Tips & Trik

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP Oppo Biar Mirip iPhone

Ada cara menghilangkan tombol navigasi HP agar layar terlihat lebih luas dan penggunaannya jadi mirip seperti iPhone, lho. Caranya juga sudah pasti mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Tombol navigasi yang berada di bagian bawah layar biasanya terdiri dari tiga tombol. Ketiganya yaitu tombol Back (kembali), Home, dan Recent.

Ketiga tombol tersebut sangat bermanfaat untuk memudahkan penggunanya dalam pengoperasian smartphone. Seperti ketika ingin kembali ke halaman sebelumnya, pengguna tinggal mengklik ikon kembali.

Atau jika ingin kembali ke halaman utama pada HP yang digunakan, pengguna hanya perlu mengklik ikon rumah yang biasanya ada di bagian tengah.

Tombol satu lagi yang bernama Recent App bisa digunakan untuk melihat halaman atau aplikasi yang sebelumnya dibuka oleh pengguna.

Meskipun sangat bermanfaat, namun ada beberapa pengguna smartphone yang ingin menghilangkan tombol navigasi dan menggantinya dengan gestur.

Dengan menggunakan gesture yang mirip iPhone, tentunya akan sangat menarik. Tombol navigasi akan bisa diakses hanya dengan menggunakan gestur seperti menggeser bagian sisi layar.

Sebenarnya, tombol navigasi itu bukan dihilangkan. Tapi, disembunyikan dan kamu bisa memunculkannya kapan saja. Langkah-langkah untuk menyembunyikan tombol navigasi sangatlah mudah hanya dengan mengakses pengaturan saja.

Penasaran dengan cara menghilangkan tombol navigasi? Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi

Untuk diketahui, tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan sistem operasi Android 12. Jika kamu menggunakan smartphone merk lain atau OS yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

  • Buka menu Pengaturan atau Setelan di HP Oppo kamu.
  • Scroll atau gulir layar hingga menu paling akhir dan pilih Pengaturan sistem. Kamu juga bisa langsung mengetikkan kata kunci ‘Navigasi’ di kolom pencarian.
  • Di halaman Pengaturan sistem, klik Navigasi sistem.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu bisa mengatur tombol navigasi atau menggantinya menjadi Gestur.
  • Untuk menghilangkan tombol navigasi, klik Gestur.
  • Setelah itu, akan muncul pemberitahuan. Klik Pelajari.
  • Nantinya, kamu akan diarahkan untuk mempelajari menggunakan gestur. Pengaturan yang dipelajari diantaranya:
    – Usap dari kiri atau kanan ke bagian tengah layar untuk kembali ke layar sebelumnya.
    – Usap dari bawah mengarah ke atas layar untuk kembali ke layar awal.
    – Usap dari bawah ke atas kemudian tahan untuk menampilkan recent app.
    – Geser ke kiri atau ke kanan di sepanjang tepi bawah layar untuk beralih dari aplikasi yang sedang dibuka ke aplikasi yang dibuka sebelumnya.
  • Nah, setelah itu, tombol navigasi yang biasanya ada di bagian bawah layar akan benar-benar hilang. Kamu bisa mulai mengoperasikan HP menggunakan gestur.

Dengan mempelajari dan mengingat pengaturan dalam menggunakan gestur, kamu akan terbiasa menggunakan fitur tersebut.

Jika kamu sudah tidak ingin menggunakan fitur gesture untuk melakukan navigasi, maka kamu dapat menampilkan kembali tombol navigasi.

Caranya, masuk ke halaman Navigasi sistem pada pengaturan, lalu pilih opsi tombol. Otomatis, ketiga tombol navigasi akan muncul kembali di bagian bawah layar.

BACA JUGA: Mudah! Begini Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Cepat

Nah, itulah cara menghilangkan tombol navigasi lengkap dengan cara memunculkannya kembali yang bisa dilakukan dengan mudah. Kini, penggunaan HP kamu jadi lebih menarik mirip seperti iPhone. Selamat mencoba.