu smartphone kamu terkena virus.

Cara menghilangkan virus di HP Android

Masuk safe mode

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar virus di HP kamu hilang yakni dengan masuk pada safe mode. Masuk ke safe mode itu artinya kamu hanya akan mengoprasikan aplikasi-aplikasi inti bawaan dari sistem smartphone kamu sehingga smartphone kamu bekerja lebih ringan.

Memang pada saat berada di safe mode, semua aplikasi yang terdapat di HP kamu akan menjadi hilang namun hal tersebut hanya terjadi sementara saja.

Dan kamu akan mendapatkan keuntungan pada saat kamu berada dalam safe mode, karena kamu dapat berpindah-pindah aplikasi inti tanpa mengalami hambatan. Tak hanya itu, kamu pun akan dengan mudah menghapus data-data yang tak cukup penting misalnya cache dan menghapus virus.

Perlu kamu ketahui jika ada smartphone yang mempunyai cara sendiri agar bisa masuk ke safe mode, namun kebanyakan smartphone mempunyai cara yang sama untuk masuk safe mode yakni dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan saat proses booting.

Cek aplikasi di safe mode

Cara menghapus virus di Hp yang selanjutnya yitu kamu harus mengecek apa saja aplikasi yang terpasang pada saat tengah berada di safe mode.

Langkahnya pun sangatlah mudah yaitu hanya dengan memilih menu Setting kemudian pilih Apps dan setelahnya pilih tab Downloaded.

Setelah itu, maka sistem dengan otomatis akan menghilangkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga karena virus masuk ke dalam sistem, maka virus akan menjalankan sistem dan terlihat seperti aplikasi pihak ketiga.

Jika kamu melihat aplikasi yang ternyata tak pernah kamu unduh dan pasang sebelumnya, maka sudah sangat jelas jika smartphone kamu telah terkena virus.

Hapus aplikasi yang mencurigakan

Langkah mudah menghapus virus di android tanpa antivirus selanjutnya yaitu dengan menghapus aplikasi yang mencurigakan.

Jika telah ditemukan aplikasi aneh dan kamu rasa tak pernah mengunduh dan memasangnya maka lebih baik kamu klik aplikasi itu dan pilih tombol uninstall.

Tapi jika virus telah masuk ke Akses Adminitrator, ada kemungkinan apikasi yang diduga virus itu tak dapat di uninstall. Tapi jika bisa di uninstall, maka virus yang ada pada Hp kamu pun telah hilang.

Hapus akses Administrator aplikasi asing

Menghapus Akses Administrator aplikasi asing merupakan cara menghapus virus di Hp tanpa antivirus selanjutnya. Jika kamu sudah menemukan aplikasi yang aneh dan mempunyai Akses Administrator yang harus kamu lakukan ialah menghapus aksesnya.

Maka kamu sebaiknya keluar dari Application Settings, kemudian pilih Setting, dan pilih menu Security, lalu pilih Device Administrator.

Kemudian coba hapus Akses Administrator aplikasi asing tersebut. Jika sudah kembali pada menu Aplication Settings maka seharusnya kamu telah bisa menghapus aplikasi asing itu.

BACA JUGA: Cara memperbaiki kamera handphone yang error dan rusak

Keluar dari safe mode

Jika proses sebelumnya telah selesai dan aplikasi aneh yang tak pernah kamu unduh dan pasang tadi sudah terhapus maka langkah yang selanjutnya yakni dengan keluar dari safe mode dengan melakukan restart seperti biasa. Jika kamu berhasil, maka virus yang ada pada HP kamu sudah musnah.

Demikianlah cara menghapus virus yang terdapat di HP Android kamu tanpa harus menggunakan aplikasi apapun. Jangan panik terlebih dahulu sebelum mencoba cara-cara yang telah disebutkan di atas, ya!

Recent Articles

Cara mengganti password Facebook di Android

Keamanan Facebook merupakan suatu yang sangat penting. Karena situs media ini merupakan situs yang paling banyak disasar oleh para peretas yang ingin mencuri login...

Cara menghilangkan virus di HP Android tanpa aplikasi

Ada banyak cara menghilangkan virus di HP Android yang bisa kamu lakukan baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Terlebih sekrang ini smartphone telah menjadi...

Cara mempercepat koneksi jaringan WiFi yang super lemot

Berjelajah di internet memang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun hal tersebut akan menjadi menyebalkan jika koneksi wifi ternyata lambat. Masalah seperti ini memang sering...

Sederet aplikasi like untuk Instagram yang wajib ada di smartphone!

Seperti yang diketahui jika instagram kini menjadi salah satu aplikasi media sosial yang cukup populer dikalangan anak muda dan orang dewasa. Melalui aplikasi tersebut,...

7 Aplikasi anti lemot untuk smartphone terbaik!

Tak hanya kapasitas RAM yang pas-pasan, salah satu penyebab smartphone menjadi lemot biasanya disebabkan karena penumpukan file-file yang tak terpakai, misalnya cache. Secara tak...

Related Stories

Stay on op - Ge the daily news in your inbox

Enable referrer and click cookie to search for prowebber