Tips & Trik

Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi yang Mudah dan Praktis, Buruan Cek Biar Bebas Iklan!

Cara menghilangkan iklan di HP Xiaomi dicari-cari karena tak sedikit penggunanya yang merasa terganggu dengan iklan yang bermunculan di layar HP.

Xiaomi menjadi salah satu merk smartphone yang populer di Indonesia. Merk ini menawarkan spek gahar, fitur-fitur menarik, serta banderol harga yang cukup terjangkau.

Sayangnya, diantara banyaknya pengguna Xiaomi di Tanah Air, tak sedikit yang merasa terganggu dengan kemunculan beberapa iklan ketika membuka aplikasi bawaan Xiaomi.

Xiaomi memang menyematkan sistem untuk menayangkan iklan di sebagian user interface MIUI. Sistem tersebut bernama MSA (MIUI System Ads).

Adanya MSA, membuat iklan muncul ketika pengguna membuka beberapa aplikasi bawaan Xiaomi. Seperti Mi Browser, Mi Video, Music, dan lain sebagainya.

Jika kamu juga merasa terganggu dengan kemunculan iklan di HP Xiaomi, tenang saja, karena kamu bisa mengakalinya dengan beberapa metode yang akan Hallo GSM paparkan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi

Nonaktifkan MSA

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan di HP Xiaomi adalah dengan menonaktifkan MSA (MIUI System Ads).

  • Pertama, buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Pilih menu Sandi dan Keamanan.
  • Kemudian, klik menu Otorisasi & pencabutan.
  • Nantinya, beberapa daftar aplikasi bawaan Xiaomi akan ditampilkan.
  • Cari msa, kemudian klik toggle switch di samping msa untuk menonaktifkannya.
  • Terakhir, klik tombol Cabut.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dengan Menonaktifkan Rekomendasi Iklan

  • Langkah pertama, buka Setelan
    di HP Xiaomi kamu.
  • Klik menu Sandi dan Keamanan.
  • Selanjutnya, pilih menu Privasi.
  • Scroll atau gulir layar, kemudian klik menu Layanan iklan.
  • Setelah itu, klik toggle switch untuk menonaktifkan layanan rekomendasi iklan yang dipersonalisasi.

Blokir Iklan Pada Aplikasi Bawaan

Tidak aktifnya rekomendasi iklan pada layanan iklan tidak lantas membuat semua iklan hilang dan tidak akan muncul lagi.

Pada aplikasi bawaan, kamu masih bisa melihat iklan yang sama muncul. Sementara itu, pada aplikasi pihak ketiga, iklan akan muncul namun tidak lagi relevan.

Untuk itu, kamu bisa memblokir iklan secara langsung dari aplikasi bawaan Xiaomi. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk memblokir iklan di beberapa aplikasi bawaan Xiaomi.

Pada aplikasi bawaan bernama Mi Browser, kamu bisa memblokir iklan dengan membuka Mi Browser terlebih dahulu.

Kemudian, buka Pengaturan Mi Browser dengan mengklik tab Profil dan klik ikon gerigi. Lalu, pilih menu Perlindungan privasi.

Setelah itu, klik menu Blokir iklan. Terakhir, aktifkan fitur blokir iklan dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Blokir iklan.

Pada aplikasi Music, kamu bisa menonaktifkan iklan dengan mengklik titik tiga pada halaman utama aplikasi.

Kemudian, buka menu Setelan. Klik menu Setelan lanjutan. Setelah itu, scroll layar dan nonaktifkan menu Tampilkan iklan. Selesai. Iklan pada aplikasi Music tidak akan ditampilkan lagi.

Di aplikasi Tema, iklan juga sering muncul. Untuk menonaktifkannya, buka aplikasi Tema di HP Xiaomi. Kemudian, klik tab Profil yang ada di pojok kanan bawah halaman utama.

Klik ikon gerigi yang ada di pojok kanan atas halaman, kemudian nonaktifkan menu Tampilkan iklan. Selesai.

BACA JUGA: Cara Melacak HP Xiaomi dengan Mudah, Jangan Panik Dulu!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan di HP Xiaomi. Untuk diketahui, tutorial di atas menggunakan HP Xiaomi Redmi dengan MIUI 13 berbasis OS Android 12. Jika kamu pengguna HP Xiaomi dengan versi MIUI atau OS yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian ketika mempraktikkannya. Semoga bermanfaat.