Tips & Trik

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Paling Ampuh dan Aman

Cara menghilangkan embun di kamera hp bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengelapnya dengan kain lembut yang tidak akan membuat kamera tergores.

Namun, bagaimana jika embun berada di bagian dalam kamera? Pastinya, cara menghilangkannya berbeda dengan menghilangkan embun yang berada di bagian luar.

Apalagi, sekarang ini kebanyakan smartphone di pasaran menerapkan baterai tanam yang membuat penutup belakang perangkat tidak bisa dibuka.

Adanya embun pada kamera membuat hasil pemotretan ataupun video menjadi buram. Sejumlah partikel kecil yang menempel pada kamera, baik itu debu, embun, bekas sidik jari, atau apapun itu sedikit banyak akan mengurangi kemampuan kamera dalam memotret.

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan kamera HP atau handphone menjadi berembun. Diantaranya adalah HP kemasukan air karena kehujanan, kaca kamera bermasalah, pernah tersiram air, atau HP berada di tempat yang lembab.

Untuk mengatasi kamera yang berembun, berikut ini Hallo GSM sajikan cara menghilangkan embun di kamera HP yang dihimpun dari berbagai sumber.

Langkah-langkahnya bisa dilakukan dengan mudah karena menggunakan bantuan bahan yang biasanya ada di setiap rumah.

Cara Menghilangkan embun di Kamera HP

Rendam dengan Beras

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun yang ada pada kamera adalah dengan merendam HP menggunakan beras.

Cara ini diklaim ampuh karena beras memiliki sifat yang dapat menyerap. Memanfaatkan beras juga mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan cara lainnya.

Untuk merendam HP menggunakan beras, ikuti langkah sederhana berikut ini.

  • Pertama-tama, siapkan wadah berisi beras secukupnya.
  • Kemudian, simpan HP yang berembun pada beras tersebut.
  • Terakhir, tutup wadah yang berisi beras dan HP.
  • Tunggu beberapa saat hingga embun yang menutupi lensa kamera HP menghilang.

Untuk diketahui, cara ini bisa berlangsung selama beberapa jam. Tergantung pada tingkat ketebalan embun yang ada pada kamera HP.

Agar tidak menunggu lama, Anda bisa menyimpan HP yang berembun pada malam hari ketika Anda hendak tidur. Sehingga, setelah bangun tidur, Anda bisa menggunakan kamera HP tanpa tertutup embun lagi.

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Menggunakan Silica Gel

Selain merendam HP dengan menggunakan beras, menghilangkan embun pada kamera HP juga bisa dengan memanfaatkan silica gel.

Silica gel umumnya ada pada boks sepatu baru, makanan ringan, atau obat. Ya, hal ini dikarenakan silica gel mampu menyerap uap air, sehingga bisa menjaga sepatu, makanan, atau obat tetap kering dan tidak lembab.

Dari fungsinya, silica gel juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan embun yang ada pada kamera HP. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Letakkan HP yang memiliki kamera berembun pada sebuah wadah.
  • Kemudian, buka kemasan silica gel dan taburkan silica gel pada HP terutama di bagian kamera.
  • Terakhir, tutup wadah berisi HP dan silica gel hingga rapat.
  • Biarkan HP dan silica gel di dalam wadah semalaman hingga embun pada kamera menghilang.

Menggunakan Lampu

Menghilangkan embun yang ada di kamera HP menggunakan lampu merupakan cara yang bisa dibilang tidak terlalu beresiko dibandingkan dengan menjemur HP dibawah sinar matahari atau menggunakan hair dryer.

Pasalnya, menjemur HP di bawah sinar matahari sangat beresiko membuat kamera bahkan komponen lain pada smartphone rusak.

Menggunakan hair dryer juga sebaiknya tidak dilakukan. Karena, alat pengering rambut tersebut mengeluarkan udara panas yang justru bisa merusak komponen perangkat.

Menghilangkan embun pada kamera HP dengan menggunakan sorotan lampu bisa menjadi langkah yang tepat, karena diprediksi tidak memiliki resiko yang besar.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mematikan atau menonaktifkan HP terlebih dahulu.
  • Setelah itu, letakkan HP pada permukaan datar dan aman.
  • Arahkan kamera yang berembun menghadap ke atas.
  • Kemudian, sorotkan lampu apa saja, contohnya lampu belajar dengan jarak yang tidak terlalu dekat pada kamera HP.
  • Tunggu beberapa saat hingga embun pada kamera HP hilang.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Lakukan Sebelum Terlambat!

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan embun di kamera HP. Anda bisa memilih metode mana yang dirasa lebih mudah dan efektif. Semoga bermanfaat.