Tips & Trik

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP yang Error

Ikon headset masih ada padahal headset atau earphone sudah dilepas? Lakukan cara menghilangkan tanda headset di HP berikut ini agar muncul dan hilang dengan semestinya.

Tanda headset biasanya muncul di bagian atas layar ketika ponsel terhubung dengan headset ataupun earphone.

Sebagian pengguna ponsel memilih mengenakan headset atau sejenisnya saat menelpon atau mendengarkan musik. Dengan memasang headset, suara yang keluar dari HP yang biasanya dari speaker, dialihkan ke speaker headset dan hanya bisa didengarkan oleh orang yang mengenakan headset saja.

Ketika alat penghubung suara tersebut dilepas dan tidak dihubungkan lagi pada ponsel, ikon headset juga akan hilang.

Akan tetapi, sebagian orang pernah atau bahkan sedang mengalami masalah HP eror yang mengakibatkan tanda headset masih ada padahal headset sudah dilepas.

Masalah tersebut berpotensi berdampak pada audio perangkat yang menjadi kecil bahkan bisa saja ponsel tidak mengeluarkan suara dari speaker.

Hal tersebut dikarenakan sistem menganggap bahwa ada perangkat audio yakni headset yang terhubung. Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu bisa menyimak artikel ini hingga selesai.

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

Bersihkan Lubang Headset

Cara pertama untuk menghilangkan tanda headset yang error adalah dengan membersihkan jack headset

. Bisa jadi, tanda headset yang muncul dikarenakan ada debu atau benda kecil yang masuk pada lubang headset.

Bersihkan lubang headset menggunakan cotton bud yang bersih dan kering dengan hati-hati. Cara tersebut seharusnya rutin dilakukan untuk menjaga performa audio pada perangkat agar tetap berjalan dengan optimal.

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP yang Muncul Terus dengan Menyambungkan Ulang Headset

Selain dari jack headset, penyebab tanda headset masih ada juga bisa dikarenakan perangkat yang error. Sehingga, untuk menghilangkan tanda headset, sambungkan ulang headset pada HP, kemudian melepasnya lagi.

Pastikan headset yang kamu gunakan orisinal.

Restart HP

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan merestart tau memulai ulang HP. Hal ini dilakukan karena bisa saja akar dari permasalahannya ada di bagian software atau perangkat lunak.

Biasanya, melakukan restart ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kinerja atau tampilan smartphone.

Restart HP dengan cara yang sesuai dengan merk HP yang digunakan. Jika kamu pengguna HP Oppo, lakukan cara restart HP Oppo.

Lakukan Factory Reset

Jika tanda headset masih saja muncul meskipun kamu telah melakukan langkah-langkah tadi, cara terakhir ynag bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset.

Dengan reset, permasalahan seperti kinerja menurun, adanya virus, sering eror, dan berbagai masalah lainnya akan teratasi.

Perlu diketahui, melakukan reset akan membuat HP menjadi seperti baru lagi. Proses reset akan menghapus semua data yang ada pada smartphone secara permanen. Untuk itu, sebelum melakukannya pastikan data-data penting telah dipindahkan ke media penyimpanan lain.

Kamu bisa melakukan reset HP melalui pengaturan.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP Oppo Biar Mirip iPhone

Itulah beberapa cara menghilangkan tanda headset di HP yang error. Cukup mudah, kan? Langkah-langkah di atas seharusnya sudah bisa mengatasinya. Semoga membantu.