Cara menghilangkan mode aman di Android yang susah hilang

Apakah HP android kamu pernah mengalami mode aman dan tak tahu cara menghilangkan mode aman tersebut? Pada dasarnya semua sistem operasi Android yang berbasis open-source akan memungkinkan penggunanya untuk mengutak-atik dan memodifikasinya. Oleh karena itu, banyak sekali jasa root yang ditawarkan untuk para pengguna Android.

Akan tetapi, walaupun memudahkan namun hal ini justru akan menjadikan sistem HP android kamu menjadi lebih cepat rusak, apalagi dengan root dan aplikasi riskan yang ter-install. Biasanya, hp Android kamu akan langsung masuk ke dalam mode aman untuk menghindari kerusakan lebih lanjut lagi.

Untuk kamu yang belum mengetahui mode aman itu apa, mode aman pada HP android merupakan sebuah mode yang akan membatasi HP android kamu agar dapat menjalankan fungsi utama dan sistem dasarnya saja.

Mode aman atau safe mode dibuat sedemikian rupa agar dapat membantu proses trobleshooting. yakni dalam melacak dan mendiagnosis kinerja sistem android di hp kamu.

Dengan kata lain, kamu tak bisa menjalankan semua aplikasi pihak ketiga yang ter-install di hp kamu, namun mode aman menjadi penanda jika kamu diharuskan untuk berhati-hati.

Biasanya hp yang akan masuk ke dalam mode aman bisa berarti terdapat bug, virus, atau multifungsi aplikasi di hp kamu. Bisa juga, kamu tak sengaja memencet tombol yang mengaktifkan mode aman.

Hal ini sangat umum terjadi pada hp Android yang sudah di root. Oleh karena itu, jika tak begitu penting, maka kamu tak usah melakukan root di hp kamu, ya.

Tak usah lama-lama lagi, langsung aja yuk ke cara menghilangkan mode aman berikut ini.

Cara menghilangkan mode aman di android

Restart HP

Restart HP memang menjadi salah satu cara menghilangkan mode aman yang terbilang sangat mudah. Normalnya, mode aman memang akan muncul sementara saja sampai isu-isu yang terdapat di HP kamu sudah terselesaikan.

Jika kamu yakin bahwa tak ada masalah apa-apa dengan sistem HP kamu ataupun merasa tak sengaja mengaktifkannya, maka cara satu ini dapat kamu lakukan untuk mengatasi mode aman di android kamu, ya.

Caranya pun sangatlah mudah, kamu hanya perlu tekan dan tahan tombol power di HP kamu selama beberapa menit. Jika sudah, kamu pergi ke opsi Restart atau Turn Off kemudian nyalakan lagi Hp kamu.

Melepas baterai

Cara yang sleanjutnya bisa kamu lakukan yakni dengan melepas baterai HP kamu. Cara yang satu ini pun sangat berguna sekali untuk kamu yang mempunyai HP yang lemot, ya.

Dengan melepaskan baterainya terlebih dahulu, maka HP kamu akan langsung menghentikan segala proses dan HP akan mati seketika. Tunggu beberapa saat sebelum memasang kembali baterai HP kamu lalu nyalakan kembali.

Akan tetapi, sangat disayangkan karena HP di zaman yang sudah modern ini rata-rata telah menggunakan baterai non-removable sehingga sebagian orang tak akan bisa mengikuti cara yang satu ini.

Menghapus aplikasi yang multifungsi

Seperti yang sudah dijelaskan jika salah satu penyebab HP android kamu tiba-tiba masuk ke dalam mode aman yaitu karena aplikasi yang multifungsi, serta diperparah oleh root.

Cara menghilangkan mode aman tersebut sebenarnya memang susah-susah mudah, ya guys. Karena disini kamu harus mencoba mengingat aplikasi atau hal terakhir apa saja yang telah kamu lakukan di HP sebelum akhirnya HP kamu masuk ke dalam safe mode.

Jika kamu mengingatnya, maka kamu bisa mencoba uninstall aplikasi itu atau unroot HP kamu. Jangan lupa restart kembali HP kamu untuk membersihkan proses di HP, ya!

Menghapus Cache

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara yang digunakan dalam menyimpan setelan aplikasi, browser, atau game. Tujuannya yaitu agar mempercepat proses loading pada saat kamu akan membuka aplikasi tersebut.

Tak hanya untuk memori HP kamu menjadi sering penuh, ternyata cache juga dapat menjadi salah satu yang menyebabkan HP android kamu menjadi tiba-tiba dalam mode aman dengan otomatis.

Kendati demikian, cara menghapus cache yang penuh bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan mode aman yang sudah sekali hilang di HP kamu. Caranya kamu hanya perlu membuka Settings > Storage > Cached Data, kemudian hapus semua cache kamu.

Factory Reset

Cara yang selanjutnya bisa kamu lakukan agar kode aman di HP kamu hilang yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini terbilang sangat ampuh, apalagi pada HP yang pengunaannya memang sudah cukup lama.

Factory reset akan me-reset semua data dan sistem HP kamu sehingga akan kembali pada kondisi awal dan menjadi seperti HP baru lagi. Hal ini diharapkan agar bisa mengatasi semua error yang terjadi pada HP android kamu.

BACA JUGA: Cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus

Namun, factory reset akan menghapus seluruh data dan juga aplikasi yang tersimpan di memori internal Hp. Maka sangatlah disarankan untuk kamu menyimpan semua data penting terlebih dahulu agar tidak hilang ya, guys!

Itu dia beberapa cara menghilangkan mode aman yang susah hilang di HP android kamu. Semoga dengan cara-cara di atas dapat bermanfaat!

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber