Tips & Trik

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi Biar Mirip iPhone

Ada cara menghilangkan tombol navigasi Xiaomi agar layar terlihat lebih lega dan penggunaannya jadi mirip seperti iPhone, lho. Caranya juga tidak serumit seperti yang dibayangkan.

Tombol navigasi merupakan tombol yang umumnya ada pada setiap HP berbasis Android yang letaknya di bagian bawah layar.

Navigasi tersebut terdiri dari tiga tombol yang mencakup tombol Back (kembali), Home, dan Recent Apps. Ketiga tombol tersebut sangat berperan penting dan memudahkan penggunanya dalam pengoperasian smartphone.

Contohnya saja, ketika ingin kembali ke halaman sebelumnya, pengguna hanya perlu mengklik tombol navigasi Back (kembali).

Meskipun sangat bermanfaat, namun tak sedikit pengguna HP Android, termasuk pengguna Xiaomi yang ingin menghilangkan tombol navigasi tersebut.

Hal itu tentunya bukan tanpa alasan. Tak sedikit diantaranya yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda dengan penggunaan dan tampilan yang lebih menarik.

Selain itu, tak sedikit juga penggunanya yang merasa terganggu dengan adanya tiga ikon navigasi di bawah layar.

Untungnya, HP Android termasuk Xiaomi memberikan kontrol penuh pada penggunanya untuk mengatur dan mengganti jenis navigasi sistem.

Navigasi tombol bisa diganti menjadi gestur. Dengan sistem navigasi tersebut, penggunaannya sangat berbeda dengan navigasi tombol.

Navigasi gestur bisa membuat pengoperasian perangkat jadi lebih dinamis. Pasalnya, pengguna hanya perlu membuat gerakan atau usapan sesuai petunjuk untuk mendapatkan fungsi Back, Recent App, maupun kembali ke halaman utama.

Sistem navigasi ini mirip dengan navigasi pada iPhone. Menarik, bukan?

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi

Menghilangkan tombol navigasi Xiaomi bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu bantuan aplikasi tambahan. Dengan memanfaatkan fitur bawaan, tombol bisa dihilangkan dan diganti menjadi gestur.

Berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial menghilangkan tombol navigasi di HP Xiaomi dengan fitur bawaan melalui Setelan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial di bawah ini menggunakan HP Xiaomi Redmi dengan antarmuka MIUI 13 berbasis OS Android 12.

Jika kamu pengguna HP Xiaomi dengan versi OS atau antarmuka berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

Buka Setelan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka Setelan atau Settings pada HP Xiaomi yang kamu gunakan.

Kamu bisa membuka Setelan pada halaman utama atau melalui status bar.

Pilih Menu Layar Utama

Setelah berada pada halaman Setelan, pilih menu Layar Utama

. Nantinya, kamu akan disuguhkan dengan berbagai opsi.

Dari berbagai opsi yang ada, klik menu Navigasi sistem.

Klik Navigasi Sistem

Klik menu Navigasi sistem untuk mengatur sistem navigasi di HP Xiaomi kamu.

Pada halaman Navigasi sistem, kamu akan disuguhkan dengan berbagai pengaturan navigasi. Dari halaman tersebut, kamu bisa mengganti jenis navigasi, menukar posisi tombol navigasi, pintasan tombol, dan lainnya.

Hilangkan Tombol Navigasi

Untuk menghilangkan tombol navigasi, klik menu Gerakan yang ada di samping menu Tombol.

Setelah itu, akan muncul pop-up berisi opsi untuk mempelajari gerakan yang berlaku untuk pengoperasian navigasi gerakan atau gestur.

Jika kamu ingin mempelajari gerakan terlebih dahulu, klik tombol Pelajari. Jika kamu sudah mengetahui cara-caranya, kamu bisa mengklik tombol Nanti.

Setelah itu, tunggu beberapa saat, dan tombol navigasi akan hilang berganti dengan gestur yang ditandai dengan tampilan di bawah ini.

Pada tahap ini, kamu telah berhasil menghilangkan tombol navigasi dan menggantinya dengan gestur atau gerakan.

Jika kamu berubah pikiran, kamu bisa mengganti navigasi sistem menjadi tombol dengan membuka pengaturan dan dengan langkah yang sama.

Namun, menu yang dipilih pada halaman navigasi sistem adalah menu Tombol. Setelah itu, layar HP Xiaomi kamu akan kembali menampilkan tombol navigasi.

BACA JUGA: Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi agar Tidak Diakses Sembarangan

Itulah cara menghilangkan tombol navigasi Xiaomi. Sangat menarik, bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.